Perbedaan Spesifikasi Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro

Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro
(Sumber gambar: Oppo)

Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro adalah ponsel atau HP kelas menengah dari Oppo. Dua HP ini sudah resmi dijual di pasaran Indonesia.

Reno 4 yang diluncurkan pada 6 Agustus 2020 dibanderol Rp 5 jutaan. Sedangkan Reno 4 Pro yang dirilis pada 7 September 2020, dibanderol lebih mahal, yaitu Rp 8 jutaan.

Dalam tulisan ini, Teknonia.com mencoba menjelaskan perbedaan dari kedua HP yang memiliki selisih harga Rp 3 jutaan tersebut. Simak selengkapnya:

Desain Oppo Reno 4 Pro lebih terkesan mewah dibanding Oppo Reno 4

Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro
(Sumber gambar: Oppo)

Dari segi desain, ada perbedaan mencolok di bagian depan.

Pada Reno 4, di bagian depan terlihat ada dual punch-hole atau dua lubang wadah kamera dan AON Smart Sensor yang menjadi satu. Alhasil, dual punch-hole yang ditempatkan di pojok kiri atas tersebut bentuknya seperti kapsul.

Sementara itu, pada Reno 4 Pro, hanya ada satu punch-hole atau lubang kecil untuk kamera saja. AON Smart Sensor tak hadir pada versi Pro ini.

Baca juga: Oppo Reno 4 Pro, HP 8 Juta Desain Mewah, Ini Spesifikasinya

Hanya saja memang, di bagian depan, layar Oppo Reno 4 Pro lebih terkesan mewah. Pasalnya, di kedua sisi kanan dan kiri bagian layarnya melengkung. Desain seperti itu menyerupai desain HP kelas flagship.

Beralih ke bagian belakang, baik Reno 4 maupun Reno 4 Pro sama-sama menempatkan kamera belakangnya dalam modul atau wadah berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Bedanya, di Reno 4 versi reguler, ada satu lubang kamera yang lebih kecil dari tiga lubang kamera lainnya.

Desain bodi belakang dari Reno 4 dan Reno 4 Pro juga sama-sama tak memiliki banyak aksen dan tak memiliki banyak efek. Warnanya terlihat terkesan matte. Di pojok kanan bawah, tampak ada tulisan “Oppo”.

Refresh rate layar Oppo Reno 4 Pro lebih tinggi

Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro
(Sumber gambar: Oppo)

Dari segi layar, Reno 4 dan Reno 4 Pro punya panel dan resolusi layar yang serupa, yaitu Super AMOLED, resolusi 2.400 x 1.080 piksel, hingga rasio layar 20:9, 409 ppi.

Bedanya hanya pada diagonalnya saja. Bentang layar di Reno 4 Pro sedikit lebih luas ketimbang pada “adiknya”, Reno 4. Diagonal layar Reno 4 Pro adalah 6,5 inci, sedangkan diagonal layar Reno 4 adalah 6,4 inci.

Baca juga: Memilih di Antara Oppo Reno 4 dan Samsung Galaxy A51

Dari segi refresh rate, Reno 4 Pro juga lebih mulus dibanding Reno 4. Pasalnya, Reno 4 Pro punya opsi refresh rate 90 Hz, sedangkan di Reno 4 refresh rate-nya hanya 60 Hz.

Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro sama-sama dibekali Snapdragon 720G

Snapdragon 720 G
(Sumber gambar: Tech Centurion)

Untuk urusan performa, dua HP ini sama-sama menggunakan system on chip atau SoC Qualcomm Snapdragon 720G. Hanya saja, SoC tersebut dipadukan dengan dukungan memori internal yang berbeda.

Pada Reno 4 dan Reno 4 Pro, RAM-nya sama-sama memiliki kapasitas 8 GB. Namun, memori internal pada Reno 4 Pro lebih besar, yaitu 256 GB. Sedangkan pada Reno 4 memori internalnya adalah 128 GB.

Baca juga: Oppo Reno 4, Dilengkapi AON Smart Sensor

Agar memudahkan pengguna untuk mengoperasikan HP ini, sistem operasi Android 10 yang dibalut ColorOS 7.2 sudah tersemat di dalamnya.

Konfigurasi kameranya serupa

Kamera Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro
(Sumber gambar: Oppo)

Pada sektor fotografi, sepertinya Reno 4 dan Reno 4 Pro punya konfigurasi kamera yang mirip. Dua ponsel ini sama-sama dibekali empat kamera belakang (quad-camera) dan satu kamera selfie.

Untuk Reno 4 Pro, konfigurasi kamera belakangnya adalah 48MP High-Definition Main Camera, 1/2; Sensor, F1.7; 8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4; Sensor, F2.2; 2MP Macro Camera, 1/5; Sensor, F2.4; dan 2MP Mono Camera, 1/5; Sensor, F2.4.

Baca juga: Spesifikasi Oppo A53, Harga Rp 2,5 Juta Layar Sudah 90 Hz

Sementara itu, untuk Reno 4 versi reguler, konfigurasi kameranya adalah 48 MP, f/1.7, wide, PDAF; 8 MP, f/2.2, ultrawide; 2 MP, f/2.4, macro; 2 MP, f/2.4, mono.

Sebagai keperluan selfie atau swafoto, dua ponsel ini sama-sama dibekali kamera depan 32MP Single Camera, 1/2; Sensor, F2.4.

Versi Pro punya fitur pengisian daya cepat yang lebih baik

(Sumber gambar: letsgodigital.org)

Agar dua HP ini bisa digunakan selama seharian penuh, dua-duanya sudah menggunakan baterai berkapasitas besar. Kapasitas baterainya adalah 4.015 mAh untuk yang versi reguler, dan 4.000 mAh untuk yang versi Pro.

Bedanya, fitur pengisian daya cepat di Reno 4 Pro dayanya lebih tinggi ketimbang di Reno 4 reguler. Reno 4 Pro dilengkapi pengisian daya cepat 65W SuperVOOC 2.0. Sedangkan, Reno 4 reguler dilengkapi pengisian daya cepat VOOC 4.0 (30 watt).

Baca juga: Spesifikasi Oppo Find X2 dan X2 Pro, Pantas Rp 18 Juta?

Fitur lain

Dua ponsel ini juga memiliki fitur-fitur lain yang sama. Misalnya, baik Reno 4 maupun Reno 4 Pro sama-sama menggunakan sensor sidik jari di bawah permukaan layar.

Selain itu, dua ponsel ini juga sama-sama punya fitur Dual Nano SIM Card. Jadi, pengguna bisa memasukan dua SIM card berukuran nano ke ponsel-ponsel ini.

Itulah perbedaan spesifikasi antara Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro.

Reno 4 Pro punya beberapa keunggulan dibanding Reno 4 versi reguler. Keunggulan tersebut di antaranya adalah refresh layar 90 Hz, desain layar yang mewah, fitur pengisian daya yang lebih cepat, hingga memori internal yang lebih besar, yaitu 256 GB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *