Panduan Buat Kamu: Spesifikasi Kunci Samsung Galaxy S20 Series

Samsung Galaxy S20 Series
Samsung Galaxy S20 Series (Sumber: Samsung.com)

Sebagai sebuah smartphone atau HP flagship, Samsung Galaxy S20 series pastilah memiliki spesifikasi yang mentereng. Mulai dari chipset, kamera, RAM, layar, hingga dukungan jaringan, semuanya memang memenuhi syarat jadi HP andalan.

Namun, spesifikasi atau fitur yang paling ditonjolkan dari smartphone tersebut adalah kamera. Bagaimana tidak, resolusi dari kameranya mencapai 108 megapiksel.

Tentu saja, harga yang ditawarkan pun bakal tinggi alias mahal. Di tanah air, S20 series ini dibanderol mulai dari Rp 13 juta.

Rincian harga S20 series adalah: Rp 13 juta untuk yang Galaxy S20, Rp 14,5 juta untuk yang S20 plus, dan Rp 18,5 juta untuk yang S20 ultra.

Jadi bagi kamu, sebaiknya siapkan terlebih dulu kocek seperti yang saya cantumkan di atas, jika ingin membeli flagship-nya Samsung.

Selain harga, yang patut juga jadi pertimbangan adalah soal spesifikasi. Sebagai panduan buat kamu, berikut saya paparkan beberapa spesifikasi kunci dari Galaxy S20 series ini.

Baca juga tulisan menarik lainnya: BOCORAN SAMSUNG GALAXY S20 VS IPHONE 12, BAGUS MANA?

Galaxy S20

Pertama, mari kita ke S20 reguler yang harganya paling murah di antara ketiga series-nya.

Untuk sektor dapur pacu, sebenarnya tak ada yang berbeda untuk chipset yang digunakan dari semua S20 series. Jadi, baik yang S20, S20 plus, dan ultra, sama-sama menggunakan chipset Exynos 990.

Untuk yang S20, chipset itu dipadukan dengan RAM sebesar 8GB dan memori internal 128GB (semua tipe bisa ditingkatkan dengan microSD sampai 1TB). Performa itu bakal ditopang oleh daya yang dihasilkan dari baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 25 watt.

Samsung Galaxy S20
Samsung Galaxy S20 (Sumber: Istimewa via https://technologue.id/

Beralih ke bagian depan, ada layar berukuran 6,2 inci yang merupakan dynamic AMOLED 2X Quad HD+, didukung frame rate layar 120Hz.

Di sektor fotografi, ada tiga kamera utama yang disematkan pada S20. Kamera utama yang berada di punggung smartphone tersebut ada ultra-wide 12MP dengan sudut lebar 120 derajat dan aperture f2.2, kemudian ada wide-angle 79 derajat 12 megapikel, dan telephoto 64 megapiksel.

Adapun kamera di perangkat ini memiliki kemampuan Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3x, dan Super Resolution Zoom hingga 30x. Sementara itu, untuk kamera selfie-nya beresolusi 10MP.

Galaxy S20 Plus

Setelah yang versi reguler, mari kita ke yang versi plus-nya. S20 plus ini berada di tengah-tengah, di antara yang reguler dan yang versi ultra.

Sama seperti yang versi reguler, chipset di S20 plus juga dipadukan RAM 8GB dan internal 128GB. Hanya saja, daya baterainya sedikit lebih besar, yaitu 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 25 watt.

Samsung Galaxy S20
Samsung Galaxy S20 Series (Sumber: Istimewa via bangka.tribunnews.com )

Spesifikasi yang berbeda baru ada di ukuran layarnya. S20 plus menggunakan layar seluas 6,7 inci Quad HD+ Dynamic AMOLED 2x yang juga didukung dengan kemampuan HDR+ dan display refresh rate hingga 120Hz.

Di sektor fotografi, konfigurasi kameranya juga sedikit berbeda. S20 plus dilengkapi tiga kmera serupa S20 reguler hanya saja dilengkapi tambahan kamera DepthVision.

Untuk resolusi kamera selfie-nya pun serupa dengan kepunyaan S20 reguler.

Samsung Galaxy S20 Ultra

Inilah versi yang paling gahar dari kedua S20 series lainnya. Mulai dari kamera hingga dukungan RAM, lebih tinggi dari kedua “adiknya”.

Chipset yang digunakan masih sama, hanya saja dukungan RAM-nya sungguh luar biasa. Bayangkan saja, Samsung Galaxy S20 ultra dipersenjatai RAM 12GB dan internal 128GB. Performa itu didukung oleh daya baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging.

Di bagian depan, layar dari S20 ultra ini pun lebih luas, yakni layar Quad HD+ Dynamic AMOLED 2x seluas 6,9 inci, dukungan HDR10+, dan dukungan frame rate 120Hz.

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, “jualan” utama dari S20 ini sebenarnya adalah resolusi kameranya. Di S20 ultra inilah kamera 108MP-nya tersemat.

Konfigurasi dari kameranya adalah amera utama Galaxy S20 adalah ultra-wide 12MP (120 derajat dan aperture f2.2), wide angle beresolusi 108MP dengan sudut lebar 79 inci, serta aperture f2.2, kamera telephoto dengan sensor 48MP dengan sudut lebar 24 derajat dan f3.5), dan kamera Depth Vision.

Sementara itu, di bagian depannya, ada kamera selfie yang resolusinya naik drastis menjadi 40 megapiksel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *