Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro, Video Jadi Stabil

Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro
Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro (Sumber gambar: situs resmi Vivo Indonesia)

Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro menarik untuk diketahui. Pasalnya, Gimbal Stabilization merupakan salah satu fitur unggulan di smartphone atau ponsel yang menggunakan sistem kamera ZEISS ini.

Perlu diketahui, gimbal sejatinya merupakan sebuah alat atau aksesoris. Gimbal dapat ditambahkan ke kamera DSLR, mirrorless, hingga ponsel. Saat sebuah kamera dipasangkan ke Gimbal, maka hasil perekaman videonya jadi stabil, walaupun video direkam dalam keadaan bergerak atau bergoyang.

Menurut laman eraspace.com, para videografer banyak memanfaatkan askesoris gimbal agar bisa mendapatkan video footage yang halus dan bisa memanjakan mata.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Series, Sistem Kameranya ZEISS

Adapun teknologi atau mekanik gimbal yang disematkan di kamera Vivo X60 Pro disebut sebagai Gimbal Stabilization 2.0. Ini merupakan versi upgrade atau pemutakhiran dari versi sebelumnya di Vivo X50.

Laman resmi Vivo Indonesia menulis, inovasi gimbal ini dapat menggerakkan lensa ke berbagai macam arah yang berlawanan. Alhasil, gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik dan tidak akan buram.

Tampilan kamera belakang Vivo X60 Pro (Sumber gambar: situs Vivo Indonesia)

Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro

Fitur Gimbal Stabilization di Vivo X60 Pro ternyata memang membuat video yang direkam jadi stabil. Perbedaan video yang diambil dengan fitur Gimbal Stabilization dan tanpa fitur tersebut cukup signifikan.

Ketika merekam video sambil berjalan tanpa fitur itu, hasil videonya terlihat bergoyang. Sementara itu, saat merekam video menggunakan fitur Gimbal Stabilization, hasil videonya jadi enak dipandang mata lantaran mulus dan stabil. Hal itu juga telah dibuktikan oleh beberapa Tech YouTuber seperti FlashGadget dan JagatReview.

Baca juga: Performa Gaming Vivo Y20s G, PUBG sampai Mobile Legends

Adapun fitur Gimbal Stabilization ini hanya bisa diaktifkan di mode perekaman video 1080p. Ada dua opsi yang tersedia, yakni Standard Stabilization dan Ultra Stable. Menariknya, saat mode Ultra Stable diaktifkan, video yang direkam kualitasnya jadi 60FPS alias lebih mulus pergerakannya.

Sementara itu, saat merekam video menggunakan kamera ultrawide, Gimbal Stabilization mekanik memang tak bisa diaktfikan. Namun, pengguna bisa memilih mengaktifkan fitur EIS atau eletronic image stabilizer. Hasil dari fitur EIS ini ternyata masih sama stabil seperti Gimbal Stabilization.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y20s G, Disebut Sebagai Smartphone Gaming

Selanjutnya, di perekaman video kualitas 4k 60FPS, fitur stabilizer memang tak bisa diaktfikan. Kendati demikian, pengguna akan disuguhkan sebuah tools berbentuk lingkaran yang di tengahnya ada titik. Tools ini membantu agar pengguna bisa tetap merekam video secara stabil dengan cara menjaga titik di tools lingkaran tersebut tetap di tengah.

Nah, itulah penjelasan mengenai kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60. Bagaimana menurutmu, apakah fitur unggulan ini menarik?

Rincian spesifikasi Vivo X60 Pro

  • Dimensi: 158.6 x 73.2 x 7.6 mm
  • Berat: 179 gram
  • Layar: 6,56 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch rate 240 Hz, Gorilla Glass 6
  • Chipset: Sanpdragon 870 5G
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut antarmuka FunTouch 11.1
  • RAM dan memori internal: 12 GB dan 256 GB
  • Kamera belakang: Kamera utama 48 MP (f/1.79), Kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2), Kamera portrait 13 MP (f/2.46
  • Kamera depan: 32 MP
  • Fitur: Under-display fingerprint sensor, NFC, Gimbal Stabilization
  • Baterai: 4.300 mAh didukung fitur pengisian daya cepat 33 Watt
  • Warna: Midnight Black, Shimmer Blue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *