Performa Gaming Realme 8 Pro, Main Genshin Impact hingga PUBG

performa gaming Realme 8 Pro
Ilustrasi performa gaming Realme 8 Pro saat memainkan Genshini Impact (Sumber gambar: Realme dan Mihoyo)

Performa gaming Realme 8 Pro wajib diketahui apabila Anda hendak membeli ponsel tersebut dan ingin menggunakannya untuk bermain game. Di sektor dapur pacu, Realme 8 Pro dibekali chipset Snapdragon 720G.

Saat ini, untuk pasar Indonesia, Realme 8 Pro hanya tersedia untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB saja. Kemudian, sistem operasi yang tertanam adalah Android 11. Sistem operasi itu dibalut dengan antarmuka Realme UI 2.0.

Lalu, untuk menunjang kinerjanya, ada juga baterai berkapasitas 4.500 mAh. Baterai itu sudah didukung fitur pengisian daya cepat 50 Watt.

Laman GSMArena mencatat, Realme 8 Pro memperoleh skor Antutu v8 sebesar 286.666. Sementara itu, laman Kimovil mencatat, skor Antutu v9 dari ponsel ini mencapai 327.458.

Baca juga: Ini Hasil Kamera Realme 8 Pro, Resolusinya 108MP

Dengan performa seperti itu, seperti apa kemampuan gaming dari Realme 8 Pro? Berikut ini adalah pemaparannya dihimpun teknonia.com dari video di channel YouTube Akshay Gaming dan UTD IDN:

Performa gaming Realme 8 Pro

Pertama, mari kita bahas performa gaming ponsel ini saat memainkan PUBG Mobile. Game ber-genre battle royale ini dapat dimainkan dalam pengaturan grafis smooth, balanced, dan HD. Sementara itu, framerate-nya bisa diatur maksimal di ultra saat pengaturan grafisnya smooth dan balanced, serta di high jika grafiknya diatur di HD.

Ketika dimainkan di pengaturan smooth-ultra, game yang dipublikasikan Tencent ini bisa berjalan sangat lancar di kisaran 39-40 FPS. Jika FPS-nya turun, paling hanya sampai 33 FPS saja, jarang sekali terjadi framedrop parah.

Selanjutnya, Realme 8 Pro juga dapat memainkan game Genshin Impact cukup lancar. Game RPG besutan Mihoyo ini mendapatkan pengaturan awal atau default di low dan 30 FPS.

Saat dimainkan di pengaturan default tersebut, game ini bisa berjalan cukup lancar, jarang terjadi patah-patah. Dan jika ingin lebih lancar lagi, pengguna bisa memainkan game ini di pengaturan lowest.

Berikutnya, Realme 8 Pro juga bisa memainkan Call of Duty Mobile atau COD Mobile secara lancar. Game ini bisa dimainkan dengan sangat lancar di pengaturan grafik high dengan frame rate max. Saat di dalam permainan, jarang sekali terjadi framedrop.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro, Kameranya Bagus?

Nah, jika beberapa game berat itu lancar dimainkan, tentu saja beberapa game yang lebih ringan dari game-game tersebut juga sangat lancar dimainkan. Misalnya Mobile Legends yang dapat dimainkan di pengaturan “rata kanan” atau tertinggi. Di game MOBA besutan Moonton itu juga tersedia opsi high frame rate.

Pun begitu dengan Free Fire yang bisa dimainkan secara lancar di pengaturan tertingginya di game ini.

Demikianlah pemaparan mengenai performa gaming Realme 8 Pro. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak membeli ponsel tersebut. Jika Anda punya pengalaman lain dalam bermain game dengan ponsel ini, tak ada salahnya untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Baca juga: Perbedaan Realme C25 vs Realme C21, Harga Mulai 1,6 Juta

Untuk tambahan referensi, berikut ini adalah rincian spesifikasi Realme 8 Pro dihimpun dari GSMArena:

Rincian spesifikasi

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 8.1 mm
  • Berat: 176 gram
  • Material: Kaca di bagian depan, bodi belakang plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED, diagonal 6,4 inci, resolusi 1.080 x 2.400 piksel, 83,3 persen rasio layar ke bodi, kerapatan piksel 441 ppi, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 1.000 nits
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut Realme UI 2.0
  • Chipset: Snapdragon 720 G
  • RAM dan memori internal: RAM 8 GB dan memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); kamera black & white potrait lens 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari(di bawah permukaan layar, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.500 mAh, pensian daya cepat 50 Watt
  • Warna: Infinite black dan infinite blue
  • Harga: Rp 4,5 juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *