Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE dan S20 Reguler

Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Samsung Galaxy S20 FE adalah versi murah dari Samsung Galaxy S20 series. Dari segi harga, dua versi S20 terpaut sekitar Rp 5 jutaan. Itu adalah jumlah yang tak sedikit tentunya.

S20 FE dibanderol Rp 9,99 jutaan, sedangkan S20 reguler dibanderol Rp 14,49 jutaan. Dengan harga seperti itu, sudah tentu ada spesifikasi yang berbeda dari keduanya.

Nah, bagi Anda yang berencana membeli Galaxy S20, dan sedang mempertimbangkan akan beli S20 FE atau S20 reguler, sebaiknya tak perlu bingung. Dalam tulisan ini, Teknonia.com, mencoba untuk membandingkan beberapa aspek termasuk spesifikasi dari kedua HP tersebut, dihimpun dari situs resmi Samsung. Simak selengkapnya:

Samsung Galaxy S20 FE dan Galaxy S20 reguler punya desain serupa

Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Samsung)

Dari segi desain, S20 FE ternyata memiliki rupa yang sama dengan S20 reguler.

Di bagian belakang, kameranya ditempatkan di bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya sedikit melengkung. Kemudian, bodi belakangnya tak memiliki aksen atau efek apa-apa alias polos. Hanya ada tulisan “Samsung” saja di bawah-tengah.

Di bagian depan, layarnya berdesain Infinity-O. Artinya, hanya ada punch-hole atau lubang kamera kecil saja di bagian atasnya. Layar berdesain seperti ini terkesan lebih lapang.

Untuk pilihan warna, sepertinya S20 FE memiliki lebih banyak varian ketimbang S20 reguler. Seri FE tersedia dalam warna Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy dan Cloud White. Sementara itu, S20 reguler hanya tersedia dalam warna Cosmic Grey, Cloud Blue, Cosmic Black.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 FE di Indonesia

Refresh rate layar sama-sama 120 Hz, tapi diagonal dan resolusinya berbeda

Layar di S20 FE ternyata lebih lapang dari S20 reguler. Diagonal layar di seri FE adalah 6,5 inci. Sedangkan, di S20 reguler diagonal layarnya adalah 6,2 inci.

Kendati demikian, untuk urusan resolusi, S20 reguler lebih unggul. Layarnya punya resolusi 1440 x 3200 piksel Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen. Coba bandingkan dengan S20 FE yang punya resolusi 1080 x 2400 Super AMOLED.

Namun, refresh rate layar kedua seri ini sudah sama-sama bisa mencapai 120 Hz. Layarnya bakal terlihat lebih mulus saat digunakan.

SoC di Samsung Galaxy S20 FE dan Galaxy S20 reguler sama, Exynos 990 atau Snapdragon 865

Galaxy S20 FE
(Sumber gambar: Sammobile.com)

Beralih ke sektor dapur pacu, dua HP ini sama-sama dipersenjatai system-on-chip (SoC) yang mumpuni.

Baik S20 FE maupun S20 reguler sama-sama tersedia dalam dua varian, yakni yang menggunakan SoC Exynos 990 dan Snapdragon 865. Dan yang tersedia di Indonesia adalah yang versi Exynos.

SoC tersebut juga sama-sama dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Baca juga: Galaxy Z Fold 2, HP Layar Lipat Samsung, Ini Spek & Harganya

Konfigurasi kamera belakangnya berbeda

Untuk keperluan memotret, kamera yang tersemat di dua ponsel ini sedikit berbeda konfigurasinya.

Pada Galaxy S20 reguler, kamera yang terpasang di bagian belakangnya berkonfigurasi ultra wide 12 megapiksel (f2.2), wide-angle 12 megapiksel (f1.8), dan telefoto 64 megapiksel (f2.0). Lalu, di bagian depannya ada kamera selfie 10 megapiksel (f2.2).

Sementara itu, pada Galaxy S20 FE kamera yang terpasang adalah kamera utama 12 megapiksel (f/2.2), kamera ultra ultra wide 12 megapiksel (f/2.4), dan kamera telefoto (f/2.4). Kemudian, untuk keperluan selfie, ada kamera 32 megapiksel (f2.2).

Baik S20 FE maupun S20 reguler sama-sama tak memiliki fitur super resolution zoom sampai memperbesar objek 100x. Kedua HP ini hanya dibekali fitur super resolution zoom 30x.

Fitur pengisian daya cepat di Samsung Galaxy S20 reguler lebih unggul dari Galaxy S20 FE

(Sumber gambar: Samsung)

Agar pengguna bisa menggunakan HP kelas flagship berlama-lama, tentu dibutuhkan baterai berkapasitas besar. Untunglah dua ponsel ini punya kapasitas baterai yang cukup besar.

Rupanya, kapasitas baterai di S20 FE sedikit lebih besar ketimbang di S20 reguler. Kapasitas baterai di S20 FE mencapai 4.500 mAh. Sementara itu, di S20 reguler, kapasitas baterainya adalah 4.000 mAh.

Meski begitu, fitur pengisian daya cepat di S20 reguler lebih unggul. Fitur fast charging-nya mencapai daya 25 Watt. Sedangkan, di S20 FE fitur fast charging-nya hanya berdaya 15 Watt saja.

Itulah perbedaan spesifikasi antara Samsung Galaxy S20 FE dan Samsung Galaxy S20 reguler.

Ada beberapa kesamaaan dari keduanya, seperti misalnya pada desain, refresh rate layar, hingga dapur pacu.

Selain itu, ada juga perbedaan seperti pada diagonal layar, resolusi, konfigurasi kamera depan dan kamera belakang, hingga pada kapasitas baterai dan fitur pengisian daya cepat.

Baca juga: Samsung Galaxy M51, Baterai 7.000 mAh, Ini Spek & Harganya

Galaxy S20 reguler lebih unggul dalam hal resolusi layar, konfigurasi kamera belakang, hingga pengisian daya cepat. Sedangkan, Galaxy S20 FE unggul dalam hal diagonal layar, resolusi kamera depan, hingga kapasitas baterai.

Nah, manakah yang Anda pilih jika diminta memilih di antara keduanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *