Mengubah Tampilan WhatsApp Jadi Dark Mode

Tampilan dark mode di WhatsApp
Tampilan dark mode di WhatsApp (Sumber: 9to5mac.com)

Fitur mode gelap atau dark mode WhatsApp akhirnya sudah tersedia. Anda tentu sudah tak sabar ingin mengubah tampilan aplikasi WA di smartphone.

Aplikasi bikinan Facebook itu mengumumkan kehadiran fitur dark modenya lewat cara yang menarik. Di media sosialnya, mereka mengunggah sebuah video.

Di akun Twitter-nya misalnya, @WhatsApp, mereka meng-upload sebuah video berdurasi 1 menit. Dalam video itu tergambar beberapa masalah yang kerap dialami pengguna WA.

Saat membuka aplikasi itu, ketika dalam kamar tidur yang gelap atau di ruangan bioskop, pengguna akan kesilauan. Hingga akhirnya, dalam video tersebut tergambar bagaimana pengguna terus bertanya-tanya kepada pihak WA kapan fitur mode gelap bakal dirilis.

Enggak berhenti di situ, foto profil dari akun medsos WA pun berubah. Jika biasanya logonya didominasi warna hijau putih, kini logonya justru didominasi warna putih dan hitam. Menarik bukan?

Secara singkat, mode gelap adalah sebuah fitur di mana nantinya tampilan bakal berubah didominasi warna gelap. Saat warna latar belakangnya gelap, tentu saja tampilan teksnya berbuah jadi terang atau kebalikannya.

Fitur dark mode ini sebenarnya sudah populer sejak tahun lalu. Saat itu, beberapa aplikasi atau web sudah menyediakan opsi untuk mengubah tampilannya menjadi mode gelap.

Tahun lalu, beberapa aplikasi populer telah mengujicobakan tampilan mode gelapnya, termasuk WhatsApp. Namun, ada juga aplikasi yang sudah memiliki fitur tersebut duluan.

Baca juga tulisan menarik lainnya: APAKAH REALME C3 BENAR-BENAR SMARTPHONE GAMING?

Mode gelap oleh beberapa orang dianggap lebih baik daripada tampilan biasa, baik dari segi kesehatan mata maupun pemakaian daya.

Tentu saja, tampilan mode gelap di WA disesuaikan dengan ciri khas aplikasi itu.

Memang, warna gelap mendominasi hampir seluruh tampilan WA, mulai dari beranda sampai ruang chat. Namun, warna hijau ciri khas WA ternyata masih tetap dipertahankan. Warna hijau itu masih terlhat ada pada ikon chat, balon notifikasi, dan status saat mengetik.

Ilustrasi dark mode WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (Sumber: Pixabay)

Adapun dark mode WhatsApp ini bisa digunakan di versi 2.2..64 untuk yang Android dan versi 2.20.30 untuk yang iOS.

Untuk sementara, saat saya membuat tulisan ini, mode gelap di WA memang masih disebarkan secara bertahap. Jadi, belum semua pengguna kebagian.

Kamu tinggal cek saja ke PlayStore atau AppStore, apakah aplikasinya WA-nya sudah bisa d-update atau diperbarui ke versi terbaru atau belum. Kalau sudah bisa di-update, ikuti langkah ini untuk mengaktifkan fiturnya:

  1. Buka aplikasi WA yang sudah diperbarui tadi.
  2. Masuk ke menu setting atau pengaturan.
  3. Setelah berada di menu pengaturan, kamu tinggal pilih chat saja.
  4. Nantinya, bakal ada pilihan theme atau tema.
  5. Jika mode gelap sudah tersedia, bakal ada tiga pilihan. Pilihan itu di antaranya adalah “set by battery saver” atau “sesuai hemat daya”, “light” atau “terang”, dan “dark” atau “gelap”.
  6. Silakan pilih dark untuk mengaktifkan mode gelap.
  7. Tunggulah beberapa saat kemudian dan tampilan WhatsApp kamu sudah berubah.

Oh iya, bagi pengguna smartphone bersistem operasi Android 10 dan iOS 13 bisa menggunakan cara lain untuk mengaktifkan mode gelap aplikasi itu. Kamu dapat mengaktifkannya lewat menu pengaturan ponsel secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *