Oppo A74, Ini Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasinya

Oppo A74 kelebihan dan kekurangan
Oppo A74 (Sumber gambar: situs resmi Oppo Indonesia)

Oppo A74 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya harus Anda diketahui jika hendak membeli smartphone atau ponsel tersebut. Di Indonesia, Oppo A74 diluncurkan berbarengan dengan versi 5G-nya, yaitu Oppo A74 5G pada 22 April 2021.

Meski sama-sama menggunakan nama Oppo A74, ternyata kedua ponsel ini punya spesifikasi yang berbeda. Mulai dari chipset yang digunakan, panel layar, dan beberapa fitur lainnya, tak serta merta sama.

Adapun Oppo A74 versi 4G dibanderol Rp 3,5 juta. Hanya ada satu varian dari ponsel ini, yaitu varian memori internal 128 GB dan RAM 6 GB.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Oppo A74 menurut versi teknonia.com.

Kelebihan Oppo A74

Bodi enteng, tipis, nyaman digenggam, dan stylish

Layaknya beberapa ponsel Oppo lain, Oppo A74 juga hadir dalam desain yang stylish. Bodi belakangnya terlihat glossy atau mengkilat. Lalu, bingkai kamera belakangnya pun sudah berbentuk persegi berwarna gelap dengan ujung yang melengkung.

Di bagian depan, tampilannya sudah terkesan modern lantaran kamera depannya ditempatkan di punch hole atau lubang kecil di pojok kiri atas.

Selain stylish, Oppo A74 memiliki bodi enteng, tipis, dan nyaman digenggam. Berat ponsel ini 175 gram dan ketebalannya adalah 8 mm. Perlu diketahui, ponsel yang beratnya kurang dari 200 gram memang tergolong ringan dan nyaman digenggam dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Oppo A74 5G, Ini Kelebihan dan Kekurangannya, Ada NFC?

Baterai besar 5.000 mAh

Meski bodinya cukup tipis dan ringan, ternyata Oppo A74 memiliki baterai yang kapasitasnya besar, 5.000 mAh. Baterai itu juga sudah didukung fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Pihak Oppo mengklaim, baterai di Oppo A74 dapat terisi sampai 54 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Layar sudah AMOLED

Berbeda dari Oppo A74 5G yang panel layarnya masih LCD, Oppo A74 justru memiliki layar berpanel AMOLED. Alhasil, pemindai sidik jarinya pun sudah ditempatkan di layar (in display fingerprint).

Baik layar LCD maupun AMOLED memang punya kelebihan masing-masing. Namun, tak sedikit yang menganggap layar AMOLED lebih menarik lantaran bisa menampilkan gambar dengan saturasi warna lebih tinggi, lebih irit daya, hingga mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 5 5G, Harganya 7 Juta

Masih ada 3.5 mm audio jack

Bagi Anda yang kerap mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone berkabel di ponsel, Oppo A74 bisa mengakomodasinya. Pasalnya, ponsel ini masih memiliki port 3,5 mm audio jack.

Kamera cukup mumpuni

Di sektor fotografi, Oppo A74 dibekali tiga kamera belakang dan satu kamera selfie. Kamera belakangnya berkonfigurasi 48 MP (f/17) kamera utama 2 MP (f/2.4), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), kamera makro. Lalu di bagian depannya ada kamera 16 MP (f/2.0).

Untuk ponsel harga Rp 3 jutaan, kamera ini dirasa cukup. Beberapa tech YouTuber yang sudah mengujicoba kamera Oppo A74 menyebut, kamera di ponsel ini sudah cukup baik. Kameranya dapat menangkap foto secara detil, tetap jelas meski dalam kondisi cahaya berada di belakang objek/subjek, dan mampu menampilkan warna secara natural.

Kekurangan

Pembahasan mengenai Oppo A74 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya masih berlanjut. Setelah kelebihannya, mari membahas mengenai kekurangan ponsel ini.

Bahan masih polikarbonat

Meski desainnya stylish, ternyata bahan dari bodi belakang ponsel ini masih belum menggunakan kaca. Bahan yang digunakan adalah polikarbonat atau plastik.

Bagi sebagian pengguna, penggunaan material bodi belakang yang belum kaca bisa mengurangi nilai premium sebuah ponsel.

Baca juga: Cara Menggunakan NFC Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G Buat eMoney

Refresh rate masih 60 Hz

Layar Oppo A74 memang menggunakan panel AMOLED. Namun ternyata, refresh rate-nya masih 60 Hz. Bagi ponsel di harga Rp 3 jutaan, tentu ini patut disayangkan.

Refresh rate 60 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Harusnya, ponsel ini memiliki opsi refresh rate layar 90 Hz, atau bahkan 120 Hz agar layar bisa bergerak secara lebih mulus.

Chipset masih Snapragon 662

Untuk sebuah ponsel harga Rp 3 jutaan, chipset yang digunakan di Oppo A74 rasanya kurang mumpuni. Pasalnya, saat ini chipset Snapdragon 662 justru digunakan di ponsel harga Rp 2 jutaan. Jadi, bagi pengguna yang memang mengincar ponsel berperforma tinggi, rasanya kurang pas jika membeli Oppo A74.

Perlu diketahui, sebuah chipset sangat mempengaruhi performa sebuah ponsel saat dioperasikan, terutama ketika bermain game. Oppo A74 meraih skor Antutu v8 di kisaran 184.000-an.

Saat digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile, pengaturan grafik dan framerate game ber-genre battle royale itu hanya sampai di smooth-high atau balanced-medium.

Baca juga: Ini Performa Gaming Oppo A54, Mobile Legends dan PUBG Lancar?

Tidak ada NFC

Semakin hari, fitur NFC semakin penting ada di sebuah ponsel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek saldo dan isi saldo e-money langsung di perangkat ponselnya.

Sayangnya, Oppo A74 belum dibekali fitur NFC. Hal ini berbeda dari Oppo A74 5G yang sudah dilengkapi fitur tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Oppo A74 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya. Sebagai panduan lebih lanjut, berikut adalah rincian spesifikasi ponsel tersebut.

Rincian spesifikasi

  • Dimensi: 160.3 x 73.8 x 8 mm
  • Berat: 175 g
  • Layar: AMOLED 6.43-inch, single punch hole, FHD Plus (2400 x 1080); 409 PPI; Refresh rate 60HZ; Rasio bodi terhadap layar 90.8%
  • Sistem operasi: Android 11, ColorOS 11.1
  • Chipset: Snapdragon 662
  • RAM dan memori internal: RAm 6 GB, memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/3.06″, 1.0µm
  • 3.5mm jack: Ada
  • NFC: Tidak ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Warna: Prism Black, Midnight Blue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *