Tutorial Membuat Kartu Ucapan Tahun Baru 2021 via HP

Membuat kartu ucapan tahun baru
Membuat kartu ucapan tahun baru kini bisa via HP (Sumber gambar: Pixabay)

Membuat kartu ucapan tahun baru kini bisa dilakukan via smartphone atau HP. Anda tak perlu jago desain untuk membuatnya. Cukup bermodalkan aplikasi tertentu, Anda sudah bisa membuat kartu ucapan tersebut.

Seperti diketahui, salah satu tradisi yang kerap dilakukan saat tahun baru adalah saling mengucapkan datangnya tahun yang akan datang. Tak lupa, sederet doa dan harapan juga turut disampaikan dalam ucapan tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru di HP

Selain bisa dilakukan secara langsung, kini ucapan tahun baru juga dapat dikirimkan melalui pesan instan seperti WhatsApp atau melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Agar berkirim ucapan menjadi lebih beda, Anda bisa menggunakan kartu ucapan digital. Tampilan kartu ucapan digital lebih menarik dan bisa lebih bermakna.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan tahun baru via HP.

Baca juga: Cara Membuat Best Nine Instagram 2020, Tanpa Aplikasi!

Cara membuat kartu ucapan Tahun Baru

Pertama, silakan download atau unduh terlebih dahulu aplikasi Canva. Berikut adalah link atau tautannya: PlayStore | AppStore.

Setelah terpasang, silakan buka aplikasinya. Saat pertama kali membukanya, Anda akan diminta untuk membuat akun. Agar lebih mudah, tinggal hubungkan saja ke akun Google, Facebook, atau email.

Ketika sudah masuk, Anda akan mendapatkan tampilan menu utama Canva. Lihat ke bagian atas, akan ada kolom pencarian.

Membuat kartu ucapan tahun baru - Canva

Di kolom pencarian tersebut, silakan ketik “new year card”. Setelah itu, akan tampil sejumlah template kartu ucapan tahun baru.

Ada beberapa template yang berbayar, ada juga yang gratis. Saran kami, untuk coba-coba, silakan pilih yang gratis terlebih dahulu, pilih yang berlabel “free” atau “gratis”.

Membuat kartu ucapan tahun baru - Canva

Setelah tap atau pilih salah satu template, akan muncul pilihan “edit”. Tap opsi tersebut untuk meng-edit template-nya.

Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada menu editing. Tak perlu bingung, untuk pemula sebaiknya edit tulisannya saja. Caranya, tap saja dua kali di tulisannya. Jika keypad virtual di layar sudah muncul, itu artinya tulisannya sudah bisa di-edit.

Silakan ganti tulisannya sesuai keinginan Anda. Misalnya jadi “Selamat tahun baru 2021. Semoga segala doa dan harapan bakal terwujud di tahun yang baru.” Anda juga bisa mengganti jenis font, warna, hingga ukuran tulisannya.

Apabila Anda sudah puas dengan tampilan kartu ucapannya, silakan pilih ikon tanda panah ke atas di pojok kanan atas. Pilih “Save as…” atau “Simpan sebagai…” untuk menyimpan gambar kartu ucapan tersebut.

Atau, Anda juga bisa langsung membagikannya ke media sosial. Caranya, tinggal tap saja ikon media sosial Facebook, Twitter, atau LinkedIn yang muncul begitu Anda memilih ikon tanda panah ke atas tadi.

Itulah cara membuat kartu ucapan tahun baru di HP. Mudah kan? Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *