Panduan atau Tips Pintar Membeli Smartphone Alias HP

Panduan atau tips membeli smartphone alias HP
Panduan atau tips membeli smartphone alias HP (Sumber: Pixabay)

Akhir tahun tiba, rasanya panduan atau tips membeli smartphone (HP) bakal jadi salah satu hal penting. Pasalnya, di penghujung tahun, beberapa pabrikan gencar merilis smartphone baru di Indonesia.

Saat saya menulis ini pada Kamis 6 Desember 2019 misalnya, trio iPhone 11 resmi dijual di tanah air. Sebelumnya, ada juga Realme 5s, Vivo S1 Pro, Redmi 8, dan beberapa HP lain yang dirilis menjelang akhir tahun.

Buat yang punya duit lebih, rasanya tidak mungkin kalau tidak tergiur smartphone baru itu. Apalagi kalau kondisi HP yang dipunya sudah tak prima lagi.

Ada beberapa hal yang menurut saya harus diperhatikan saat akan membeli smartphone baru.

Pahami Keunggulan Tiap Smartphone

Ilustrasi panduan atau tips membeli smartphone alias HP
Ilustrasi panduan atau tips membeli smartphone alias HP (Sumber: Pixabay)

Setiap smartphone atau HP, pasti ada aspek atau fitur yang ditonjolkan. Misalnya, sektor kamera, chipset, desain, dan lain sebagainya.

Jadi, tugas kamu sebelum membeli smartphone, pastikan dulu keunggulannya apa. Biasanya, keunggulan tersebut bakal ditonjolkan dalam setiap promo.

Baca tulisan menarik lainnya: Cara Membuat Kolase Foto Best Nine Instagram 2019

Nah, pastikan pula tujuan penggunaannya selaras dengan keunggulan smarphone yang bakal dibeli. Jadi, misal kamu bertujuan menggunakan HP itu untuk keperluan gaming, maka kamu harus mencari ponsel pintar yang menonjolkan chipset, kartu grafis, RAM, dan baterai.

Oh iya, kalau kamu sudah mengetahui keunggulan smartphone yang bakal dibeli, jangan lupa untuk membaca review-review yang ada di blog atau situs teknologi favoritmu. Pastikan, apakah keunggulan yang ditonjolkan itu sekadar gembar-gembor dalam promo atau memang benar adanya.

Lebih Baik Beli HP Kelas Mid End

Ilustrasi panduan atau tips membeli smartphone alias HP (Sumber: Pixabay)

Saat ini, sudah banyak smartphone murah atau low end yang harganya terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp 1-2 jutaan Anda sudah bisa membeli smartphone tersebut.

Saran saya, lebih baik, kalau enggak kepepet banget, jangan beli smartphone kelas low end deh. Pasalnya, spesifikasi yang ditawarkan nanggung.

Untuk merk-merk yang memang sudah teruji produknya berkualitas, produk yang ditawarkan di harga Rp 1-2 jutaan spesifikasinya terbatas. RAM misalnya, rata-rata hanya 2GB saja. Kalau mau yang RAM 3GB, kamu harus cari merk atau brand baru.

Jadi, lebih baik siapkan budget Rp 2-3 jutaan kalau mau beli smartphone. Dengan uang segitu, kamu sudah bisa beli smartphone mid end.

Ambil contoh Samsung Galaxy M30s yang harganya Rp 3,3 jutaan. Smartphone mid end itu sudah dilengkapai prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53), memori RAM 4/6 GB, memori internal 64/128 GB, kamera depan 16 MP, kamera belakang Triple 48 + 8 + 5 MP, dan baterai berkapasitas 6000 mAh.

Lalu, misalnya Oppo A9 (2020) yang harganya Rp 3,9 jutaan. HP tersebut sudah dilengkapi prosesor Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver), memori RAM 4/8 GB, memori internal 128 GB, kamera depan 16 MP, kamera belakang Quad 48 + 8 + 2 + 2 MP, serta memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh.

Jangan Beli HP yang Ada Notch-nya

Ilustrasi panduan atau tips membeli smartphone alias HP (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi panduan atau tips membeli smartphone alias HP (Sumber: Pixabay)

Sudah jadi tren rasanya, smartphone yang rilis di 2019 ini memiliki notch di bagian atas layarnya. Notch ini populer juga dengan sebutan “poni”.

Di notch itu, biasanya ditempatkan kamera depan. Bentuknya beragam, ada yang memanjang, ada yang cuma seukuran bulat kamera.

Kalau saya pribadi, sebisa mungkin menghindari membeli smartphone yang tanpa dilengkapi notch atau poni. Pasalnya, notch tersebut mengurangi kelapangan bentang layar.

Baca tulisan menarik lainnya: Harga Realme X2 Pro di Indonesia, Pakai Snapdragon 855 Plus

Keberadaan notch bakal terasa sedikit menganggu saat smartphone dipakai untuk menonton video atau bermain game. Apalagi kalau bermain game yang membutuhkan banyak sentuhan layar.

Ada beberapa smartphone tanpa notch yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari Asus Zenfone 6, Oppo Find X, Vivo Nex S, Oppo Reno 10x Zoom, Vivo V15 Pro, Samsung Galaxy A80, hingga OnePlus 7 Pro.

Nah, itu beberapa panduan atau tips membeli smartphone atau HP baru. Buat saya pribadi, tips-tips tersebut penting diterapkan sebelum menentukan pilihan pada smartphone atau HP tertentu. Kalau punya tips lain, silakan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *