Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 FE di Indonesia

Samsung Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Samsung Galaxy S20 FE telah dirilis. Bisa dibilang, ponsel pintar atau HP ini adalah versi lebih murah dari Galaxy S20 reguler.

Untuk menamai versi murah dari ponsel kelas flagship-nya, Samsung kini tak lagi menggunakan embel-embel “Lite”. Samsung menggantinya dengan FE. Adapun FE di Galaxy S20 versi murah ini berarti “Fan Edition”.

Galaxy S20 FE dibanderol Rp 9,99 jutaan. Harga itu tentu saja jauh lebih murah dari Galaxy S20 reguler yang harganya mencapai Rp 14,499 jutaan.

Dengan harga seperti itu, apakah spesifikasi yang ditawarkan kualitasnya jempolan? Mari kita simak satu per satu aspek dari HP yang satu ini, berdasarkan data yang dihimpun Teknonia.com dari laman resmi Samsung dan CNET.

Desainnya tak jauh beda dengan S20 versi reguler

Samsung Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Dari segi tampilan, desain Galaxy S20 FE ini tak berbeda jauh dari Galaxy S20 versi reguler.

Di bagian belakang, terdapat kamera yang terdapat dalam bingkai berbentuk persegi panjang. Bingkai tersebut ujung-ujungnya sedikit melengkung. Sementara itu, di bagian bawah-tengah terdapat tulisan “Samsung”.

Baca juga: Galaxy Z Fold 2, HP Layar Lipat Samsung, Ini Spek & Harganya

Desain bagian belakang Galaxy S20 FE ini juga polos. Tak terlihat aksen ataupun efek yang muncul.

HP ini tersedia dalam beberapa warna, di antaranya adalah Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy dan Cloud White.

Refresh rate di Samsung Galaxy S20 FE mencapai 120 Hz

Samsung Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Beralih ke bagian depan, layar Galaxy S20 FE ini disebut berdesain Infinity-O. Artinya, kamera depannya ditempatkan dalam punch-hole atau lubang kecil di tengah-atas.

Diagonal layarnya adalah 6,5 inci beresolusi 1080 x 2400. Sementara itu panel layarnya adalah Super AMOLED. Layar tersebut juga sudah dilindungi Gorilla Glass 5.

Menariknya, refresh rate di layar Galaxy S20 FE ini bisa mencapai 120 Hz. Selain itu, sensor sidik jarinya juga berada di bawah permukaan layar.

Mengandalkan Exynos 990 atau Snapdragon 865

Samsung Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Sebenarnya, ada dua varian dari Galaxy S20 FE, terutama dalam urusannya soal performa.

Untuk versi 5G, HP ini mengandalkan Snapdragon 865 sebagai system-on-chip-nya. Lalu, untuk yang versi 4G, ditunjang oleh Exynos 990. Untuk di Indonesia, yang dijual adalah yang versi Exynos 990.

SoC itu dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Samsung Galaxy S20 FE dilengkapi tiga kamera belakang dan satu kamera depan

(Sumber gambar: Samsung)

Dalam urusan memotret, Galaxy S20 FE mengandalkan tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

Tiga kamera belakang tersebut berkonfigurasi 12 MP (f/2.2) sebagai kamera utama, 12 MP (f/2.4) sebagai kamera ultra wide, dan 8 MP (f/2.4) telefoto. Sementara itu, di bagian depan ada kamera 32 MP (f/2.2).

Baca juga: Samsung Galaxy M51, Baterai 7.000 mAh, Ini Spek & Harganya

Fitur-fitur high-end tak tersemat di kamera Galaxy S20 FE. Fitur yang dimaksud misalnya adalah 100x space zoom atau perekaman video sampai resolusi 8K.

Sebagai pelipur lara, kamera belakangnya memiliki fitur Space Zoom dengan kemampuan 3x perbesaran optis, 30x Super resolution zoom, optical image stabilization, hingga night mode.

Baterainya berkapasitas 4.500 mAH

Sebagai penunjang agar Galaxy S20 FE mampu bertahan seharian, baterainya berkapasitas cukup besar, yaitu 4.500 mAh.

Baterai itu sudah didukung oleh fitur pengisian daya cepat, yaitu fast charging 15 watt dan fast wireless charging 15 watt.

Baca juga: Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Note 20 Series

Samsung Galaxy S20 FE sudah dilengkapi NFC

Sebagai HP Samsung generasi S, HP ini juga sudah dibekali fitur NFC. Fitur ini yang selalu menjadi daya tarik bagi konsumen Indonesia.

Itulah harga dan spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 FE. Menurutmu, apakah harganya sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *