Spotify Wrapped 2020 Viral, Begini Cara Membuatnya

Spotify Wrapped 2020
Spotify Wrapped 2020 (Sumber gambar: tangkapan layar aplikasi Spotify)

Spotify Wrapped 2020 tengah viral dan jadi pembicaraan netizen. Sama seperti tahun sebelumnya, Spotify Wrapped tahun ini juga merangkum kebiasaan mendengarkan musik dan podcast para pengguna di layanan streaming musik tersebut sepanjang tahun.

Jika diakses menggunakan perangkat mobile, Spotify Wrapped ini tampil dalam orientasi portrait, layaknya sebuah Instastory. Pengguna akan disuguhkan tampilan visual yang menarik, interaktif, dan memiliki latar belakang musik yang sedang populer. Visualnya pun hadir dalam beberapa slide.

Ada dua opsi dari Spotify Wrapped, yakni yang secara umum dan personal. Untuk umum, beberapa rangkuman yang muncul di antaranya adalah artis paling sering di-stream di 2020, lagu yang paling sering diputar di tahun 2020, hingga 3 podcast teratas.

Baca juga: Cara Buat Foto 3×3 Instagram Feed Jadi Bagus dan Estetis

Berikut adalah sejumlah rangkuman dalam Spotify Wrapped secara umum:

  • Artis paling sering di-stream di 2020: Bad Bunny.
  • Lagu yang paling sering diputar di tahun 2020: Blinding Lights oleh The Weeknd.
  • 3 Podcast teratas di 2020: The Joe Rogan Experience, TED Talks Daily, The Daily oleh New York Times.
  • Playlist tertas untuk self-care di 2020: Confidence Boost, Your Favorite Coffeehouse, Songs to Sing in the Shower, Just Smile.
  • Dekade yang paling kami ingat: 1980-an.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Spotify Wrapped juga tersedia untuk personal. Beberapa rangkuman yang tersedia di antaranya adalah:

  • Berapa artis yang telah Anda putar musiknya selama 2020.
  • 5 lagu terbaik yang Anda putar selama 2020.
  • Kapan pertama kali lagu terbaik tersebut Anda putar di 2020.
  • Empat podcast terbaik yang paling sering Anda dengarkan sepanjang 2020.
  • Total waktu Anda mendengarkan podcast terbaik tersebut.
  • Genre podcast yang paling sering didengarkan.
  • Dekade musik yang paling sering Anda dengarkan, 1970-an, 1980-an, 1990-an, atau 2000-an.

Baca juga: Cara Ganti Ikon Instagram Jadi Klasik, Rayakan Ultah IG ke-10

Beberapa rangkuman itu tampil seperti Instastory dan muncul dalam beberapa slide. Di akhir slide, Anda bisa membagikan visual Spotify Wrapped personal Anda ke media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Menariknya, ada beberapa visual yang sifatnya interaktif, seperti diminta untuk menebak artis siapa yang paling sering Anda dengarkan musiknya.

Cara membuat Spotify Wrapped 2020 personal

Cara membuat Spotify Wrapped (Sumber gambar: PCMag)

Cara membuat Spotify Wrapped 2020 personal ini mudah. Pertama, silakan akses https://2020.byspotify.com/id menggunakan browser di perangkat mobile berbasis Android, iOS, atau iPadOS.

Setelah lamannya muncul, silakan pilih “Masuk untuk melihat Wrapped 2020 Anda” (Log in to see your 2020 Wrapped). Jika tak log in, Anda hanya akan disuguhkan Spotify Wrapped secara umum.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Crash karena Wallpaper Viral

Apabila memilih untuk log in, aplikasi Spotify yang sudah terpasang di perangkat Anda akan otomatis terbuka. Berikutnya, tinggal pilih saja opsi “search” dan Anda akan menemukan gambar “Your 2020 Wrapped”. Pilih saja gambar tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Spotify Wrapped 2020, termasuk cara membuatnya. Selamat mencoba dan selamat mengenang kembali lagu dan podcast yang Anda dengar selama 2020 di Spotify!

Sumber: CNET, CNN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update berita di:

Facebook