iOS 14: Kelebihan, HP iPhone yang Mendukung, dan Cara Update

iOS 14
(Sumber gambar: PCmag.com)

iOS 14, sistem operasi versi terbaru dari Apple akhirnya telah resmi dirilis pada 16 September 2020.

Sistem operasi iOS ini membawa sejumlah fitur yang diperbarui. Sejumlah fitur yang diperbarui tersebut di antaranya adalah app library, widgets, picture-in-picture mode, Siri, aplikasi translate, dan masih banyak lagi.

Dalam tulisan ini, Teknonia.com membahas mengenai beberapa fitur baru, cara update, hingga daftar HP atau smartphone iPhone yang kebagian update sistem operasi itu.

Dhimpun dari Wired.com dan PCmag.com, simak rangkumannya berikut ini:

Fitur-fitur yang diperbarui

App Library

iOS 14
(Sumber gambar: Apple)

Deretan aplikasi yang terpasang di iOS terbaru ini, kini ditempatkan dalam App Library terbaru. Aplikasi dikategorikan ke dalam kategori khusus dalam App Library tersebut, misalnya aplikasi kategori sosial, produktivitas, hingga hiburan.

Baca juga: 4 Gadget di Apple Event 2020: iPad Air 4 hingga Apple Watch 6

Ada dua kategori besar yang ditampilkan di menunya kali ini. Dua kategori itu adalah suggested dan recent apps. Suggested akan menyarankan aplikasi apa yang mungkin berikutnya akan dibuka pengguna. Kemudian, recent apps berarti aplikasi yang sering dibuka.

Menariknya, pengguna juga bisa menyembunyikan satu atau beberapa App Library yang berisi aplikasi yang jarang digunakan.

Jadi, bisa dibilang, aplikasinya tak akan tampil dalam tampilan menu biasa, yang semuanya ditempatkan dalam halaman demi halaman.

Widget

iOS 14:
(Sumber gambar: Apple)

Kini, widget di iOS terbaru bisa ditarik dan ditempatkan di home screen. Ukuran dari widget-nya pun bisa lebih besar dari ikon-ikon aplikasi. Tergantung dari masing-masing widget-nya.

Tersedia beragam widget yang fungsinya juga beda-beda. Misalnya ada widget bawaan dari sebuah aplikasi musik, yang fungsinya untuk mengganti lagu yang sedang diputar. Atau, sekadar widget penunjuk waktu.

Baca juga: Kelebihan dan Cara Update ke iOS 13.5.1

Satu widget yang menarik dari Apple adalah Smart Stack. Widget ini menggabungkan berbagai widget menjadi satu kotak berbentuk lonjong.

Fungsi dari Smart Stack pun bisa berganti-ganti secara otomatis. Misalnya saat pagi hari menampilkan rangkuman berita pagi. Lalu, di sore hari jadi kalender. Kemudian, di malam hari jadi ringkasan aktivitas kebugaran.

Picture-in-picture mode

(Sumber gambar: Apple)

Berkat fitur ini, kini pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi menjadi layar kecil atau floating screen. Sebagai contoh, pengguna bisa menonton video YouTube dalam layar berukuran kecil, yang ditempatkan di pojok layar, sembari membuka aplikasi lain, seperti aplikasi pencatat misalnya.

Jendela kecil tersebut juga bisa dipindah-pindah posisinya, misalnya ke tengah, pojok kanan atas, pojok kiri atas, atau pojok bawah. Atau, jika yang dijalankan adalah aplikasi YouTube, maka dapat di-minimize ke samping layar, namun suaranya masih terdengar.

Perubahan pada Siri

Siri, asisten virtual di perangkat Apple juga mengalami perubahan. Kini, Siri tidak akan memenuhi seluruh layar saat pengguna mengajukan pertanyaan. Sebaliknya, Siri sekarang terlihat seperti gelembung kecil di bagian bawah.

Baca juga: Kupas Tuntas iOS 13.2: Cara Update dan Kelebihannya

Selain itu, Siri sekarang juga diklaim lebih pintar. Kini, Siri bisa mengakses informasi dari seluruh web (sampai tingkat tertentu), dan dapat mengirim pesan audio di aplikasi perpesanan.

Aplikasi penerjemah

Apple kini juga memiliki aplikasi penerjemah terbaru. Aplikasi tersebut sudah mendukung mendukung 11 bahasa.

Aplikasi penerjemah terbaru ini juga semaki memudahkan pengguna untuk menerjemahkan secara langsung percakapannya.

Nah, itu dia sedikit dari banyak fitur-fitur yang diperbarui di iOS terbaru ini. Sebenarnya, masih banyak fitur-fitur lain yang diperbarui, seperti perpesanan, App Clips, Maps dan Carplay, dan masih banyak lagi. Anda dapat membacanya lebih lanjut lewat tautan atau link ini: link.

Atau, untuk mengetahui fitur-fitur barunya, Anda juga bisa menonton video di bawah ini:

iPhone yang bisa menjalankan iOS 14

Bagi Anda pengguna iPhone, mungkin sudah tak sabar ingin memperbarui sistem operasinya ke iOS versi terbaru. Namun, pastikan terlebih dulu, apakah HP iPhone Anda mendukung iOS terbaru ini.

Berikut ini adalah daftar HP iPhone yang bisa menjalankan iOS 14:

  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE (1st generation)
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPod touch (7th generation)

Cara update ke iOS 14

Ada dua pilihan mengenai pembaruan ke iOS terbaru ini. Pengguna bisa menunggu pemberitahuan lewat pop-up lalu melakukan pembaruan secara otomatis, atau bisa melakukan pembaruan secara manual.

Namun, yang paling penting sebelum memperbarui perangkat Anda ke iOS terbaru adalah, pastikan untuk back up data terlebih dulu. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, misalnya saja file di perangkat tiba-tiba terhapus.

Untuk memperbarui ke iOS terbaru, berikut adalah caranya:

(Sumber gambar: PCmag.com)
  • Pergi ke Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak dan pilih Unduh dan Instal.
  • Jika iPhone Anda memiliki kode sandi, Anda akan diminta untuk memasukkannya.
  • Setujui persyaratan Apple dan kemudian … tunggu.
  • Anda akan melihat Pembaruan Diminta di layar, yang berarti Apple telah menambahkan Anda ke antrean unduhan.

Bagi Anda yang sudah memperbarui perangkat Apple-nya ke iOS 14, yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar, di Twitter Teknonia, atau di Facebook Teknonia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *