iOS 14 Home Screen: Percantik Pakai Widgetsmith

Mempercantik iOS 14 Home Screen Pakai Widgetsmith
(Sumber gambar: 9to5mac)

iOS 14 home screen kini bisa dipercantik agar tampil lebih estetis. Hal itu menjadi tren baru semenjak sistem operasi dari Apple tersebut diperbarui.

Sejumlah warganet berlomba-lomba menampilkan home screen atau tampilan berandanya di media sosial. Tagar #iOS14homescreen pun sempat trending di Twitter.

Ada sejumlah aplikasi yang bisa digunakan agar pilihan desain widget semakin bervariasi. Namun, satu aplikasi yang direkomendasikan oleh 9to5mac adalah Widgetsmith.

Widgetsmith merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh David Smith. Dia merupakan orang di balik beberapa aplikasi populer untuk Apple Watch dan iPhone seperti Watchsmith, Sleep++, hingga Pedometer++.

Baca juga: iOS 14: Kelebihan, HP iPhone yang Mendukung, dan Cara Update

Fitur-fitur Widgetsmith untuk mempercantik iOS 14 home screen

Beragam sumber data tersedia

Ada beragam jenis sumber data yang tersedia di Widgetsmith. Pengguna bisa memilih widget ini untuk ditampilkan di home screen.

Berikut ini adalah daftar lengkap sumber data di Widgetsmith: Waktu, tanggal, custom foto, custom foto dalam album, custom blank, kalender, pengingat, cuaca, health & activity, tides, hingga astronomi.

Mempercantik iOS 14 Home Screen Pakai Widgetsmith
(Sumber gambar: 9to5mac)

Widget bisa dikustomisasi

Widgetsmith membuat penggunanya bisa secara leluasa mengkustomisasi widget yang bakal tampil di home screen. Pengguna bisa mengkustomisasi font, warna latar belakang, hingga warna tint. Selain itu, pengguna juga bisa memilih tiga ukuran widget yang tersedia, yakni kecil, sedang, dan besar.

Dalam setiap jenis data, ada berbagai opsi berbeda untuk menampilkan jenis data apapun yang Anda pilih. Tiap widget yang ditampilkan, hasilnya bisa berwarna dan estetis atau padat informasi.

Baca juga: Kelebihan dan Cara Update ke iOS 13.5.1

Bisa mengatur widget muncul di waktu-waktu tertentu saja

Di Widgetsmith, penggunanya juga bisa mengatur waktu kapan sebuah widget akan muncul dan hilang. Contoh, pengguna bisa mengatur widget mengenai “tanggal besok” muncul pada malam hari setelah penggunanya pulang kerja. Secara otomatis, widget tersebut akan muncul dalam waktu yang sudah ditentukan.

(Sumber gambar: 9to5mac)

Cara menggunakan widgetsmith untuk mempercantik iOS 14 home screen

Cara menggunakan widgetsmith ini terhitung mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan unduh terlebih dulu aplikasi Widgetsmith di AppStore. Berikut adalah tautannya: link download.
  • Jika aplikasinya sudah terpasang, silakan buka. Di dalam aplikasinya, Anda akan mendesain widget. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, Anda dapat mengkustomisasi font, warna tint, hingga warna latar belakang.
  • Setelah mendesain widget di aplikasi Widgetsmith, silakan kembali ke home screen atau beranda. Sentuh layar dan tahan lama. Pilih ikon “+” di kiri-atas layar. Pilih Widgetsmith, kemudian pilih juga ukuran dari widget yang akan ditempatkan di home screen atau tampilan beranda.
  • Setelah pengguna menambahkan ukuran Widgetsmith ke layar beranda, tekan lama, pilih “Edit Widget” dan pilih opsi “Widget” untuk memilih dari beberapa desain yang Anda buat di aplikasi Widgetsmith.
  • Di home screen, Anda bisa menambahkan widget dari Widgetsmith sebanyak yang dimau. Pengguna juga bisa menampilkan semua widget di home screen berasal dari Widget smith.

Nah itulah tips dan trik mempercantik iOS 14 home screen menggunakan aplikasi Widgetsmith. Bagaimana dengan tampilan home screen-mu? Yuk bagikan screenshot-nya di Facebook atau Twitter Teknonia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *