Poco X3 NFC Si Mid-Range Killer, Ini Spesifikasi dan Harganya

Poco X3 NFC
(Sumber gambar: Poco)

Poco X3 NFC menjadi jajaran ponsel pintar atau HP terbaru yang diboyong ke Indonesia. Sub-brand dari Xiaomi tersebut membawa HP itu ke Tanah Air pada 15 Oktober 2020.

Adapun slogan yang diusung adalah mid-range killer. Jadi sudah jelas, ponsel ini mengincar persaingan di perangkat kelas menengah.

Di Eropa sana, Poco X3 memang dibanderol di kisaran Rp 3-4 jutaan jika harga jualnya diubah ke rupiah. Secara lebih rinci, harganya adalah 229 Euro atau setara Rp 3,9 jutaan untuk yang varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Kemudian, untuk yang varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, harganya dijual 249 Euro atau setara Rp 4,3 juta.

Dalam tulisan ini, Tekonia.com mencoba memaparkan mengenai desain hingga spesifikasi dari ponsel Poco terbaru tersebut untuk versi globalnya. Berikut adalah info lengkapnya, dihimpun dari situs resmi Poco:

Desain bodi belakangnya punya ciri khas

Dari segi desain, ponsel ini punya tampilan yang khas, terutama di bagian belakangnya. Modul kameranya berbentuk persegi namun sisi kiri dan kanannya melengkung. Modul itu berwarna gelap.

Aksen yang membentuk bulatan juga menghiasi belakang modul tersebut. Alhasil, apabila dilihat dari kejauhan, modul kameranya terlihat berbentuk bulat.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Snapdragon 865, Termurah Poco F2 Pro

Kemudian, di bagian bawahnya ada tulisan “Poco” yang berukuran cukup besar. Tulisan itu ditempatkan dalam posisi vertikal.

Di bodi belakang, juga ada aksen persegi panjang yang memanjang, dari atas sampai bawah, dari kamera sampai ke tulisan Poco-nya. Aksen itu punya warna yang berbeda dari bagian di samping kiri dan kanannya.

Refresh rate layar Poco X3 NFC mencapai 120 Hz

Poco X3 NFC
(Sumber gambar: Poco)

Beralih ke bagian depan, layarnya sudah terkesan lapang, pasalnya kamera depannya hanya ditempatkan dalam lubang kecil atau punch-hole. Lubang tersebut ditempatkan di atas-tengah.

Adapun layar yang digunakan berdiagonal 6,67 inci dengan resolusi full HD Plus (2.400 x 1.080). Kemudian, refresh rate-nya bisa mencapai 120 Hz, serta touch sampling rate-nya mencapai 240 Hz. Layar tersebut juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Baca juga: Beda Spesifikasi Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro, NFC Ada?

Menggunakan SoC Snapdragon 732G

Untuk mendongkrak performanya, system-on-chip atau SoC yang dipersenjatai pada Poco X3 ini adalah Snapdragon 732G. SoC itu terdiri dari Octa-core processor up to 2.3GHz hingga GPU Adreno™ 618.

SoC tersebut dipadukan dengan varian RAM 6 GB. Sementara itu, untuk memori internalnya adalah pilihan 64 GB dan 128 GB.

Kemudian, untuk memudahkan penggunanya, ponsel sudah dilengkapi sistem antarmuka MIUI 12 for Poco. Sistem antarmuka itu berbasis pada sistem operasi Android 10.

Kamera utamanya beresolusi 64 megapiksel

(Sumber gambar: Poco)

Beralih ke sektor fotografi, Poco X3 memiliki konfigurasi empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Empat kamera belakangnya masing-masing beresolusi 64 megapiksel kamera utama (f/1.89), 13 megapiksel kamera ultra-wide angle (f/2.2), 2 megapiksel kamera makro (f/2.4), dan 2 megapiksel kamera depth sensor (f/2.4).

Kamera belakang tersebut punya fitur AI SkyScaping 3.0, New photo filters: cyberpunk, gold vibes, black ice, 6 long exposure modes, AI photo clone, Timed burst, Pro mode, Night mode, dan lain sebagainya.

Untuk merekam video, kamera belakang itu mampu merekam gambar maksimal dengan kualitas 4K/30fps.

Baca juga: Sama-sama HP Murah, Apa Beda Redmi 9C dan Redmi 9A?

Sementara itu, di bagian depan, ada kamera beresolusi 20 megapiksel (f/2.2).

Kamera tersebut punya fitur AI camera, Portrait mode, Panorama selfie, Full screen camera frame, Palm Shutter, Front camera HDR, Front camera flash (via display), Selfie timer, AI Beautify, AI scene detection, hingga AI studio lighting.

Baterai Poco X3 NFC berkapasitas 5.160 mAh

Poco X3 NFC
(Sumber gambar: Poco)

Untuk mendukung agar ponsel ini dapat digunakan seharian, baterai yang digunakan kapasitasnya sudah besar. Kapasitas baterai dari Poco X3 adalah 5.160 mAh.

Baterai tersebut sudah mendukung fitur pengisian daya cepat berdaya besar, yaitu 33W fast charge. Charger-nya sudah tersedia di dalam box, jadi tak perlu dibeli secara terpisah. Port yang digunakan adalah USB Type-C.

Fitur lain

Karena ada embel-embel “NFC” di belakang namanya, maka tentu saja fitur NFC dihadirkan di ponsel ini.

Selain NFC, fitur lain yang turut hadir di Poco X3 adalah Hybrid SIM slot (nano-SIM + nano-SIM or microSD), WiFi 2×2 MIMO, Bluetooth 5.1, 3.5mm headphone jack, hingga fitur khas Xiaomi yaitu IR Blaster.

Itulah spesifikasi dari Poco X3 NFC. Spesifikasi untuk perangkat resmi yang hadir di Indonesia bisa saja ada perbedaan. Karena itu, tetap pantau Teknonia.com untuk menantikan update-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *