Sama-sama HP Murah, Apa Beda Redmi 9C dan Redmi 9A?

Redmi 9C dan Redmi 9A
(Sumber gambar: Xiaomi)

Redmi 9C dan Redmi 9A merupakan ponsel kelas entry-level dari Xiaomi. Dua HP ini sama-sama dibanderol dengan harga terjangkau.

Redmi 9C yang diluncurkan pada 15 September 2020 dibanderol Rp 1,4 jutaan untuk varian 3/32 GB, dan Rp 1,6 jutaan untuk varian 4/64 GB. Itu merupakan harga flash sale-nya. Jadi, harga saat penjualan normal bisa saja naik.

Sementara itu, Redmi 9A dibanderol Rp 1,2 jutaan untuk varian 2/32 GB dan Rp 1,3 jutaan untuk varian 3/32 GB.

Dua HP ini sama-sama merupakan perangkat murah. Lantas, apa perbedaan dari dua ponsel murah tersebut? Simak selengkapnya pemaparan dari Teknonia.com di bawah ini:

Desain bodi belakang Redmi 9C lebih simpel dari Redmi 9A

Redmi 9C dan Redmi 9A
(Sumber gambar: Xiaomi)

Dari segi desain, perbedaan paling mencolok ada di bagian belakangnya.

Pada Redmi 9A, di bodi belakangnya, kamera ditempatkan dalam modul atau “wadah” berbentuk persegi panjang vertikal yang ujungnya melengkung.

Persis sejajar dengan modul kamera belakang tersebut, ada aksen garis yang memanjang ke bawah. Di bagian bawahnya, ada tulisan “Redmi”.

Baca juga: Duel Spesifikasi Redmi 9C Vs Realme C11, Unggul Mana?

Sementara itu pada Redmi 9C, di bagian belakangnya ada kamera yang ditempatkan di modul berbentuk persegi, yang ujungnya melengkung.

Tak ada aksen apa-apa di bodi belakangnya tersebut. Hanya ada tulisan “Redmi” saja di bagian bawahnya.

Spesifikasi layar kedua HP ini serupa

(Sumber gambar: Xiaomi)

Untuk urusan layar, dua HP ini sepertinya punya spesifikasi yang serupa.

Redmi 9A punya layar berdiagonal 6,53 inci. Layar tersebut sudah beresolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel) dan aspect ratio 20:9.

Sedangkan pada Redmi 9C, layarnya juga berdiagonal 6.53 inch dan beresolusi HD+ (720 x 1600 pixels).

Redmi 9C dan Redmi 9A punya SoC dari MediaTek Helio seri “G”

(Sumber gambar: MediaTek)

Meski sama-sama menggunakan seri MediaTek Helio, namun dua tipe system on chip-nya berbeda.

Pada Redmi 9A, SoC-nya adalah MediaTek Helio G25. SoC tersebut dipadukan dengan RAM 2 atau 3 GB dan memori internal 32 GB.

Baca juga: Spesifikasi Redmi 9C di Indonesia, Baterai Besar, Warna Ceria

Sementara itu, pada Redmi 9C, SoC-nya adalah MediaTek Helio G35. SoC itu dipadukan dengan RAM 3 atau 4 GB dan memori internal 32 atau 64 GB.

Menurut laman Kimovil, Redmi 9C memiliki skor Antutu v8 mencapai 110.490. Lalu, Redmi 9A punya skor yang sedikit lebih rendah, yaitu 102.778.

Jumlah kamera belakang di Redmi 9C lebih banyak

(Sumber gambar: Xiaomi)

Beralih ke sektor fotografi, sepertinya Redmi 9C lebih unggul dari Redmi 9A dalam soal jumlah kamera. Bagaimana tidak, 9C dilengkapi dengan tiga kamera belakang, sedangkan 9A hanya dilengkapi satu kamera belakang saja.

Redmi 9A punya kamera belakang tunggal beresolusi 13 megapiksel (PDAF). Untuk keperluan selfie, ada kamera beresolusi 5 megapiksel.

Sementara itu, Redmi 9C punya kamera belakang berkonfigurasi kamera utama dengan lensa 13 megapiksel, 5 megapiksel kamera makro, dan 2 megapiksel depth kamera. Buat keperluan selfie, Redmi 9 mengandalkan kamera 5 megapiksel.

Baca juga: Redmi 9A atau Infinix Hot 9 Play? Ini Rekomendasi Kami

Sama-sama punya baterai berkapasitas 5.000 mAh

Untuk mendukung kinerjanya, dua HP ini sama-sama dilengkapi baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Sayang memang, baterai tersebut belum didukung oleh fitur pengisian daya cepat.

Kesimpulan

Nah, itulah perbedaan spesifikasi dari Redmi 9C dan Redmi 9A.

Karena harganya sedikit lebih mahal, 9C tentunya memiliki beberapa keunggulan. Misalnya dari segi SoC yang digunakan, jumlah kamera belakang, hingga tersedia varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *