Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda

Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda
(Sumber gambar: Realme)

Realme 7 series resmi diperkenalkan. Penerus dari Realme 6 ini hadir dalam dua versi, yakni versi reguler atau Realme 7 dan versi Pro atau Realme 7 Pro.

Di India, untuk yang versi Pro varian 6/128 GB dibanderol Rs. 19,999 atau setara Rp 4 jutaan. Sedangkan untuk yang Pro varian 8/128 GB dibanderol Rs. 21,999 atau setara Rp 4,4 jutaan.

Sementara itu, untuk yang versi reguler varian 6/64 GB dibanderol Rs. 14,999 atau setara Rp 3 jutaan. Kemudian, versi reguler varian 8/128 GB dibanderol atau setara Rp 3,4 jutaan.

Lantas, apa perbedaan dari kedua versi tersebut? Mari kita bahas satu per satu.

Realme 7 dan Realme 7 Pro punya desain yang tak jauh beda

Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda
(Sumber gambar: GSMArena)

Dari segi desain, sepertinya tak ada perbedaan signifikan dari dua versi HP Realme terbaru ini.

Kamera belakangnya sama-sama ditempatkan dalam modul atau “wadah” berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Warna modul tersebut gelap.

Baca juga: 4 HP MediaTek Helio G90T, Realme Narzo – Redmi Note 8 Pro

Bodi belakang dari kedua versi HP Realme ini juga cukup mencolok. Terlihat ada sedikit aksen menyerupai bentuk sorotan lampu jika terkena cahaya.

Lalu, di bagian bawah, segaris dengan kamera, ada tulisan “realme” yang ukurannya kecil.

Beralih ke bagian depan, layarnya juga sudah terkesan lapang. Pasalnya, kamera depannya ditempatkan di punch-hole atau lubang kecil. Lubang tersebut ditempatkan di pojok kiri atas.

Layar untuk yang versi Pro diagonalnya justru sedikit lebih kecil

Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda
(Sumber gambar: Notebookcheck)

Masih berada di bagian depan, kedua ponsel Realme ini punya spesifikasi layar yang hampir mirip. Hanya saja diagonal untuk yang versi Pro justru sedikit lebih kecil.

Untuk yang versi pro, layarnya punya spesifikasi: 6.4-inch full-HD+ (1,080×2,400 pixels), panel Super AMOLED dengan screen-to-body ratio 90.8 persen, dan 20:9 aspect ratio.

Sedangkan, untuk yang versi reguler layarnya berspesifikasi: 6.5 inches full-HD+ (1,080×2,400 pixels) dengan 20:9 aspect ratio dan screen-to-body ratio 90.5 persen

Chipset-nya berbeda: Realme 7 Pro pakai Snapdragon, Realme 7 pakai MediaTek

Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda
(Sumber gambar: Realme)

Mari beralih ke bagian dapur pacunya.

Dua ponsel ini punya SoC yang berbeda. Versi reguler dilengkapi MediaTek Helio G95. Sedangkan, yang versi Pro dilengkapi Snapdragon 720G.

Bagaimana performa dari kedua HP ini?

Baca juga: Layakkah Realme X50 Pro Disebut HP Flagship?

Laman Kimovil telah merilis skor Antutu v8 dari Realme 7 dan Realme 7 Pro. Keduanya ditulis sama-sama mendapatkan skor 290.592.

Berdasarkan nilai di atas kertas, dua HP ini punya performa yang tak jauh beda. Namun tentu, saat digunakan dalam kondisi riil, kemampuannya bisa jadi bakal berbeda.

Perbedaan kameranya hanya pada resolusi kamera selfie

(Sumber gambar: Realme)

Beralih ke sektor fotografinya.

Baik yang versi reguler maupun versi Pro ternyata sama-sama dipersenjatai empat kamera belakang dan satu kamera selfie. Perbedaan keduanya hanya pada resolusi kamera selfie-nya.

Baca juga: Realme C12, Baterai Jumbo, Diklaim Bisa 57 Hari Stand By

Empat kamera belakang tersebut berkonfigurasi: kamera utama 64 megapiksel Sony IMX682 (f/1.8), 8 megapiksel ultra-wide-angle (f/2.3), 2 megapiksel monokrom (f/2.4), dan 2 megapiksel makro (f/2.4).

Sementara itu di bagian depan, untuk yang versi Pro ada kamera depan beresolusi 32 megapiksel (f/2.5). Lalu, untuk yang versi reguler, kamera depannya hanya beresolusi 16 megapiksel (f/2.1).

Dukungan pengisian daya cepat di Realme 7 Pro lebih besar ketimbang di Realme 7

(Sumber gambar: Realme)

Untuk menunjang kinerjanya, dua HP ini sudah dilengkapi baterai berkapasitas besar. Hanya saja, dukungan pengisian daya cepatnya berbeda.

Untuk yang versi reguler, kapasitas baterainya mencapai 5.000 mAh. Baterai tersebut sudah didukung pengisian daya cepat mencapai 30 Watt. Realme menyebutnya sebagai Dart Charge.

Kemudian, pada versi Pro, kapasitas baterainya memang 4.500 mAh, lebih kecil dari yang versi reguler. Tapi, dukungan pengisian daya cepatnya mencapai 65 Watt. Realme menyebutnya sebagai SuperDart Charge.

Itulah spesifikasi dan harga dari Realme 7 dan Realme 7 Pro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *