Rekomendasi Aplikasi Waktu Sholat Buatan Indonesia di HP Android

Ada beberapa aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia untuk smartphone atau ponsel Android
Ada beberapa aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia untuk smartphone atau ponsel Android (Sumber gambar: Pixabay)

Cari aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia untuk smartphone atau ponsel Android? Tenang, ada beberapa rekomendasi aplikasi tersebut yang bisa Anda unduh atau download secara gratis di toko aplikasi.

Saat ini, di PlayStore, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi pengingat waktu Sholat. Tak sedikit pula dari aplikasi itu yang merupakan buatan pengembang dari luar negeri.

Namun, beberapa pengguna ponsel Android di Indonesia ada yang ingin menggunakan aplikasi buatan negeri. Beragam alasan tentu melatarbelakanginya, salah satunya adalah ingin mengapresiasi karya anak bangsa.

Baca juga: Membuat Kartu Ucapan Menyambut Ramadhan di HP Android dan iPhone

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia untuk ponsel Android:

Usholli

Usholli - aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia
Aplikasi Usholli (Sumber gambar: PlayStore)

Aplikasi Usholli ini dapat menampilkan jadwal Sholat di lebih dari 30 provinsi dan lebih dari 500 kota di Indonesia. Adapun jadwal Sholat-nya bersumber dari data di situs resmi Kemenag RI.

Menariknya, aplikasi Usholli ini dibuat tanpa iklan. Jadi, pengguna tidak akan terganggung dengan tampilan iklan yang bisa tiba-tiba muncul dan sulit di-skip.

Baca juga: Cari Gambar Ucapan Idul Adha Format GIF di Aplikasi Giphy

Lebih lanjut lagi, aplikasi buatan Muhammad Rizky Habibi ini bisa mengatur pengingat dalam jangka waktu 5 sampai dengan 30 menit sebelum waktu Sholat. Pengguna dapat mengatur notifikasinya dalam mode “diam”, “getar”, hingga bersuara Takbir dan Adzan.

Saat menggunakan aplikasi ini, pengguna juga bisa mencari keberadaan Masjid terdekat menggunakan Google Maps. Kemudian, saat berada di luar kota, aplikasi ini bisa secara otomatis mendeteksi kota terdekat dan mengganti jadwal Sholat secara otomatis.

Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan

Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan - aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia
Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan (Sumber gambar: PlayStore)

Aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan ini dibuat oleh Andi Unpam. Selain bisa menampilkan jadwal Sholat lima waktu hingga 30 hari ke depan, aplikasi ini juga punya beberapa fitur lain yang bermanfaat.

Saat bulan Ramadhan, pengguna bisa mengetahui jadwal Imsak melalui aplikasi ini. Alhasil, pengguna bisa sahur di waktu yang tepat dan menjalankan ibadah puasa secara lancar.

Kemudian, di aplikasi ini, pengguna juga bisa mengetahui arah kiblat ketika akan Sholat. Bahkan, pengguna bisa mengetahui jarak ke Ka’bah dari lokasi dirinya berada.

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Aplikasi Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla (Sumber gambar: PlayStore)

Aplikasi Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla ini dibuat oleh pengembang asal Bandung bernama Kodelokus Cipta Aplikasi. Ada beberapa fitur yang bermanfaat di aplikasi ini untuk umat Islam di Tanah Air.

Menurut situs resminya, satu fitur utama dari aplikasi ini adalah bisa menentukan waktu sholat secara automatis berdasarkan lokasi pengguna. Hal itu bisa memudahkan pengguna untuk Sholat tepat pada waktunya di mana pun berada.

Selain fitur otomatis, pengguna juga dapat mengubah penentuan jadwal Sholat jadi manual. Dengan fitur tersebut, waktu Sholat bisa diatur dengan waktu sholat di lokasi pengguna berada.

Baca juga: Cara Buat Kartu Digital Ucapan Idul Adha via Canva

Ada beberapa suara notifikasi yang bisa dipilih pengguna, di antaranya adalah suara Adzan hingga suara Takbir. Jadi, pengguna bisa langsung ingat ketika waktunya Sholat tiba.

Selain waktu Sholat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penentuan arah kiblat. Dengan fitur Kompas Kiblat, pengguna dapat mengetahui di mana arah Ka’bah dari mana pun dia berada.

Demikianlah rekomendasi aplikasi waktu Sholat buatan Indonesia untuk smartphone atau ponsel Android. Semoga konten tulisan ini bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *