Twitter Story Timbulkan Pro-kontra, Ini Cara Mute Fleets

Cara mute Fleets atau Twitter Story
(Sumber gambar: Pixabay)

Cara mute Fleets atau Twitter Story saat ini mungkin banyak dicari oleh pengguna media sosial berlogo burung tersebut. Ya, peluncuran fitur baru itu memang menimbulkan pro dan kontra. Tak sedikit yang menyayangkan, mengapa Twitter membuat fitur yang mirip dengan Story di Instagram atau Snapchat tersebut.

Seperti diketahui, mulai 19 November 2020, pengguna di Indonesia juga mulai bisa menggunakan fitur Fleets atau Twitter Story. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa mengunggah teks, foto, atau video, ke dalam postingan berorientasi portrait. Secara otomatis, postingan itu terhapus setelah 24 jam.

Fitur Fleets pun secara otomatis terpasang setelah pengguna memperbarui atau update aplikasi Twitter di HP Android atau iOS-nya. Jadi, tak ada pilihan bagi pengguna untuk tak mengaktifkannya.

Baca juga: Fleets atau Twitter Story: Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Setelah fiturnya aktif, di bagian atas beranda atau home, terdapat sejumlah foto profil dari akun yang Anda ikuti yang telah membuat postingan Fleets. Foto profil itu berbentuk lingkaran dan berderet secara horizontal. Jadi, Anda bisa melihat postingan Fleets akun lain yang Anda ikuti secara mudah.

Pada akhirnya, tak sedikit yang merasa terganggu dengan kehadiran Fleets tersebut. Sayangnya memang, saat tulisan ini dibuat, belum ada pengaturan khusus yang bisa mengnonaktifkan fitur Fleets.

Namun, Anda masih bisa mute Fleets atau Twitter Story. Dihimpun Teknonia.com dari Android Police, begini caranya:

Cara pertama, Anda bisa menekan dan menahan secara lama (long-press) ikon atau foto profil akun lain yang membuat postingan Fleets yang berada di bagian atas beranda. Setelah itu, akan muncul dua opsi, yakni “Mute @…” dan “View profile”. Tentu saja, pilihlah “Mute”.

Cara kedua, ketika Anda melihat postingan Fleets akun lain, silakan pilih ikon “v” di pojok kanan atas. Setelah itu, akan muncul dua opsi, yakni “Report Fleet” atau “Mute @…”. Pilihlah opsi “Mute”.

Melalui dua cara itu, Anda dapat mute satu-satu akun yang membuat Fleets, sampai benar-benar tak ada yang tersisa.

Baca juga: Cara Menjadwalkan Tweets atau Cuitan di Twitter

Timbulkan Pro dan Kontra

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, tak semua pengguna setuju dengan adanya Fleets. Hal ini bisa terlihat dari balasan di postingan akun Twitter Indonesia @TwitterID yang mengumumkan mengenai kehadiran Fleets.

Berikut adalah balasan yang muncul di postingan akun Twitter Indonesia dari beberapa warganet, ada yang pro dan ada yang kontra:

“Dear twitter, jadilah biasa saja, jadilah dirimu sendiri tanpa mengikuti konsep media lain. Kami nyaman denganmu tanpa story/fleet, kami nyaman dengan tombol RT yg langsung. Kami nyaman karena kamu beda :’)”

Dari angkatan lama, 2010,” tulis @iqbalfd.

“Dear Twitter tolong jadilah dirimu sendiri jangan meniru gaya teknologi laen, bukan nya gasuka adanya story/fleets ini, memang canggih, tapi kami rindu fiturmu yg lama kami merindukanmu yg dulu pleas balikin Twitter seperti yg dulu.”

“Salam Angkatan 2011~,” tulis @Sarjanaojol_.

“Twitter mantap semakin keren penuh inovasi
I like or,”
tulis @PremiumAngels_2.

“Min tolong tambahin fiture filter di fleet ya. biar muka saya yang burik ini ketolong lah dikit kalo mau nampak di fleet sering sering, sama tolong dong adain hide dan close friends biar haters saya ga kepo mau liat saya. segitu aja dulu , sekian dan terimagaji,” tulis @Naunaback.

Ada juga warganet yang menberikan saran, fitur apa yang sebenarnya dibutuhkan olehnya. Berikut postingannya:

“FITUR YANG DIBUTUHIN WARGA TWITTER :”

“1.Edit Tweet karena kalau ngetik Thread atau apapun terus Typo gak usah ngetik ulang
2.Searching Folder Bookmark .Supaya waktu cari Artikel lama gak isah Scroll dulu,”
tulis @akunnyalifi.

Mengenai pro dan kontra dari peluncuran Fleets atau Twitter Story, pihak Twitter pun sepertinya secara tidak langsung mengakui hal itu. Akun resmi Twitter bahkan membuat postingan yang mengindikasikan hal tersebut.

“some of you hating… (beberapa dari Anda tidak suka…).”

“but we see you Fleeting, (tapi kami melihat Anda membuat postingan Fleet),” tulis akun @Twitter.

Baca juga: Cara Mengecek Link di Media Sosial Aman atau Tidak

Fitur Fleets atau Twitter Story sempat bermasalah

Setelah resmi diluncurkan, fitur Fleets ternyata sempat mengalami masalah. Hal tersebut disampaikan oleh akun resmi Twitter Support di @TwitterSupport.

Dituliskan oleh akun tersebut, masalah yang dihadapi adalah soal performa dan stabilitas. Kendati demikian, tak dijelaskan secara lebih rinci masalah yang terjadi dari Fleets.

“We’re slowing down the rollout of Fleets to fix some performance and stability problems. If you don’t have the feature yet, you may not get it for a few more days. (Kami memperlambat peluncuran Fleets untuk memperbaiki beberapa masalah kinerja dan stabilitas. Jika Anda belum memiliki fitur tersebut, Anda mungkin tidak akan mendapatkannya selama beberapa hari lagi.).”

“We love that so many people are using Fleets and want to ensure we’re providing the best experience for everyone, (Kami senang karena begitu banyak orang yang menggunakan Fleets dan ingin memastikan kami memberikan pengalaman terbaik untuk semua orang.),” tulis akun @TwitterSupport.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *