Spek dan Harga Microsoft Surface Duo, Gawai Layar Lipat

Microsoft Surface Duo
Microsoft Surface Duo (Sumber gambar: The Verge)

Microsoft Surface Duo adalah gawai layar lipat dari pabrikan pencipta sistem operasi Windows. Aspek paling menonjol dari gawai ini tentu saja adalah desain lipatnya.

Saat dalam keadaan terlipat, Surface Duo memiliki dimensi 5.72×3.67×0.399 inch. Sementara itu, saat dalam keadaan terbuka, dimesinya bertambah jadi 5.72×7.36×0.19 inchi.

Gawai ini terdiri dari dua layar, di mana satu layarnya berdiagonal 5,6 inchi. Sedangkan, saat dalam keadaan terbuka, kedua layarnya berdiagonal 8,1 inchi.

Berbeda dari Galaxy Fold yang layarnya menjadi menyatu saat dalam keadaan terbuka, layar dari Surface Duo ini justru terpisah.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold, HP Layar Lipat Buat Siapa?

Tentu saja, dua layar tersebut saling terkoneksi. Dari layar yang satu, pengguna bisa drag sebuah foto, dan memindahkannya ke layar satunya lagi.

Saat digunakan untuk membuka aplikasi, pengguna bisa membuka dua aplikasi sekaligus di kedua layar. Sementara itu, saat digunakan bermain game, satu layar bisa menampilkan game-nya, lalu satu layarnya lagi bisa menampilkan virtual gamepad.

Menariknya, layar dari Surface Duo dapat diputar atau dilipat hingga 360 derajat.

Dalam keadaan tertutup, kita bisa melihat bodinya polos, tak banyak aksen apa-apa, hanya ada logo Microsoft di tengah. Kemudian, saat dibuka dan dilipat sampai 360 derajat, kita bisa mendapati sebuah gawai yang kedua sisinya adalah layar.

Apakah layar lipat Microsoft Surface Duo bisa bertahan lama?

Microsoft Surface Duo (Sumber gambar: GSMArena)

Pihak CNET sebelumnya telah menguji coba ketahanan layar lipat dari Samsung Galaxy Fold dan Motorola Razr menggunakan robot khusus yang dikembangkan oleh SquareTrade.

Hasilnya, layar Galaxy Fold bisa bertahan sampai 120 ribu kali lipatan. Sementara itu, Razr tak bisa bertahan sampai 28 ribu kali lipatan.

Sayangnya, Microsoft tidak mengatakan berapa banyak lipatan Surface Duo bisa bertahan, kecuali bahwa perusahaan mengharapkan mekanisme engsel bertahan di luar siklus hidup alami Surface Duo sendiri.

Mereka hanya menyebut, robot uji lipat tidak mensimulasikan penggunaan kehidupan nyata seperti yang dilakukan laboratoriumnya sendiri.

Baca juga: Adu Spesifikasi HP Flagship, Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10

Layar sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass

Kedua layar Surface Duo hadir dengan panel AMOLED, resolusinya 2700×1800 (saat terbuka) dan 1800×1350 (saat tertutup) dengan kerapatan piksel 401 ppi.

Layar tersebut sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. Jadi, layarnya tak akan mudah tergores.

Kemudian, bezel atau pinggiran Surface Duo juga cukup tebal. Microsoft sengaja tak membuat bezel yang tipis karena layar berpotensi tersentuh secara tak sengaja.

Chipset pakai Snapdragon, sistem operasi pakai Android

Android (Sumber gambar: The Verge)

Untuk menunjang performanya, chipset yang digunakan oleh Surface Duo adalah Snapdragon 855. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal 128 atau 256 GB.

Sementara itu, sistem operasi yang digunakan adalah Android.

Microsoft memang telah “menyerah” dengan sistem operasi Windows Mobile yang sempat terpasang di beberapa ponsel keluaran Microsoft sebelumnya.

Adapun alasan Microsoft lebih memilih Android ketimbang OS Windows adalah karena banyaknya aplikasi yang tersedia. Seperti diketahui, saat ini aplikasi Android jumlahnya memang banyak sekali, mencapai ribuan dan mudah diakses lewat PlayStore.

Pihak Microsoft berjanji, Surface Duo nantinya bakal mendapatkan update software dari Google atau Android. Namun, belum jelas sampai kapan update itu bakal diberikan.

Baca juga: Layakkah Realme X50 Pro Disebut HP Flagship?

Kapasitas baterainya tak terlalu besar

Di sektor daya, Surface Duo menggunakan baterai berkapasitas 3577 mAh. Baterai itu sudah didukung pengisian cepat daya 18 watt.

Kapasitas baterai tersebut terbilang kecil untuk ukuran saat ini. Mengingat, sejumlah gawai kelas menengah atau entry-level saja berlomba-lomba menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Galaxy Fold yang saat ini sudah beredar di Tanah Air saja menggunakan baterai berkapasitas 4.380 mAh.

Namun, untuk mensiasati kapasitas baterainya yang kecil, pihak Microsoft memutuskan, gawai lipat mereka tidak menggunakan koneksi jaringan 5G, melainkan menggunakan 4G.

Perusahaan memilih untuk tetap menggunakan teknologi nirkabel generasi sebelumnya untuk memungkinkan masa pakai baterai yang lebih baik dan perangkat yang lebih tipis.

Microsoft Surface Duo hanya punya satu kamera

Surface Duo hanya memiliki satu kamera beresolusi 11 megapiksel, f2.0 with electronic image stabilization. Untuk perekaman video, kamera tersebut sudah mendukung perekaman hingga resolusi 4K.

Karena ini merupakan gawai layar lipat, maka kameranya bisa difungsikan sebagai kamera depan ataupun kamera belakang.

Kameranya ditempatkan di kanan atas layar. Saat layar dibuka, kamera tersebut bakal berfungsi jadi kamera depan. Lalu, saat layar dilipat 360 derajat, kamera itu bisa jadi kamera belakang.

Harga

Surface Duo dipasarkan mulai September. Di Negeri Paman Sam sana, untuk yang varian memori internal 128 GB dibanderol $1,399 atau setara Rp 20 jutaan.

Spesifikasi kunci:

  • Two 5.6-inch AMOLED displays running at a resolution of 1,800×1,350 pixels separately
  • 8.3 inches of total screen real estate when opened fully, running at an effective resolution of 2,700×1,800 pixels
  • Snapdragon 855, 6GB DRAM
  • LTE 4×4 MIMO (Not 5G), supports AT&T, T-Mobile and Verizon Wireless in the US
  • Fingerprint reader
  • USB-C charger
  • 128GB or 256GB of internal storage
  • Mono speaker
  • 11-megapixel camera, f2.0 with electronic image stabilization

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *