Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android Versi Beta

Dark mode atau mode gelap di WhatsApp
Dark mode atau mode gelap di WhatsApp (Pixabay dan istimewa)

Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) akhirnya mulai menguji cobakan dark mode atau mode gelap. Namun, saat saya membuat tulisan ini, mode gelap tersebut baru bisa digunakan untuk versi beta di smartphone bersistem operasi Android.

Seperti diketahui, mode gelap mulai marak diterapkan di sejumlah tampilan aplikasi-aplikasi mobile. Tahun 2019, sudah ada beberapa aplikasi yang menggunakan dan menguji cobakan fitur tersebut. Aplikasi itu mulai dari Medium, Gmail, hingga Instagram.

Tak hanya aplikasi, sistem operasi Android terbaru, Android 10 juga memiliki fitur mode gelap. Jadi, mode atau fitur tersebut memang sudah populer sejak tahun lalu.

Secara sederhana, mode gelap adalah tampilan di mana warnanya didominasi warna gelap seperti hitam atau dark grey, sementara icon dan font-nya bakal berwarna terang seperti putih. Jadi, tampilan ini adalah kebalikan dari tampilan biasanya dari sebuah aplikasi yang didominasi warna cerah seperti putih.

Baca tulisan menarik lainnya: Bocoran Samsung Galaxy S20 vs iPhone 12, Bagus Mana?

Selain membuat tampilannya jadi berbeda, mode gelap juga diyakini lebih ramah untuk mata. Mode gelap disebut-sebut lebih nyaman digunakan saat suasana di sekitar pengguna sedang minim cahaya.

Langsung saja, di sini saya akan mencoba menuliskan cara mengaktifkan mode gelap di WA:

Pertama, silakan download atau unduh aplikasi WA versi beta (WhatsApp Messenger 2.20.13 beta (Android 4.0.3+)). Perlu diketahui, kamu belum bisa men-download WA ini di PlayStore. Jadi, kamu harus mengunduhnya di APK Mirror.

Berikut adalah link atau tautan WA versi beta yang memiliki fitur mode gelap:

https://www.apkmirror.com/apk/whatsapp-inc/whatsapp/whatsapp-2-20-13-release/whatsapp-messenger-2-20-13-android-apk-download/

Tampilan WhatsApp di APK Mirror.
Tampilan WhatsApp di APK Mirror.

Setelah membuka link itu, silakan download aplikasi WA beta tersebut. Ukurannya tak terlalu besar, hanya 37 MB saja.

Selesai men-download, silakan instal. Nantinya, aplikasi WA yang sudah terpasang di smartphone-mu bakal otomatis diperbaharui. Jadi, kamu enggak perlu ribet.

Tampilan dark mode di aplikasi WhatsApp.
Tampilan dark mode di aplikasi WhatsApp.

Setelah aplikasi WA-nya diperbarui, silakan buka lalu masu ke “setting” atau “pengaturan”. Kemudian, masuk ke pilihan “chats”.

Memilih dark mode aplikasi WhatsApp.

Jika ada pilihan “theme” atau “tema” berarti aplikasi WhatsApp- mu sudah ada dark mode-nya. Silakan coba dan lihat perubahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *