Pilih Poco X3 NFC atau Realme 7? Ini Perbandingannya

Poco X3 NFC atau Realme 7
(Sumber gambar: Poco dan Realme Indonesia)

Poco X3 NFC dan Realme 7 kini banyak dibanding-bandingkan oleh warganet. Itu lantaran dua smartphone atau ponsel pintar tersebut memiliki harga yang tak terpaut jauh.

Xiaomi Poco X3 NFC yang baru diluncurkan pada 15 Oktober 2020 dibanderol Rp 3,2 juta untuk varian 6/64 GB, dan Rp 3,5 juta untuk varian 6/128 GB. Sementara itu, Realme 7 yang telah dirilis pada pertengahan September 2020 memiliki harga Rp 3,9 juta.

Kami yakin, ada calon pembeli yang tadinya mengincar Realme 7, akan kembali menimbang-nimbang ketika Poco X3 NFC dirilis beberapa waktu yang lalu.

Lantas, dari segi desain dan spesifikasi, manakah yang paling layak dibeli?

Dari segi desain, Poco X3 NFC tampil lebih berani

Poco X3 NFC atau Realme 7
(Sumber gambar: Poco)

Pertama, mari kita lihat dulu aspek desain dari kedua smartphone ini. Baik Realme 7 maupun Poco X3 NFC sebenarnya sudah memiliki desain yang berani tampil beda. Namun, desain Poco X3 NFC lebih berani keluar dari pakem desain ponsel pada umumnya.

Sebelum Realme 7 dirilis, desain dari HP Realme yang sebelumnya diluncurkan kerap dianggap serupa. Bahkan, HP flagship-nya, yaitu Realme X50 Pro, banyak disebut memiliki desain yang hampir sama dengan ponsel kelas menengah dari pabrikan asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun, makin ke sini, Realme sepertinya perlahan mulai sedikit lepas dari pakem desain yang hanya menempatkan modul kamera persegi panjang di pojok kiri-atas, tulisan “realme” di pojok kiri-bawah, dan bodi belakang tanpa ada aksen atau efek.

Baca juga: Spesifikasi Poco X3 NFC dan Harganya di Indonesia

Realme 7 tampil lebih segar. Di bagian belakang, tak hanya terdapat modul kamera belakang di pojok kiri-atas dan tulisan “realme” di pojok kiri-bawah saja. Tapi, bodi belakangnya kini memiliki efek sedikit berkilauan. Efek tersebut seperti dipisahkan oleh garis yang membentang melewati modul kamera sampai ke bawah, ke dekat tulisan “realme”.

Adapun Realme 7 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Mist Blue dan Mist White.

Untuk urusan desain, Poco pun makin ke sini makin berani tampil beda. Di bagian belakang, terdapat modul kamera berbentuk persegi, namun sisi kiri dan kanannya melengkung. Lalu, di atas dan bawah modul tersebut, ada aksen melengkung juga. Alhasil, jika dilihat sekilas, modul kameranya seperti berbentuk lingkaran.

Berbeda dari Realme 7, tulisan merknya sendiri, yaitu “POCO” di Poco X3 NFC terlihat berukuran cukup besar. Tulisan tersebut ditempatkan di bagian bawah-tengah.

Di Tanah Air, Poco X3 NFC ini tersedia dalam dua warna, yakni Cobalt Blue dan Shadow Gray.

Poco X3 NFC punya refresh rate layar 120 Hz

Selanjutnya beralih ke bagian layar. Dari segi desain, baik X3 NFC maupun Realme 7 Pro sudah memiliki layar yang lapang. Itu berkat kamera depannya yang sudah ditempatkan di lubang kecil atau punch-hole.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7i di Indonesia

Pada Realme 7, punch-hole di layarnya berada di pojok kiri-atas. Sementara itu, pada Poco X3 NFC, punch-hole-nya berada di tengah-atas.

Namun, dari segi spesifikasi layar, Poco X3 NFC sepertinya lebih unggul. Itu karena sudah tersedia opsi refresh rate layar mencapai 120 Hz. Layar tersebut berpanel IPS dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel).

Sedangkan, pada Realme 7, refresh rate-nya bisa mencapai 90 Hz. Layar tersebut berpanel IPS dan beresolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel).

Realme 7 pakai Helio G95, Poco X3 NFC gunakan Snapdragon 732G

Beralih ke urusan performa. Dua ponsel yang sedang dibandingkan ini dipersenjatai chipset yang berbeda.

Poco X3 NFC dilengkapi chipset Snapdragon 732G yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB, atau RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Sementara itu, Realme 7 ditenagai chipset MediaTek Helio G95 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Kemudian, sistem operasi dari Poco X3 NFC adalah Android 10 yang dibalut antarmuka MIUI 12. Realme 7 juga menggunakan sistem operasi Android 10, hanya saja antarmuka yang digunakan adalah Realme UI.

Pertanyaannya, dari segi performa, manakah yang lebih unggul?

Berdasarkan laman resmi Antutu, Realme 7 versi global memiliki skor Antutu v8 mencapai 298717. Lalu, masih menurut situs yang sama, Poco X3 NFC versi global mendapatkan skor 284183. Jadi, berdasarkan penilaian di atas kertas, performa Realme 7 hanya sedikit lebih unggul dari Poco X3 NFC.

Baca juga: Beda Spesifikasi Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro, NFC Ada?

Poco X3 NFC dan Realme 7 punya baterai berkapasitas besar dan fitur fast charging

Spesifikasi dari baterai kini juga jadi pertimbangan calon pembeli. Tak sedikit pembeli menginginkan sebuah ponsel yang awet seharian kemudian bisa diisi daya atau di-charge secara cepat.

Baik Poco X3 NFC maupun Realme 7 ternyata sama-sama punya kapasitas baterai besar. Realme 7 memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sedangkan, Poco X3 NFC punya baterai berkapasitas 5.160 mAh.

Tak hanya itu, kedua ponsel tersebut juga sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat. Poco X3 NFC punya fitur pengisian daya cepat atau fast charging 33 Watt. Diklaim, baterai Poco X3 NFC dapat terisi penuh hanya dalam waktu 65 menit saja.

Kemudian, Realme 7 dilengkapi fitur pengisian daya cepat 30 Watt Super Dart. Pihak Realme mengklaim, membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mengisi penuh baterai dari Realme 7.

Menurut spesifikasi di atas, dari segi baterai, tak ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua ponsel ini.

Poco X3 NFC dan Realme 7 sama-sama dilengkapi empat kamera belakang dan satu kamera depan

Poco X3 NFC atau Realme 7
(Sumber gambar: Poco Indonesia)

Berikutnya, mari bandingkan sektor fotografi. Kedua ponsel ini ternyata sama-sama memiliki empat kamera belakang (quad-camera) dan satu kamera depan.

Kamera belakang Realme 7 berkonfigurasi 64 megapiksel High-Definition Main Camera; 8 megapiksel Ultra Wide-Angle Camera; 2MP Macro Camera; dan 2 megapiksel Mono Camera. Lalu, di bagian depan ada kamera selfie beresolusi 16 megapiksel.

Sedangkan, Poco X3 NFC punya kamera utama 64 megapiksel (f/1.89), kamera ultra-wide angle 13 megapiksel (f/2.2), kamera makro 2 megapiksel (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 megapiksel (f/2.4). Kemudian, kamera depannya beresolusi 20 megapiksel (f/2.2).

Baca juga: Poco X3 NFC Si Mid-Range Killer, Ini Spesifikasi dan Harganya

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, resolusi kamera di Poco X3 NFC sedikit lebih unggul lantaran kehadiran kamera ultra-wide angle 13 megapiksel. Namun, Realme 7 rupanya memiliki satu lensa kamera yang menjadi pembeda, yaitu 2MP Mono Camera atau B&W.

Lensa mono tersebut bisa menghasilkan gambar dengan efek black and white. Ini cocok untuk Anda yang memang ingin mengambil gambar dengan hasil foto yang terlihat lebih estetis.

Fitur lain: NFC

(Sumber gambar: Realme)

Terakhir, ada fitur dari kedua ponsel ini yang sama-sama bisa menarik perhatian konsumen di Indonesia, yaitu NFC. Ya, kedua ponsel ini sudah punya NFC.

Lewat fitur ini, pengguna bisa melakukan cek saldo dan top-up eMoney secara mudah.

Kesimpulan

Manakah yang paling layak dibeli, Poco X3 NFC atau Realme 7?

Secara umum, di kelas harga Rp 3 jutaan, dua ponsel ini sudah sama-sama sangat layak dibeli. Apalagi dengan adanya fitur NFC, fitur yang banyak dicari-cari oleh konsumen di Tanah Air.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Snapdragon 865, Termurah Poco F2 Pro

Menurut kami, bagi Anda yang memang sangat mempertimbangkan kesesuaian harga dengan performa yang ditawarkan, tentu Poco X3 NFC bisa jadi pilihan. Namun, apabila Anda menginginkan sebuah ponsel kelas menengah dengan desain tak terlalu jauh berbeda dari pakem desain ponsel “mainstream”, maka bisa mempertimbangkan Realme 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *