Cara Menggunakan Fitur App Tracking Transparency iOS 14.5

App Tracking Transparency
App Tracking Transparency di iOS 14.5 (Sumbergambar: situs resmi Apple)

App Tracking Transparency menjadi salah satu fitur baru di iOS 14.5 yang menarik perhatian pengguna. Berkat fitur ini, pengguna mempunyai opsi untuk tak mengizinkan sebuah aplikasi melacak aktivitas pengguna saat menggunakan aplikasi lain atau mengakses website. Pelacakan itu dilakukan untuk kepentingan periklanan.

Seperti diketahui, Apple telah menggulirkan pembaruan iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 pada 26 April 2021. Selain fitur App Tracking Transparency atau App Tracking Blocker, iOS versi terbaru ini juga memiliki fitur lain seperti dukungan untuk AirTag, bisa membuka kunci menggunakan Apple Watch, emoji baru, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda pengguna iPhone, dapat mengecek apakah pembaruan iOS 14.5 sudah tersedia atau belum. Jika sudah tersedia, sebaiknya segera perbarui sistem operasi di ponsel Anda.

Baca juga: Cara Update iOS 14.5 dan Daftar iPhone yang Mendukung

Nah, setelah sistem operasinya diperbarui ke iOS 14.5, silakan aktifkan fitur App Tracking Transparency. Pasalnya, menurut laman The Verge, banyak aplikasi tak hanya melacak aktivitas pengguna di dalam aplikasi itu sendiri. Ada aplikasi yang melacak aktivitas pengguna di luar aplikasi tersebut untuk kepentingan perilkanan.

Inilah mengapa Anda melihat iklan di Facebook dan aplikasi lain untuk produk yang baru saja Anda lihat di situs lain. Facebook merupakan salah satu aplikasi yang melacak aktivitas pengguna di aplikasi lain dan saat berselancar di situs lain. Sebelumnya, fitur App Tracking Blocker ini memang dkritisi oleh pihak Facebook.

Cara menggunakan fitur App Tracking Transparency

Setelah pembaruan sistem operasi ke iOS 14.5, Anda tak perlu mengaktifkan apa pun lagi. Secara otomatis, saat memasang aplikasi baru, Anda akan ditanya apakah ingin aplikasi baru melacak Anda. Di situlah Anda bisa memilih agar aplikasi tak diizinkan untuk melacak aktivitas.

Sebelum pembaruan ke iOS 14.5, pengguna dapat mematikan pelacakan untuk semua aplikasi lewat menu Settings > Privacy > Tracking. Setelah itu, ketika pengaturan “Allow Apps to Request to Track” dimatikan, maka semua aplikasi tak diizinkan unntuk melacak aktivitas pengguna di aplikasi lain atau saat berselancar di situs web.

Baca juga: Kelebihan iOS 14.5, Emoji Baru hingga Cegah App Tracking

Kini, untuk mengecek izin pelacakan aplikasi yang sudah terpasang, Anda bisa mengikuti langkah ini:

Langkah 1: Silakan pergi ke Settings.

Langkah 2: Pilih Privacy, lalu pilih Tracking.

Langkah 3: Di bawah “Allow Apps to Request to Track”, Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi tertentu yang telah meminta izin pelacakan.

Pada menu tersebut, Anda dapat mengizinkan atau mencabut izin pelacakan untuk setiap aplikasi tertentu.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai cara mengaktifkan fitur App Tracking Transparency atau App Tracking Blocker. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *