YouTube Down Trending, Ini Penjelasan YouTube Gangguan

YouTube Down
(Sumber gambar: Pixabay)

Tagar YouTube Down menggema di media sosial Twitter pada Kamis (12/11/2020) pagi ini. Hingga tulisan ini dibuat pada siangnya, tagar tersebut bertengger di jajaran trending topic media sosial berlogo burung itu.

Melalui tagar tersebut, banyak warganet yang mengeluhkan mengenai YouTube yang mengalami gangguan. Mereka rama-ramai menulis, video di platform milik Google itu tak bisa diputar.

Berdasarkan pengalaman Teknonia.com mencoba situs YouTube dari perangkat PC, situsnya masih bisa diakses saat mengalami gangguan itu. Namun, saat mengklik untuk memutar video, malah muncul tampilan error. Layar pemutar videonya berubah jadi gelap.

“An error occured. Please try again later. (Playback ID:*) Learn More,” begitu bunyi keterangan di pesan error tersebut.

(Sumber gambar: The Verge)

Hal yang sama juga terjadi ketika mengakses aplikasi YouTube melalui perangkat ponsel pintar atau smartphone. Pesan error juga muncul.

Menurut The Verge, berdasarkan keterangan di situs DownDetector, terjadi banyak sekali laporan mengenai YouTube gangguan pada pagi tadi. Dalam satu jam, ada sekitar 280 ribu pengguna yang melaporkan platform video itu gangguan.

Masih dilansir dari situs yang sama, gangguan dari YouYube ini pun dialami oleh layanan lainnya yang masih terkait. Layanan yang dimaksud misalnya adalah YouTube TV hingga film dan acara TV yang dibeli melalui Google TV (Google Play Movies). Video on demand dari layanan tersebut benar-benar sempat tak bisa diputar.

Belum diketahui secara jelas apa penyebab dari gangguan tersebut. Namun, kini layanan YouTube sudah kembali berjalan normal.

Video yang diakses lewat situs YouTube sudah bisa diputar kembali. Pun begitu dengan aplikasi YouTube di perangkat smartphone. Pesan error memang akan muncul, namun setelah di-refresh pesan itu akan hilang.

Baca juga: Viral Foto Boks PS5, Ini Cara Pakai Filter PS5 di Instastory

Pihak YouTube sendiri sudah menjelaskan melalui akun Twitter resminya di @TeamYouTube mengenai permasalahan yang terjadi.

Berikut ini adalah cuitan lengkap akun YouTube:

“If you’re having trouble watching videos on YouTube right now, you’re not alone – our team is aware of the issue and working on a fix. We’ll follow up here with any updates.”

(Jika saat ini Anda mengalami masalah saat menonton video di YouTube, Anda tidak sendirian – tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini dengan pembaruan apa pun.)

“…And we’re back – we’re so sorry for the interruption. This is fixed across all devices & YouTube services, thanks for being patient with us,” tulis akun @TeamYouTube.

(Dan kami kembali – kami mohon maaf atas gangguannya. Ini diperbaiki di semua perangkat & layanan YouTube, terima kasih telah bersabar dengan kami.)

YouTube Down ganggu aktivitas belajar online

Selama masa pandemi Covid-19 ini, pelajar memang diwajibkan untuk belajar dari rumah secara online. Artinya, pelajar harus memanfaatkan beberapa perangkat dan layanan yang mendukung. Satu di antara layanan itu tentu saja adalah YouTube.

Di YouTube, tersedia banyak sekali video berisi pembelajaran dari berbagai subjek atau mata pelajaran, mulai dari matematika, Bahasa Inggris, kimia, fisika, dan lain sebagainya.

Biasanya, YouTube digunakan untuk referensi tambahan bagi para pelajar yang merasa tidak cukup dengan materi yang diberikan oleh gurunya via online.

Baca juga: Kisah di Balik Wallpaper Viral Penyebab HP Android Crash

Pada akhirnya, masalah YouTube Down yang terjadi pun membuat pelajar kesulitan belajar online. Dikutip dari Kompas.com, hal itu dialami oleh seorang warganet dengan nama akun @kookphouria.

“Mau belajar kimia ini youtube down gimanaa,” kicaunya.

Tak hanya warganet itu, pengguna lain juga mengeluhkan hal senada.

“YOUTUBE KENAPA SIHH GW MAU BELAJAR TOLONGGGGGG,” tulis @peachiesparklee.

“Giliran mau buka video buat belajar, youtube down, emang ga jodoh sama akuntansi,” tulis @julianurpp.

Baca juga: Trending Soal Kuota 2.5 GB Tri (3), Ada Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *