Spesifikasi Realme X2 Pro, Smartphone untuk Si Multitasking

Gambar bagian belakang Realme X2 Pro (Sumber: GSM Arena)
Gambar bagian belakang Realme X2 Pro (Sumber: GSM Arena)

Sektor dapur pacu rasanya jadi aspek yang paling diunggulkan dari smartphone Realme X2 Pro. Bagaimana tidak, ponsel pintar itu dipersenjatai chipset Snapdragon 855+.

Sejatinya, chipset dari pabrikan Qualcomm itu dirancang untuk ponsel gaming. Oh iya, selain Realme teranyar tersebut, ada dua smartphone papan atas lain yang juga diotaki dengan prosesor yang sama. Dua smartphone itu adalah Asus ROG Phone II dan OnePlus 7T Pro.

Rasanya, game-game dengan grafis tinggi bakal dilibas habis sama prosesor itu. Pasalnya, clockspeed dari Snapdragon 855+ itu ternyata mencapai 2,96 Ghz. Sementara seri terdahulunya, Snapdragon 855 standar hanya mencapai 2,84 Ghz saja.

Nah, walaupun menggunakan chipset untuk smartphone gaming, tapi rasanya menurut saya kurang sahih saja kalau Realme X2 Pro disebut smartphone gaming.

Ada dua alasan yang mendasari hal tersebut. Pertama, desain yang ditampilkan tak terkesan seperti Asus ROG Phone atau Black Shark yang memang mirip mesin game portable atau mirip desain konsol.

Baca tulisan menarik lainnya: Alasan Mengapa Tes Kepribadian Forest MT Viral

Kedua, baterai yang terpasang di Realme itu pun tak terlalu besar. Asus ROG Phone II yang melabeli diri sebagai ponsel gaming memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh. Sementara itu, Realme terbaru ini hanya memiliki baterai 4.000 mAh.

Buat saya, sebuah ponsel gaming haruslah memiliki daya tahan baterai yang lama. Tentu bakal kurang nyaman kalau penggunaan smartphone gaming terganjal gara-gara kapasitas baterai yang tak terlalu besar.

Cocok Buat Multitasking

Realme X2 Pro hadir dengan dukungan RAM mumpuni (Sumber: GSM Arena)
Realme X2 Pro hadir dengan dukungan RAM mumpuni (Sumber: GSM Arena)

Nah, Realme X2 Pro justru cocok digunakan untuk pengguna yang kerap multitasking, membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Biasanya, pengguna yang kerap multitasking seperti itu adalah para pekerja yang sudah punya jabatan cukup bagus di kantor atau perusahaannya dan memiliki segudang pekerjaan yang harus diselesaikan di waktu yang sama.

Lihat saja RAM yang ditawarkan oleh Realme yang satu ini. Prosesor 855+ tentu bakal bekerja secara efektif saat dipadukan dengan RAM 6GB hingga 12GB (tergantung variannya).

Dukungan prosesor dan RAM yang mumpuni bakal membuat perpindahan satu aplikasi ke aplikasi lainnya jadi lebih cepat dan tanpa jeda.

Selain RAM, ada juga kapasitas penyimpanan internal yang lapang. Kapasitasnya adalah 64GB atau 256GB. Sejumlah dokumen pekerjaan yang biasanya disimpan di laptop, mungkin bakal dipindah ke smartphone kalau menggunakan Realme X2 Pro.

Ada Empat Kamera

Realme X2 Pro hadir dengan empat kamera (Sumber: GSM Arena)
Realme X2 Pro hadir dengan empat kamera (Sumber: GSM Arena)

Mari kita pindah membahas sektor fotografinya. Di bagian belakang, ada empat kamera yang terpasang.

Empat kamera itu masing-masing beresolusi 64MP dengan sensor Samsung GW1, lensa tele dengan resolusi 13 MP, lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, dan kamera 2 MP dengan depth sensor untuk mendapatkan efek bokeh.

Sementara itu, di bagian depannya, ada kamera beresolusi 16 megapiksel.

Baca tulisan menarik lainnya: Mencoba Tes Kepribadian Forest MT yang Viral

Dari tinggi resolusi kameranya, rasanya smartphone ini memang sudah pantas menyandang status “flagship”.

Jika dibandingkan dengan dua smartphone lain yang menggunakan prosesor serupa, yakni Asus ROG Phone II dan OnePlus 7T Pro, Realme terbaru ini memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi. Smartphone Asus dan OnePlus itu hanya memiliki resolusi sebesar 48MP saja untuk kamera utamanya.

Harga Realme X2 Pro

Realme X2 Pro berapa harganya? (Sumber:GSM Arena)
Realme X2 Pro berapa harganya? (Sumber:GSM Arena)

Nah, dengan membawa beberapa spesifikasi tersebut, berapa harga Realme X2 Pro. Adapun di Indonesia, smartphone ini diluncurkan pada 27 November 2019.

Saya penasaran dan mengintipnya di situs resmi Realme Eropa. Situs tersebut rupanya sudah  mencantumkan harganya.

Untuk tipe RAM 6GB/64GB dijual dengan harga 339 euro atau sekitar Rp 6,2 juta. Lalu, untuk tipe 8GB/128GB di harga 449 euro atau sekitar Rp6,9 juta. Terakhir, tipe RAM 12GB/256GB dijual seharga 499 euro atau Rp 7,7 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *