Perbedaan Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7i di Indonesia

(Sumber gambar: Realme)

Realme 7 dan Realme 7i, dua HP atau ponsel pintar penerus dari Realme 6, telah resmi diluncurkan di Indonesia.

Dua HP ini dibanderol dengan harga yang berbeda. Realme 7 dibanderol Rp 3,9 juta. Sedangkan, “saudaranya”, Realme 7i, dibanderol dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 3,1 juta.

Dengan selisih harga sekitar Rp 800 ribu, apa saja perbedaan dari kedua ponsel tersebut? Mari kita simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

Realme 7 dan Realme 7i membawa desain yang lebih segar

(Sumber gambar: Realme)

Dua HP ini membawa desain yang lebih segar dari ponsel-ponsel Realme sebelumnya.

Di bagian belakang, Realme 7 memiliki kamera yang tersusun secara vertikal. Kamera tersebut disusun dalam bingkai berbentuk persegi panjang, yang ujungnya melengkung.

Bodi belakangnya terlihat memiliki efek sedikit berkilau, terutama jika terkena cahaya. Lalu, seperti ada garis pemisah pergantian efek dari bingkai kamera sampai ke bawah, ke dekat tulisan “Realme”.

Sementara itu, pada Realme 7i, kamera belakang dan flashlight-nya tersusun dalam dua kolom. Kamera-kamera tersebut ditempatkan dalam bingkai berbentuk persegi yang ujungnya melengkung.

Baca juga: Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda

Di bodi belakangnya, terdapat pula efek sedikit mengkilat, terutama jika terkena cahaya. Bedanya dengan bodi belakang Realme 7, di Realme yang ini garis pemisah efeknya ditarik diagonal, posisinya ada di tengah-atas.

Beralih ke bagian depan, dua HP ini sama-sama menggunakan layar yang dilengkapi dengan punch-hole atau lubang kecil tempat kamera depan. Punch-hole itu ditempatkan di pojok kiri atas.

Realme 7 tersedia dalam pilihan warna Mist Blue dan Mist White. Sementara itu, Realme 7i tersedia dalam dua pilihan warna, Aurora Green dan Polar Blue.

Sama-sama punya refresh rate 90 Hz, tapi resolusi layarnya berbeda

Realme 7 dan Realme 7i
(Sumber gambar: Realme)

Dari segi layar, dua HP Realme terbaru ini sudah sama-sama menggunakan layar berpanel IPS dan berdiagonal 6,5 inci. Selain itu, pada layar Realme 7 series ini refresh rate-nya juga mencapai 90 Hz.

Adapun perbedaan dari segi layar adalah pada resolusinya. Realme 7 sudah memiliki layar FHD+ beresolusi 2400 x 1080. Sementara itu, layar Realme 7i adalah HD+ dengan resolusi 1600 x 720.

Baca juga: Duel Spesifikasi Redmi 9C Vs Realme C11, Unggul Mana?

Keduanya punya konfigurasi kamera yang sama, tapi sensornya berbeda

Realme 7 dan Realme 7i
(Sumber gambar: Realme)

Untuk urusan fotografi, dua HP ini tak memiliki resolusi yang berbeda. Realme 7 series sama-sama dilengkapi satu kamera depan dan empat kamera belakang.

Konfigurasinya, kamera belakang ada 64MP High-Definition Main Camera; 8MP Ultra Wide-Angle Camera; 2MP Macro Camera; dan 2MP Mono Camera. Lalu, di bagian depan ada kamera selfie beresolusi 16 megapiksel.

Perbedaan dari segi kamera hanya pada sensor yang digunakan. Realme 7 menggunakan sensor Sony IMX682. Sedangkan, Realme 7i menggunakan sensor Omni Vision.

Baca juga: Adu Spesifikasi HP Flagship, Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10

Realme 7 dipersenjatai MediaTek Helio G95, sedangkan Realme 7i pakai Snapdragon 662

Beralih ke sektor dapur pacu.

Dua HP ini rupanya menggunakan system on chip (SoC) yang berbeda. Realme 7 menggunakan SoC MediaTek Helio G95. Sementara itu Realme 7i menggunakan Snapdragon 662. SoC tersebut sama-sama dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk memudahkan pengguna menjalankan HP ini, ada juga sistem operasi Android 10 yang dibalut Realme UI.

Di laman Kimovil, Realme 7 mendapatkan skor Antutu v8 sebesar 290.582. Sedangkan, Realme 7i, hanya mendapatkan skor 140.000.

Sebagai perbandingan lainnya, Realme 7i dapat menjalankan game PUBG Mobile dalam settingan grafis dan frame rate maksimal di balance-medium. Sementara itu, Realme 7 mampu menjalankan game PUBG Mobile dalam settingan maksimalnya adalah HD-high.

Baterai sama-sama berkapasitas 5.000 mAh, tapi pengisian daya cepat di Realme 7 lebih unggul

Untuk mendukung kinerjanya, Realme 7 series ini sudah sama-sama dilengkapi baterai 5.000 mAh.

Meski sama-sama berkapasitas besar, dua HP ini punya dukungan pengisian daya cepat yang berbeda. Realme 7 dilengkapi fitur pengisian daya cepat 30 Watt Super Dart. Sedangkan, Realme 7i hanya dilengkapi pengisian daya 18 Watt.

Baca juga: Realme X50 Pro, Harga dan Spesifikasinya di Indonesia

Fitur lain

Satu lagi kelebihan Realme 7 adalah memiliki NFC, fitur yang selalu menarik perhatian konsumen Indonesia. Pasalnya, lewat fitur ini, pengguna bisa melakukan cek saldo dan top-up eMoney.

Selebihnya, fitur-fitur yang tersemat tak ada perbedaan yang signifikan. Dua HP ini sama-sama memiliki fingerprint unlock side mounted, reverse charging, accelerometer, gyro, proximity, compass, hingga dual nano SIM card.

Bagaimana penilaianmu terhadap Realme 7 dan Realme 7i? Yuk bagikan ke akun Facebook dan Twitter Teknonia.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *