Kami Kasih Tahu Cara Pasang Filter Truth or Dare di Instagram Story

Beberapa selebritas tengah memainkan truth or dare di Instagram Story (istimewa)
Beberapa selebritas tengah memainkan truth or dare di Instagram Story (istimewa)

Apakah kamu tahu sebuah game bernama truth or dare? Ya, game yang populer di kalangan anak muda ini kini bisa dimainkan lewat Instagram Story.

Sama seperti head quiz atau flying face, game truth or dare ini dimainkan lewat fitur filter. Pun begitu dengan objek yang nantinya muncul di layar smartphone, didukung oleh teknologi augmented reality atau AR.

Saat saya berselancar di Instagram baru-baru ini, game tersebut banyak dimainkan oleh beberapa teman.

Ada juga selebritas yang turut mempopulerkan filter Instagram itu. Beberapa selebritas itu di antaranya adalah Natasha Wilona, Desta, sampai Verrel Bramasta.

Yang paling populer, tentu saja artis cantik Gisella Anastasia atau Gisel dan anaknya Gempi. Mereka berdua terlihat asyik saat memainkan truth or dare.

Nah, truth or dare di Instagram Story ternyata serupa dengan permainan aslinya. Minimal, harus ada dua orang yang memainkannya. 

Baca tulisan menarik lainnya: Bermain Head Quiz atau Tebak Gambar di Instagram

Satu orang nantinya yang akan memilih truth (jujur) atau dare (berani). Sementara itu, satu orang lainnya yang akan bertanya atau membacakan pertanyaan (jika temannya memilih truth), atau memberikan tantangan (kalau temannya memilih dare).

Jadi, kalau lewat Instagram Story, kamu tinggal mengarahkan kamera menghadap ke wajah lawan main. Nantinya, akan muncul dua kotak di layar.

Desta saat memainkan truth or dare di Instagram Story
Desta saat memainkan truth or dare di Instagram Story (istimewa)

Kotak pertama berwarna biru di sebelah kiri bertuliskan “truth”. Lalu, kotak kedua berwarna merah di sebelah kanan bertuliskan “dare”.

Kalau lawan main kamu menyebut “truth”, kotak yang berwarna biru akan terbuka. Kemudian, akan muncul pertanyaan. Pertanyaan pun menarik dan menggelitik. Misalnya, “kapan terakhir kali kamu pipis di celana?”.

Atau, lawan mainmu memilih “dare”, kotak sebelah kanan berwarna biru akan terbuka dan memunculkan tantangan yang juga tak kalah seru. Tantangan itu misalnya, “hello, (nama mantan) aku kangen”.

Jadi, mau tahu cara mendapatkan filter truth or dare di Instagram Story?

Cara untuk mendapatkan filter ini gampang sekali, kamu enggak perlu ribet download aplikasi tambahan. Pertama, kamu tinggal follow akun Instagram pembuatnya, di @aldisaw.

Akun Instagram @aldisaw
Akun Instagram @aldisaw (istimewa)

Kalau sudah follow, tinggal cek tab filter. Tab ini berada di bawah highlight, dan berada di sebelah kanan tab feed. Logo tab tersebut adalah emoji wajah.

Tab filter
Tab filter (istimewa)

Jika sudah berada di tab filter, selanjutnya tinggal pilih filter truth or dare. Filter ini berada di kiri atas.

Kemudian, kalau sudah masuk ke filternya, di pojok kanan bawah, ada ikon bergambar persegi dan panah ke bawah. Pilihlah tombol itu untuk memasang filter tersebut ke Instagram Story milikmu.

Pasang filter truth or dare
Pasang filter truth or dare (istimewa)

Setelah menekan tombol itu, filter tersebut otomatis sudah terpasang di Instagram Story milikmu. Kalau enggak percaya, cek saja. Di InstaStory, nantinya ada ikon  berlogo “T”, “?”, dan “D”.

Filter truth or dare sudah terpasang
Filter truth or dare sudah terpasang (istimewa)

Untuk langsung memainkan filter tersebut dengan teman, sahabat, keluarga, atau bahkan pasangan, pilihlah ikon itu.

Kok filter-nya masih belum muncul di InstaStory?

Kalau kamu sudah melakukan beberapa langkah yang saya jelaskan sebelumnya, tapi filter-nya masih belum muncul juga, mungkin ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pertama, pastikan aplikasi Instagram di smartphone-mu sudah diperbarui ke versi yang paling baru. Cek saja di PlayStore atau AppStore.

Baca tulisan menarik lainnya: Kupas Tuntas iOS 13.2: Cara Update dan Kelebihannya

Kedua, pastikan kamu sudah mem-follow akun si pembuatnya. Beberapa orang mungkin terlewat atau malah enggak mau mengikuti akun si pembuatnya tersebut.

Ketiga, kalau filternya masih belum muncul juga, mungkin smartphone atau HP milikmu harus di-restart. Kalau sudah dinyalakan ulang, coba cek ke Instagram Story, apakah filter truth or dare sudah terpasang atau belum.

One Reply to “Kami Kasih Tahu Cara Pasang Filter Truth or Dare di Instagram Story”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *