Membuat Kartu Ucapan Selamat Hari Ibu di HP

Membuat kartu ucapan selamat Hari Ibu di HP
Ilustrasi Hari Ibu 22 Desember (Pixabay)

Mengirim ucapan selamat Hari Ibu seolah menjadi tradisi pada 22 Desember. Ya, pada tanggal itu, di Indonesia memang diperingati sebagai Hari Ibu.

Enggak hanya secara langsung, ucapan tersebut kini bisa juga dikirim via aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Ada juga yang memasang ucapan itu di media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Berkirim ucapa via internet bisa dilakukan seandainya lokasi kita sebagai anak dengan ibu berjauhan. Misalnya, buat yang lagi merantau ke kota lain buat bekerja atau berkuliah.

Rasa terima kasih atau ungkapan rindu kita sebagai anak memang tidak bisa sepenuhnya lewat ucapan via internet. Namun, hal tersebut rasanya lebih baik dilakukan ketimbang melewatkan momen spesial begitu saja.

Baca tulisan menarik lainnya: Samsung Galaxy Fold, HP Layar Lipat Buat Siapa?

Nah, buat kamu yang ingin mengirim ucapan kepada ibu yang sedang berada di rumah, mengirimnya dalam bentuk kartu ucapan rasanya bakal lebih menarik. Jadi, tulisan ucapan yang menyentuh, bakal termuat dalam kartu ucapan berbentuk gambar digital.

Hebatnya, sekarang membuat kartu ucapan digital tak perlu repot-repot lagi harus bisa mengoperasikan aplikasi pengolah grafis seperti Corel Draw di komputer. Cukup menggunakan perangkat smartphone atau HP, kamu sudah bisa membuat kartu tersebut.

Membuat kartu ucapan Selamat Hari Ibu.
Tangkapan layar aplikasi Canva.

Saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi yang dibuat oleh pengembang asal Australia ini tersedia gratis di AppStore dan PlayStore. 

Jadi, silakan pergi ke dua toko online aplikasi tersebut dan download Canva. Kalau sudah, ikuti langkah berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Kartu Ucapan Selamat Hari Ibu

Siapkan terlebih dahulu kalimat yang bakal dituliskan di kartunya. Anda dapat mencarinya di mesin pencarian Google. Tapi, menurut saya alangkah lebih baik membuatnya sendiri biar bisa mewakili perasaan kita sebagai anak.

Setelah memiliki kalimat yang bakal ditulis, silakan buka aplikasi Canva yang sudah dipasang di-smartphone milikmu.

Masuk ke menu aplikasinya, bakal ada beberapa pilihan. Tak perlu bingung, kamu tinggal tap saja kolom pencarian. Kolom pencarian ini letaknya berada di paling atas.

Membuat kartu ucapan Selamat Hari Ibu
Tangkapan layar tampilan Canva.

Setelah itu, ketik “Hari Ibu” atau “Mothers Day” di kolom pencarian tersebut.

Hasilnya, kamu bakal disuguhkan beragam kartu digital yang bertema ibu. Silakan pilih salah satu yang menurutmu sesuai.

Membuat kartu ucapan Selamat Hari Ibu di HP
Tangkapan layar Canva.

Jika sudah memilih, gambarnya bakal membesar. Kamu tinggal pilih “edit” atau “sunting” saja.

Setelah itu, kamu bakal dihadapkan pada tampilan editotnya. Tak perlu bingung, kamu tinggal tap saja tulisannya dua kali. Nantinya, keyboard virtual bakal muncul.

Tangkapan layar Canva.

Kalau keyboard sudah muncul, berarti kamu sudah bisa mengganti kalimat sebelumnya dengan kalimat yang kamu miliki. Silakan tinggal tulis saja.

Tangkapan layar Canva.

Jika sudah, silakan tap tombol contreng di pojok kiri atas. Lalu pilih tombol pojok kanan atas. Untuk menyimpan gambar, tinggal pilih “save as image” atau “simpan sebagai gambar” saja.

Selamat, kamu sudah berhasil membuat kartu ucapan Selamat Hari Ibu.

Baca tulisan menarik lainnya: Cara Posting Banyak Foto di 1 Instastory (Layout)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *