Cara Buka iPhone Saat Pakai Masker, Gunakan Apple Watch

buka iPhone saat pakai maske
Kunci iPhone kini bisa dibuka menggunakan Apple Watch. (Sumber gambar: Situs resmi Apple)

Saat ini, pengguna bisa buka iPhone saat pakai masker. Hal itu berkat update atau pembaruan sistem operasi ke iOS 14.5. Sebelumnya, beberapa pengguna memang mengeluhkan sulit membuka kunci iPhone dengan fitur Face ID (pengenalan wajah) saat wajah mengenakan masker.

Nah, melalui pembaruan iOS 14.5, pengguna sudah bisa membuka kunci layar smartphone atau ponsel iPhone-nya, dengan bantuan Apple Watch. Jadi, meski pakai masker, iPhone tetap bisa dibuka menggunakan fitur Face ID.

Namun, perlu dicatat, tak semua seri Apple Watch bisa digunakan untuk fitur ini. Minimal, pengguna harus memiliki Apple Watch Series 3. Selain itu, iPhone yang bisa memanfaatkan fitur ini adalah iPhone X dan seri yang lebih baru lagi.

Hal yang pertama perlu Anda lakukan tentu saja adalah memperbarui dulu sistem operasi di ponsel iPhone-nya ke iOS 14.5. Setelah iOS di ponselnya diperbarui, silakan ikuti langkah-langkah ini:

Baca juga: Cara Update iOS 14.5 dan Daftar iPhone yang Mendukung

Cara buka iPhone saat pakai masker

Langkah 1: Silakan masuk ke menu Settings.

Langkah 2: Cari pilihan Face ID & Passcode.

Langkah 3: Aktifkan pilihan Face ID & Passcode.

Baca juga: Kelebihan iOS 14.5, Emoji Baru hingga Cegah App Tracking

Saat fitur Face ID & Passcode diaktifkan, Anda sudah bisa membuka iPhone meski wajah menggunakan masker. Syaratnya adalah:

  • Face ID harus mendeteksi keberadaan masker yang dikenakan di wajah Anda.
  • Apple Watch berada di dekat iPhone Anda.
  • Apple Watch terpasang di pergelangan tangan.
  • Passcode di Apple Watch sudah diaktifkan.
  • Jangan matikan fitur Apple Watch wrist detection.

Ketika iPhone Anda terbuka dengan fitur Face ID dan bantuan Apple Watch, maka akan ada notifikasi atau getaran di Apple Watch yang terpasang di pergelangan tangan. Getaran itu menandakan iPhone atau terbuka berkat bantuan Apple Watch.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengunci iPhone langsung dari notifikasi Apple Watch tersebut. Fitur ini menjadi penting seandainya iPhone Anda dibuka kuncinya oleh orang lain yang memakai masker.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur App Tracking Transparency iOS 14.5

Perlu dicatat, kombinasi Face ID dengan Apple Watch itu hanya bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone saja. Saat ini, Anda belum bisa memanfaatkannya untuk fitur lain, seperti Apple Pay hingga mengakses fitur Apple Card di aplikasi Wallet.

Demikianlah langkah-langkah mengenai cara buka iPhone saat pakai masker. Meski fitur ini membuat pengguna jadi semakin praktis, yang paling aman tentu saja adalah membuka iPhone dengan pengenalan wajah atau kode sandi. Jadi, sebelum menggunakan kombinasi Face ID dan Apple Watch, pikirkan juga masalah keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *