Perang Kamera 64MP, Redmi Note 8 Pro dan Realme XT

Spesifikasi dan harga Redmi Note 8 Pro dan Realme XT
Spesifikasi dan harga Redmi Note 8 Pro dan Realme XT (Redmi dan Realme)

Dua pabrikan asal negeri tirai bambu, Realme dan Redmi tampaknya lagi sama-sama gencar menjagokan smartphone atau HP berkamera 64 megapiksel. Pekan kedua Oktober 2019 ini, Redmi Note 8 Pro dan Realme XT memang jadi sorotan.

Saya baca di akun media sosial resmi Realme dan Redmi, dua smartphone berkamera 64 megapiksel itu dirilis dalam waktu yang berdekatan di tanah air. Redmi Note 8 Pro dirilis pada 17 Oktober, sementara Realme XT dirilis 23 Oktober.

Gaung jelang perilisan dua smartphone itu pun muncul di media sosial. Apalagi kalau bukan karena promosi yang dilancarkan Realme dan Redmi.

Redmi misalnya, mengklaim Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama di dunia dan Indonesia yang berkamera 64 megapiksel. Tagar 64MPPertama pun turut disertakan dalam setiap promosinya di medsos.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Rekomendasi 4 Smartphone Berkamera Makro

Sementara itu, rivalnya, Realme juga melakukan hal yang hampir serupa. Dalam setiap gambar promosinya yang dibagikan di media sosial, tulisan “64MP” selalu dijadikan yang terdepan.

Lantas, dari segi spesifikasi dan harga, sebenarnya lebih baik Realme XT atau Redmi Note 8 Pro sih? Saya akan mencoba membandingkannya dari beberapa sumber yang saya baca.

Perbandingan Kamera

Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 8 Pro (Redmi)

Redmi Note 8 Pro sebenarnya sudah lebih dulu dipasarkan di Tiongkok. Smartphone ini dilengkapi satu kamera selfie (kamera depan) dan empat kamera belakang.

Di bagian depan, kamera selfie beresolusi 20 megapiksel itu ditempatkan di notch atau poni.

Lalu, di bagian punggung, ada empat kamera yang berjejer secara vertikal. Empat kamera tersebut di antaranya adalah kamera utama 64 megapiksel, kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera depth sensor 2 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel.

Sementara itu, pesaingnya, Realme XT yang lebih dulu dipasarkan di India juga memiliki lima kamera yang terdiri dari satu kamera selfie dan empat kamera belakang.

Di bagian punggung, empat kamera yang juga berjejer secara vertikal adalah kamera utama 64 megapiksel, kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel.

Di bagian depannya, ada kamera selfie beresolusi 16 megapiksel. Resolusinya lebih kecil dibanding kepunyaan Redmi Note 8 Pro.

Sektor Dapur Pacu

Realme XT
Realme XT (Realme)

Setelah kamera, mari kita beralih ke sektor dapur pacunya.

Redmi Note 8 Pro diklaim unggul dalam performa gaming lantaran menggunakan chipset teranyar MediaTek, yaitu MediaTek Helio G90T.  Sementara itu, Realme XT menggunakan chipset Snapdragon 712. 

Untuk mendukung performanya itu, keduanya juga sama-sama dibekali RAM dan kapasitas penyimpanan internal yang sama-sama mumpuni.

Realme XT
Realme XT (Realme)

Realme XT hadir dalam varian RAM 4, 6, dan 8GB dengan internal 64 atau 128GB yang masih bisa diperluas dengan microSD sampai 256GB. Sedangkan, Redmi Note 8 Pro disokong RAM 6 dan 8GB dengan internal yang serupa dengan Realme.

Untuk daya baterai, Realme tampaknya harus mengakui keunggulan Redmi. Redmi Note 8 Pro hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Sedangkan, Realme XT kapasitas baterainya adalah 4.000 mAh.

Spesifikasi Lain

Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 8 Pro (Redmi)

Setelah sektor kamera dan dapur pacu, saya akan mencoba membandingkan di spesifikasi lainnya. Beberapa di antaranya adalah dari segi layar dan keamanan.

Di bagian depan, Redmi Note 8 Pro ini dipercantik layar 6,53 inci beresolusi 1080 X 2340 full HD. Lalu, Realme XT hadir dengan layar 6,4 inci resolusi FHD tipe super AMOLED.

Nah, sementara itu, untuk masalah keamanan, Realme XT tampaknya menerapkan fitur lebih mutakhir.

Realme XT mengusung pemindai sidik jari yang tertanam di layar dan face unlock. Sedangkan, Redmi Note 8 Pro hanya menyematkan pemindak sidik jari di punggungnya.

Harga

Realme XT
Realme XT (Realme)

Perlu digarisbawahi, perbedaan spesifikasi yang saya paparkan sebelumnya mengacu pada Redmi Note 8 Pro versi Tiongkok dan Realme XT versi India. Jadi, spesifikasinya kemungkinan akan mengalami perubahan saat hadir di Indonesia.

Begitu pula dengan harga dua smartphone yang akan saya sertakan di sini. Harganya akan mengacu pada Redmi Note 8 Pro dan Realme XT yang sudah dirilis di negara lain.

Redmi Note 8 Pro varian RAM 6GB dan internal 64GB dijual 1.399 yuan atau setara Rp 2,6 juta. Kemudian, varian RAM 6GB dan internal 128GB dijual 1.599 yuan atau setara Rp 3,2 juta. Dan yang paling tinggi varian RAM 8GB dan internal 128GB dijual 1.799 yuan atau setara Rp 3,6 juta.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Tren Kamera Makro, dari OPPO A9 hingga Redmi Note 8

Sementara itu, pesaingnya, Realme XT dibanderol 15.999 rupee atau sekitar Rp 3,1 juta untuk varian RAM 4GB dan internal 64GB. Lalu, varian RAM 6GB dan internal 64GB dihargai 16.999 rupee atau setara Rp 3,3 juta. Yang tertinggi, varian RAM 8GB dan internal 128GB dibanderol 18.899 rupee atau setara Rp 3,7 juta.

Saat saya membuat tulisan ini, masih belum ada penjelasan dari Realme dan Redmi Indonesia apakah Redmi Note 8 Pro dan Realme XT akan hadir pula dalam tiga varian tersebut atau tidak. Jadi, harga yang saya paparkan hanya perkiraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *