Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F, Layak Dibeli?

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F
Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F (Sumber gambar: Oppo)

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F wajib Anda ketahui sebelum membeli ponsel Oppo tersebut. Untuk diketahui, smartphone atau ponsel Reno5 F resmi dijual di Indonesia mulai 2 April 2021.

Saat tulisan ini dibuat, Oppo Reno5 F menjadi ponsel paling terjangkau dari seri Reno5. Sebelumnya, Oppo Indonesia telah memboyong Oppo Reno5 versi “reguler” dan Oppo Reno5 5G untuk pasar Tanah Air.

Di Indonesia, Oppo Reno5 F dijual Rp 4,3 juta. Lantas, dengan banderol seperti itu, apa saja kelebihan dan kekurangan ponsel tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

Kelebihan

Tampil ramping dan trendy

Sama seperti Reno5 series lainnya, Reno5 F juga diklaim tampil ramping. Ketebalannya mencapai 7,8 mm, sedangkan beratnya hanya 172 gram.

Selain tampil ramping, Oppo Reno5 F juga punya desain yang trendy. Ponsel ini punya dua varian warna, yakni Fluid Black dan Fantastic Purple. Untuk warna Fantastic Purple, selain bodi belakangnya tampil mengkilat, warnanya juga bisa menampilkan gradasi warna dari toska ke ungu.

Di bodi belakang itu, tersemat bingkai kamera belakang berbentuk persegi dan berwarna gelap. Kemudian, di pojok kanan bodi belakangnya, terdapat tulisan “Oppo” yang orientasinya landscape.

Oppo Reno5 F (Sumber gambar: Oppo)

Panel layarnya AMOLED

Oppo Reno5 F menggunakan panel layar AMOLED. Secara lebih rinci, spesifikasi layarnya adalah AMOLED, berdiagonal 6,43 inci, dan beresolusi 2.400 x 1.080 piksel. Layar itu punya rasio aspek 20:9, refresh rate 60 Hz, dan memiliki rasio bodi ke layar mencapai 90,8%.

Selain itu, layar tersebut sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 3 Plus. Pemindai sidik jarinya juga sudah ditempatkan di bawah permukaan layar.

Ada beberapa kelebihan dari layar AMOLED. Menurut laman themobileindian.com, layar AMOLED mampu menghasilkan warna high contrast seperti hijau, biru, dan merah lebih baik. Alhasil, layar AMOLED berwarna lebih cerah dan bisa mencapai garis saturasi yang tinggi. Itu semua terjadi lantaran setiap piksel di layar AMOLED memancarkan cahayanya sendiri.

Selain itu, layar AMOLED juga lebih hemat daya. Pasalnya, piksel di layar AMOLED bisa dimatikan sepenuhnya. Kemudian, jika latar belakang layarnya adalah hitam, layar AMOLED bisa menjadi lebih hemat daya lagi.

Baca juga: Mengintip Seri Oppo Terbaru 2021: Spesifikasi 3 Varian Reno5

Chipset P95 untuk kebutuhan multimedia dan konektivitas

Di sektor dapur pacu, Oppo Reno5 F dipersenjatai MediaTek Helio P95. Menurut laman jagatreview.com, Helio P series lebih fokus pada fungsi multimedia dan konektivitas. Keunggulan itu berbeda dari MediaTek Helio G series yang memang menonjolkan performa gaming untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

Lebih lanjut lagi, MediaTek Helio P Series dirancang agar sebuah ponsel bisa mengutamakan efisiensi daya baterai yang tinggi, tanpa perlu harus mengusung kapasitas baterai yang jumbo, atau mengorbankan sisi estetika desain (misal: bodi jadi tebal).

Beberapa fitur terbaik dari MediaTek Helio P95 adalah bisa switching signal lebih pintar. Jadi, ketika pengguna ponsel dengan chipset ini sedang bermain game, lalu ada panggilan telepon, sinyal tidak serta merta langsung drop.

Kemudian, chipset ini bisa menampilkan HDR visual yang vivid dan pop. Tampilan ini bisa memanjakan mata di layar ponsel.

Baca juga: Oppo Reno5 F, Ponsel Ramping Andalkan MediaTek Helio P95

Fitur pengisian daya cepat 30 Watt

Kapasitas baterai di Oppo Reno5 F memang tak bisa disebut jumbo. Kapasitas baterainya adalah 4.310 mAh. Namun, yang menarik adalah dukungan pengisian daya cepatnya yang mencapai 30 Watt (VOOC Flash Charge 4.0 30 watt).

Menurut klaim Oppo Indonesia, dengan mengisi daya baterai selama 5 menit, ponsel Oppo Reno5 F sudah bisa digunakan untuk menonton video selama 2,9 jam.

Dual-View Video

Dengan fitur ini, kamera belakang dan depan Oppo Reno5 F bisa aktif bersamaan. Jadi, Anda bisa merekam momen di depan atau sekitar Anda menggunakan kamera belakang, sekaligus merekam reaksi Anda sendiri menggunakan kamera depan.

Fitur Dual-View di Oppo Reno5 F (Sumber video: Oppo Kenya)

Kekurangan

Refresh rate layar masih 60 Hz

Sayang sekali, Oppo Reno5 F tak punya opsi mengganti refresh rate layar ke 90 Hz ataupun ke 120 Hz. Refresh rate layar di ponsel ini hanya 60 Hz saja.

Untuk diketahui, semakin tinggi angka refresh rate, artinya gerak layar itu bisa semakin mulus. Berdasarkan penjelasan di laman Kompas Tekno, refresh rate merupakan komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah gambar (frame) pada layar diperbarui setiap detiknya.

Jadi, refresh rate 120 Hz berarti layar bisa menampilkan 120 gambar atau frame per detik. Sementara itu, 60 Hz berarti layar dapat menampilkan 60 gambar per detik.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Reno5 5G, Bisa Terkoneksi ke Jaringan 5G

Resolusi kamera utama hanya 48 megapiksel

Dengan banderol harga Rp 4,3 juta, patut disayangkan resolusi kamera utama di Oppo Reno5 F hanya 48 megapiksel saja. Padahal, untuk beberapa ponsel lainnya, di kisaran harga Rp 2 jutaan saja sudah ada yang menggunakan kamera beresolusi tersebut. Alangkah lebih baik kamera utama di Reno5 F ini bisa beresolusi 64 megapiksel, atau bahkan lebih lagi.

Kendati demikian, itu memang spesifikasi di atas kertas saja. Untuk mengetahui kualitas kamera dari Reno5 F secara lebih lanjut, tentu dibutuhkan pengujian secara langsung.

Tidak ada NFC

Jika Oppo Reno5 dan Oppo Reno5 5G dibekali NFC, Oppo Reno5 F justru tak dibekali fitur tersebut. Ini tentu menjadi hal yang juga patut disayangkan.

Pasalnya, NFC berguna untuk pengguna yang kerap bertransaksi menggunakan uang elektronik atau eMoney. Dengan NFC, pengguna bisa cek saldo dan isi saldo uang elektronik langsung di perangkat ponsel.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Reno5, Desain Stylish, Harga Rp 5 Juta

Kesimpulan

Nah, demikianlah kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F. Berdasarkan penjelasan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk memboyong ponsel itu jika kepincut dengan desain yang ramping dan trendy, panel layar AMOLED, chipset yang mendukung kebutuhan multimedia dan konektivitas, fitur pengisian daya cepat, hingga adanya dual-view video.

Sebaliknya, jika Anda mencari ponsel yang dilengkapi NFC, layar dengan refresh rate tinggi, dan resolui kamera utama 64 megapiksel ke atas, maka ponsel ini bisa jadi tak masuk ke dalam radar Anda.

Dihimpun Teknonia.com dari GSMArena, berikut ini adalah rincian spesifikasi dari Oppo Reno5 F:

Rincian spesifikasi

  • Dimensi:160.1 x 73.2 x 7.8 mm
  • Berat: 172 g
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Diagonal 6,43 inci AMOLED, resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080), refresh rate 60 Hz, rasio aspek 20:9, rasio bodi ke layar 90,8 persen, dan diproteksi Gorilla Glass 3+
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut ColorOS 11.1
  • Chipset: Mediatek MT6779V Helio P95
  • Slot kartu memori: Ada, microSD sampai dengan 256 GB
  • RAM dan memori internal: RAM 8 GB, memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 48 MP kamera utama, 8 MP ultra wide, 2 MP kamera makro, 2 MP kamera mono
  • Kamera depan: 32 MP
  • Video kamera belakang: 4K@30fps, 1080p@30/120fps; gyro-EIS
  • Video kamera depan: 1080p@30fps
  • 3.5mm jack: Ada
  • NFC: Tidak ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.310 mAh, pengisian daya cepat 30 Watt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update berita di:

Facebook