Mengenal Oppo X 2021, HP Layar Gulung Inovasi dari Oppo

Oppo X 2021
(Sumber gambar: Oppo)

Oppo X 2021, sebuah ponsel konsep (concept smartphone) telah resmi diperkenalkan dalam gelaran Oppo Inno Day, 17 November 2020. Satu fitur yang menarik dari ponsel konsep tersebut tentu saja adalah layar gulungnya atau rollable display.

Dihimpun Teknonia.com dari The Verge, ponsel konsep itu adalah hasil pengembangan dari layar fleksibel, di mana layar yang digunakan berjenis OLED. Saat dalam keadaan normal, layarnya berdiagonal 6,7 inci. Namun, begitu dibuka, layarnya jadi seluas layar tablet, 7,4 inci.

Cara melebarkan layar dari ponsel konsep itu cukup digesek saja di bagian sampingnya atau di swiper sensor di frame. Selanjutnya, secara otomatis layar akan terbuka dan menjadi lebih luas.

Baca juga: Oppo Reno4 F Ramping dan Ringan, Ini Harga dan Speknya

Menariknya, pengguna bisa melebarkan layar dari ponsel konsep itu seluas yang diinginkan. Layarnya bisa diatur berkisar 6,7 inci sampai 7,4 inci. Kondisi seperti itu tidak seperti pada ponsel layar lipat, yang mana hanya memiliki dua keadaan saja, yakni dilipat dan dibuka.

Karena ini masih bersifat konsep, belum diketahui apakah Oppo X 2021 akan dipasarkan untuk masyarakat luas atau tidak. Selain itu, belum diketahui juga spesifikasi lengkap dan perkiraan harganya.

Oppo X 2021
(Sumber gambar: The Verge)

Oppo salip LG

Dihimpun dari situs XDA Developers, disebutkan sebenarnya Oppo bukan pabrikan pertama yang mengembangkan teknologi rollable display. Ya, LG sebenarnya juga sedang mengerjakan teknologi rollable display sebagai bagian dari Explorer Project.

Sebuah perangkat yang diberi kode Project B sejatinya sudah diungkap dalam perilisan ponsel LG Wing beberapa waktu lalu. Diperkirakan, ponsel layar gulung dari LG tersebut akan dipasarkan pada Maret tahun 2021. Namun, Oppo ternyata lebih dulu mengungkap bentuk fisik dari ponsel konsep dengan teknologi rollable display dalam gelaran Oppo Inno Day 2020.

Baca juga: Ini Perbandingan Spesifikasi HP Vivo V20 SE dan Oppo A92

Menarik untuk menanti perkembangan teknologi smartphone di 2021 nanti. Masing-masing pabrikan punya inovasinya masing-masing. Samsung dengan layar lipat, yang saat tulisan ini dibuat, sudah masuk generasi kedua. LG dengan layar putar (LG Wing) dan mungkin layar gulung. Dan Oppo, tentu saja dengan teknologi layar gulung.

Tak hanya perkenalkan Oppo X 2021

(Sumber gambar: Oppo)

Dalam gelaran tahunan Oppo tersebut kali ini, yang diperkenalkan tak hanya ponsel konsep dengan rollable display saja. Dua teknologi lain yang turut diperkenalkan adalah Oppo AR Glass 2021 dan Oppo CybeReal.

Oppo AR Glass 2021 adalah sebuah kacamata dengan teknologi augmented reality. Produk konsep itu diklaim hampir 75 persen lebih ringan dari pendahulunya – yang juga merupakan perangkat konsep di Inno Day tahun lalu.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro

Adapun Oppo AR Glass 2021 menggunakan optik jenis birdbath dengan panel OLED 0,71 inci. Selain itu, kacamata tersebut juga dilengkapi kamera fisheye stereo untuk pengenalan gerakan, sensor waktu penerbangan, dan kamera RGB konvensional.

Sementara itu, OPPO CybeReal adalah aplikasi AR yang didukung oleh teknologi real-time spatial calculation. Aplikasi ini didasarkan pada model digital dunia fisik yang dibangun di atas OPPO Cloud, dan menawarkan lokalisasi presisi tinggi dan pengenalan pemandangan secara real-time menggunakan GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan informasi jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *