Membuat Kartu Ucapan Menyambut Ramadhan di HP Android dan iPhone

 ucapan menyambut Ramadhan
Cara membuat kartu ucapan menyambut Ramadhan (Sumber gambar: Pixabay)

Membuat kartu ucapan menyambut Ramadhan itu mudah. Kini, Anda bisa membuat kartu ucapan tersebut langsung di smartphone atau ponsel Android dan iPhone.

Seperti diketahui, ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Satu di antara beberapa tradisi itu adalah saling mengucapkan selamat puasa.

Kini, mengucapkan selamat puasa tak hanya bisa dilakukan secara langsung saja. Anda juga bisa mengucapkannya melalui aplikasi chat seperti WhatsApp dan Telegram, hingga di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dalam bentuk kartu ucapan digital.

Baca juga: Cara Buat Kartu Ucapan Permohonan Maaf Jelang Ramadan

Nah, kartu ucapan ini dapat dikirimkan ke keluarga, teman, hingga kenalan yang lokasinya memang sedang berjauhan dengan Anda. Jadi, meski tak bisa bertemu, silaturahmi masih bisa terjalin secara baik.

Berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan tersebut:

Cara membuat kartu ucapan menyambut Ramadhan

Langkah 1: Silakan unduh atau download aplikasi Canva. Aplikasi ini tersedia di PlayStore dan App Store.

Langkah 2: Jika sudah terpasang, silakan buka aplikasinya.

Langkah 3: Apabila baru pertama kali menggunakan Canva, Anda akan diminta untuk daftar. Agar lebih praktis, silakan hubungkan akun Canva Anda dengan Facebook atau Gmail.

Langkah 4: Ketika sudah masuk di menu utamanya, cek kolom pencarian yang ada ikon kaca pembesarnya di bagian atas.

 ucapan menyambut Ramadhan

Langkah 5: Ketik “Ramadan” di kolom pencarian tersebut. Selanjutnya, akan muncul banyak template kartu ucapan yang sesuai dengan kata kunci itu.

Langkah 6: Silakan pilih template-nya. Saran kami, pilihlah template gratis terlebih dulu, cari yang berlabel “FREE”. Lalu, tekan salah satu template agar langsung di-edit.

 ucapan menyambut Ramadhan

Langkah 7: Di menu edit, Anda bisa meng-edit beberapa aspek dari template-nya, mulai dari warna, gambar, teks, dan lain-lain. Sebaiknya, edit teksnya saja.

Langkah 8: Untuk meng-edit, silakan sentuh kata-katanya, lalu pilih opsi “edit” di bagian bawah.

Langkah 9: Silakan ganti teks di template-nya dengan kata-kata seusai keinginan Anda. Misalnya jadi “Selamat menjalankan ibadah puasa untuk temanku…”

Langkah 10: Untuk menyimpannya ke ponsel Anda, silakan pilih ikon “panah ke bawah” di pojok kanan atas. Secara otomatis, gambarnya akan tersimpan jadi file berformat JPG.

Langkah 11: Atau, Anda juga bisa menyimpan kartu ucapan tersebut dalam format lain. Caranya, pilih ikon “panah ke atas” di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih “Save as…” atau “Simpan sebagai…”. Pada opsi ini, Anda bisa mengatur format gambarnya (bisa jadi PNG atau JPG), dan bisa mengatur size dan resolusinya (pengaturan ini terbuka jika Anda member premium Canva).

Baca juga: Cara Buat Kartu Digital Ucapan Idul Adha via Canva

Jika sudah disimpan, silakan cek galeri, gambar kartu ucapan menyambut Ramadhan Anda sudah ada. Selanjutnya, silakan kirim atau bagikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *