Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Series, Sistem Kameranya ZEISS

Kelebihan dan kekurangan Vivo X60
Vivo X60 series (Sumber gambar: Vivo Indonesia)

Kelebihan dan kekurangan Vivo X60 series menarik untuk diketahui. Dua smartphone atau ponsel dari Vivo yang merupakan penerus dari X50 series ini langsung mencuri perhatian begitu diperkenalkan di Indonesia pada 8 April 2021.

Ada beragam aspek yang membuat ponsel ini menjadi menarik. Namun, tentu saja bagian yang paling mencuri perhatian ada di sektor fotografinya.

Di pasar Indonesia, Vivo X60 “reguler” dibanderol Rp 8 juta. Sedangkan, untuk yang varian Vivo X60 Pro dibanderol Rp 10 juta.

Dengan harga seperti itu, simak kelebihan dan kekurangan dari Vivo X60 series menurut versi Teknonia.com:

Kelebihan Vivo X60 series

Sistem kamera ZEISS

Bagi Anda pecinta dunia fotografi pasti sudah tak asing lagi dengan brand ZEISS. Brand yang satu ini terkenal karena membuat lensa kamera yang berkualitas. ZEISS juga dikenal sebagai salah satu brand optik atau lensa kacamata.

Jadi bisa dibayangkan, sebagus apa kualitas hasil jepretan Vivo X60 series yang berkolaborasi dengan ZEISS.

Vivo X60 series juga menyuguhkan beberapa fitur kamera yang keren. Fitur itu misalnya adalah ZEISS Biotar Portrait Style. Ini merupakan fitur yang menghasilkan foto portrait yang tajam dengan latar belakang bokeh yang berputar di sekitarnya, khas dari lensa klasik ZEISS.

Baca juga: Performa Gaming Vivo Y20s G, PUBG sampai Mobile Legends

Kemudian, ada juga fitur Extreme Night Vision 2.0 yang membuat foto yang diambil pada malam hari menjadi terang dan minim noise. Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, Vivo X60 series memiliki beragam fitur lain yang akan memuaskan pecinta fotografi ponsel.

Adapun konfigurasi kamera belakang Vivo X60 adalah kamera utama 48 MP (f/1.79), kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2), kamera portrait 13 MP (f/2.46). Dan, untuk yang versi Pro adalah kamera utama 48 MP (f/1.48), kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2), dan kamera portrait 13 MP (f/2.46).

Gimbal stabilization

Vivo X60 varian Pro sudah dibekali dengan fitur Gimbal Stabilization 2.0. Ini artinya, begitu fitur tersebut diaktfikan, video yang diambil dalam keadaan si penggunananya bergerak (seperti berjalan atau berlari) akan tetap stabil.

Menurut smartprix.com, fitur Gimbal di Vivo X60 Pro bukan gimmick belaka. Tak hanya berguna untuk pengambilan video, Gimbal Stabilization-nya juga berguna untuk pengambilan gambar di lokasi yang minim cahaya dan juga untuk meningkatkan kemampuan digital zoom-nya.

Chipset Snapdragon 870, sudah mendukung 5G

Baik yang versi Pro maupun “reguler”, ponsel Vivo X60 sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 870. Chipset ini termasuk ke dalam chipset kelas flagship.

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, chipset Snapdragon 870 punya performa lebih baik dari Snapdragon 865 dan 865 plus. Menurut video di channel YouTube TrendingTek, Vivo X60 mendapatkan skor Antutu v9 di kisaran 707.125.

Perlu diketahui, chipset berpengaruh terhadap performa saat pengoperasian ponsel hingga berpengaruh saat digunakan dalam bermain game. Karena chipset Snapdragon 870 merupakan chipset kualitas tinggi, sudah tentu semua game berat bisa dilibas tanpa ada kendala.

Vivo X60 Pro bisa memainkan game PUBG Mobile dalam pengaturan grafis HDR dan framerate Extreme secara mulus.

Selanjutnya, harus diketahui juga chipset Snapdragon 870 sudah mendukung jaringan 5G. Artinya, jika nanti jaringan 5G sudah resmi diberlakukan di Indonesia, ponsel ini sudah bisa terkoneksi.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y20s G, Disebut Sebagai Smartphone Gaming

NFC

Vivo X60 series sudah dibekali dengan fitur NFC. Berkat fitur ini, pengguna bisa langsung cek saldo dan top up saldo uang elektronik (eMoney) langsung di perangkatnya.

Selain itu, NFC di Vivo X60 series juga multifungsi. NFC ini bisa digunakan pula untuk transfer dokumen hingga menduplikasi kartu akses.

Refresh rate 120 Hz

Layar di Vivo X60 series sudah memiliki refresh rate sampai 120Hz. Artinya, pergerakannya akan terasa mulus dan semakin nyaman dilihat di mata.

Semakin tinggi angka refresh rate di layar, maka semakin sering juga layar tersebut memperbarui frame atau gambar per detiknya. Jadi, refresh rate 120 Hz berarti layar itu memperbarui frame sebanyak 120 kali per detiknya.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y51, Punya RAM 8GB, Memori Internal 128GB

Extended RAM

Fitur keren lainnya dari Vivo X60 adalah Extended RAM. Jadi, sistem di ponsel ini bisa mengalokasikan 3 GB di memori internal sebagai tambahan RAM.

Untuk yang versi Pro, RAM-nya sudah sangat besar, yaitu 12 GB. Ditambah dengan fitur Extender RAM, RAM-nya bisa jadi 12 GB + 3 GB.

Perlu diketahui, RAM berguna sebagai ruang penyimpanan berbagai data aplikasi yang masih aktif dalam ponsel. Jadi, RAM lebih besar berarti aplikasi aktif yang terbuka bisa lebih banyak.

Desain premium tapi ramping

Sebagai ponsel kelas flagship, Vivo X60 series tampil dengan desain yang premium, namun tetap nyaman digenggam lantaran ramping dan ringan. Untuk yang varian reguler, Vivo X60 memiliki berat 176 gram dan ketebalan 7,4 mm, sedangkan untuk varian Vivo X60 Pro, beratnya 179 gram dan punya ketebalan 7,6 mm saja.

Di bodi belakangnya, ponsel ini sudah menggunakan material kaca yang menambah kesan premium. Untuk yang varian warna Shimmer Blue, bodi belakang ponsel ini juga sudah menampilkan gradasi warna yang menarik.

Kemudian, kamera belakangnya ditempatkan di bingkai berbentuk persegi panjang. Ada tiga lubang kamera tersemat di bingkai tersebut, yang mana ada satu lubang kamera yang ukurannya lebih besar dari lubang kamera yang lainnya.

Lalu, di bagian bawah bingkai itu, terdapat bagian kecil yang berwarna silver. Bagian ini menambah kesan bingkai kamera terlihat premium.

Beralih di bagian depan, layar di ponsel ini sudah sedikit melengkung di kedua sisi kiri dan kanannya. Kemudian, kamera depannya juga sudah ditempatkan di punch-hole atau lubang kecil di bagian atas layar.

Desain Vivo X60 (Sumber gambar: Vivo Indonesia)

Kekurangan Vivo X60 series

Tidak ada slot microSD

Mari lebih lanjut membahas kelebihan dan kekurangan Vivo X60 series. Kali ini, kita sampai pada kekurangannya.

Sama seperti beberapa ponsel flagship lainnya, Vivo X60 juga tak dilengkapi slot microSD. Jadi, pengguna tidak bisa menambahkan memori eksternal ke ponsel ini.

Saran kami, bagi Anda yang ingin memboyong ponsel ini sebaiknya lebih mempertimbangkan untuk membeli varian Vivo X60 Pro. Pasalnya, memori internalnya sudah sangat besar, yaitu 256 GB.

Baca juga: OriginOS dari Vivo: 5 Fitur Terbaik hingga Jadwal Update

Tidak ada 3,5 mm jack audio

Kekurangan yang satu ini juga sama dengan beberapa ponsel kelas flagship lainnya, yaitu tidak ada port 3,5 mm jack audio. Alhasil, pengguna tidak bisa mencolok headphone dan earphone berkabel.

Solusinya, untuk mendengarkan musik pengguna lebih baik memakai earphone nirkabel atau TWS.

Speaker belum stereo

Satu lagi kekurangan dari Vivo X60 series adalah speaker-nya yang masih belum stereo. Jadi, kembali lagi seperti yang kami jelaskan sebelumnya, untuk mendengarkan musik di ponsel ini memang lebih baik menggunakan TWS.

Demikianlah penjelasan kelebihan dan kekurangan Vivo X60 series berdasarkan versi teknonia.com. Bagi Anda yang punya pendapat lain mengenai ponsel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y12s, Harga 2 Juta, Kapasitas Baterai Besar

Rincian spesifikasi Vivo X60

  • Dimensi: 159.6 x 75 x 7.4 mm
  • Berat: 176 gram
  • Layar: 6,56 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch rate 240 Hz, Gorilla Glass 6
  • Chipset: Sanpdragon 870 5G
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut antarmuka FunTouch 11.1
  • RAM dan memori internal: 8 GB dan 128 GB
  • Kamera belakang: Kamera utama 48 MP (f/1.79) Kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2) Kamera portrait 13 MP (f/2.46
  • Kamera depan: 32 MP
  • Fitur: Under-display fingerprint sensor, NFC
  • Baterai: 4.300 mAh didukung fitur pengisian daya cepat 33 Watt
  • Warna: Midnight Black, Shimmer Blue

Rincian spesifikasi Vivo X60 Pro

  • Dimensi: 158.6 x 73.2 x 7.6 mm
  • Berat: 179 gram
  • Layar: 6,56 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch rate 240 Hz, Gorilla Glass 6
  • Chipset: Sanpdragon 870 5G
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut antarmuka FunTouch 11.1
  • RAM dan memori internal: 12 GB dan 256 GB
  • Kamera belakang: Kamera utama 48 MP (f/1.79) Kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2) Kamera portrait 13 MP (f/2.46
  • Kamera depan: 32 MP
  • Fitur: Under-display fingerprint sensor, NFC, Gimbal Stabilization
  • Baterai: 4.300 mAh didukung fitur pengisian daya cepat 33 Watt
  • Warna: Midnight Black, Shimmer Blue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *