Rekomendasi 4 Smartphone atau HP Berkamera Makro

Rekomendasi 4 Smartphone atau HP dengan Kamera Makro
Smartphone atau HP yang dilengkapi kamera makro (Via GSM Arena dan Liputan 6)

Tulisan ini menyambung dari postingan sebelumnya yang membahas soal tren kamera makro di smartphone atau HP. Saya akan mencoba memaparkan secara singkat spesifikasi dan harga beberapa smartphone yang punya fitur mode makro tersebut.

Berkat adanya mode makro di smartphone ini, tentu saja memudahkan kamu yang hobi fotografi di HP. Apalagi buat pengguna yang sebelumnya kerap memotret objek kecil dengan lensa makro.

Sekarang, kamu enggak perlu lagi beli lensa makro tambahan di smartphone. Kamu enggak perlu lagi ribet bongkar pasang lensa makro di HP kesayangan.

Adapun beberapa smartphone teranyar yang memiliki fitur atau mode makro ini di antaranya adalah Realme 5 dan Realme 5 Pro, OPPO A9 2020, Vivo V17 Pro, dan Redmi Note 8.

Realme 5 dan Realme 5 Pro

Rekomendasi 4 Smartphone atau HP dengan Kamera Makro
Realme 5 Pro (GSM Arena)

Kedua varian smartphone ini adalah penerus dari Realme 3 dan Realme 3 Pro. Tentu saja, ada peningkatan spesifikasi dari smartphone pendahulunya tersebut.

Di sektor fotografi, dua smartphone ini sama-sama dibekali dengan empat kamera. Namun, ada perbedaan resolusi. Realme 5 Pro tentu memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi.

Perbedaan resolusi tersebut hanya ada pada kamera utamanya. Realme 5 memiliki kamera utama belakang 12 megapiksel. Sementara varian pro dilengkapi kamera 48 megapiksel.

Selain kamera utama itu, tiga konfigurasi kamera lainnya sama saja. Tiga kamera tersebut di antaranya adalah kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel.

Beralih ke bagian depan, dua varian ini ternyata juga memiliki kamera depan yang resolusinya berbeda. Resolusi kamera depan Realme 5 adalah 13 megapiksel, sedangkan Realme 5 Pro adalah 16 megapiksel.

Di sektor dapur pacu, dua smartphone ini sama-sama menggunakan chipset kepunyaan Snapdragon. Hanya saja, variannya berbeda. Realme 5 menggunakan Snapdragon 665 octa core, sedangkan Realme 5 Pro menggunakan Snapdragon 712 octa core.

Per September 2019, menurut laman Kompas, harga dua varian smartphone Realme ini berkisar di Rp 2-3 jutaan. 

Realme 5 Pro varian RAM 4GB dan penyimpanan 128GB dijual Rp 2,9 juta. Sedangkan, Realme 5 Pro varian RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dijual Rp 3,7 juta. Sementara itu, Realme 5 varian RAM 3GB dan penyimpanan 64GB djual Rp 2,2 juta. Lalu, Realme 5 varian RAM 4 GB dan penyimpanan 128GB dijual Rp 2,7 juta.

OPPO A9 2020

Rekomendasi 4 Smartphone atau HP dengan Kamera Makro
OPPO A9 2020 (OPPO via Bejagadget)

Di Indonesia, OPPO A9 2020 ini sebenarnya diperkenalkan berbarengan dengan OPPO A5 2020. Namun, karena saya hanya akan merekomendasikan smartphone dengan kamera makro, maka saya hanya akan memaparkan spesifikasi singkat dari OPPO A9 saja.

OPPO A9 2020 tentu saja lebih superior dibandingkan “saudaranya” OPPO A5 dalam hal kamera. Bayangkan, resolusi kamera utama belakangnya saja sudah 48 megapiksel.

Kamera utama itu didukung juga oleh tiga kamera lainnya. Tiga kamera itu adalah kamera 8 megapiksel dengan lensa ultra wide, kamera 2 megapiksel sebagai kamera makro, dan kamera 2 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, ada juga kamera selfie 16 megapiksel. Kamera depan tersebut didukung oleh fitur AI.

Di sektor dapur pacu, OPPO A9 2020 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE prosesor octa-core kryo 260. OPPO A9 hadir dengan varian RAM 8GB.

Menurut laman Tirto, harga OPPO A9 2020 per September 2019 adalah Rp 3,9 juta.

Vivo V17 Pro

Rekomendasi 4 Smartphone atau HP dengan Kamera Makro
Vivo V17 Pro (Vivo)

Vivo V17 Pro adalah smartphone yang paling mencuri perhatian menurut saya, kalau dilihat dari sektor fotografinya. Ya, bagaimana tidak, HP ini dilengkapi enam kamera sekaligus.

Enam kamera itu terdiri dari empat kamera belakang yang ditempatkan secara vertikal, dan dua kamera depan yang ditempatkan dalam modul pop-up.

Di bagian belakang, ada kamera utamanya beresolusi 48 megapiksel, kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera depth sensor 2 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel.

Sementara itu, di bagian modul pop-up-nya, ada dua kamera yang resolusinya enggak kalah tinggi. Dua kamera tersebut beresolusi 32 megapiksel untuk selfie reguler dan kamera wide 8 megapiksel 105 derajat.

Beralih ke sektor dapur pacu, Vivo V17 Pro ini dilengkapi chipset Snapdragon 675. Smartphone ini hadir pula dengan varian RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Menurut laman Kompas.com, per Oktober 2019, Vivo V17 Pro ini dibanderol Rp 5.699.000.

Redmi Note 8

Rekomendasi 4 Smartphone atau HP dengan Kamera Makro
Redmi Note 8 (Liputan6)

Saat saya membuat tulisan ini, 13 Oktober 2019, Redmi Note 8 belum dirilis di Indonesia. HP ini rencananya dirilis pada 17 Oktober. Karena itu, saya akan mengacu spesifikasinya pada versi globalnya.

Beberapa pihak meyakini, versi yang akan dirilisnya di Indonesia, tak akan jauh beda dengan versi globalnya ini. Baik dari sektor fotografi maupun dari dapur pacunya.

Di sektor fotografi, Redmi Note 8 ini dilengkapi lima kamera. Lima kamera itu terdiri dari empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Di bagian belakang, ada kamera utamanya beresolusi 48 megapiksel (ultra-high), kamera 8 megapiksel (ultra wide-angle) 2 megapiksel (makro), dan 2 megapiksel. Sementara itu, di bagian depan ada kamera selfie 13 megapiksel.

Untuk urusan performanya, Redmi Note 8 ini dipersenjatai prosesor 8 inti dengan chipset Snapdragon 665. Smartphone ini juga hadir dalam tiga varian RAM dan ROM. Ada varian 4GB 128GB, varian 3GB 32GB, dan 4GB 64GB.

Menurut laman Tirto, jika mengacu pada perilisannya di Malaysia, Redmi Note 8 ini dibanderol paling murah 599 ringgit atau setara Rp 2 juta. Sedangkan, varian tertingginya dibanderol 899 ringgit atau Rp 3 juta (kurs Rp 3.378).

Nah, itu dia beberapa smartphone yang dilengkapi kamera makro. Pilihannya beragam. Kalau budget-mu terbatas, Realme 5 mungkin bisa jadi pilihan. Tapi, kalau kamu menginginkan kamera yang powerful, kamu mungkin bisa memilih Vivo V17 Pro atau OPPO A9 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *