Galaxy Z Fold 2, HP Layar Lipat Samsung, Ini Spek & Harganya

Galaxy Z Fold 2
(Sumber gambar: Samsung)

Galaxy Z Fold 2 adalah HP atau ponsel layar lipat terbaru dari Samsung. Ponsel ini merupakan penerus dari seri sebelumnya, yaitu Galaxy Fold.

Sesuai namanya, “Fold” atau “lipat”, ponsel ini memang hadir dalam model yang tak biasa, yaitu layarnya bisa dilipat. Selain berguna untuk menghemat ruang, layar lipat itu juga membuat ponsel ini terkesan lebih futuristik dibanding ponsel-ponsel lainnya yang sudah ada di pasaran.

Karena itu, tak heran Z Fold 2 dibanderol dengan harga yang fantastis. HP ini dibanderol Rp 34 jutaan! Dengan harga seperti itu, apa saja yang bakal didapatkan oleh pembelinya?

Galaxy Z Fold 2 punya layar luar yang lebih lapang, hinge-nya juga lebih fleksibel

Galaxy Z Fold 2
(Sumber gambar: Samsung)

Dari segi desain, ponsel ini jelas memiliki penampilan yang unik. Saat dalam posisi terlipat, ukurannya menjadi lebih kecil ketimbang saat dibuka.

Saat dalam keadaan terlipat, dimensinya adalah 159.2 x 68 x 16.8 mm. Sementara itu, saat dalam terbuka, dimensinya adalah 159.2 x 128.2 x 6.9 mm.

Menariknya, kini di bagian luar HP ini ada layar yang diagonalnya luas yaitu 6,2 inci. Karena luas, layar tersebut sekarang menjadi bisa lebih dipakai (usable), ketimbang layar luar di Galaxy Fold yang hanya 4,6 inci.

Layar yang berada di luar atau cover Z Fold 2 memiliki panel Super AMOLED, resolusi HD+, refesh rate 60 Hz dan berdesain infinity-O atau ada punch-hole kecil di atasnya.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android HP Samsung di PC/Laptop

Di bagian cover sisi satunya lagi, ada tiga kamera belakang yang ditempatkan di modul atau “wadah” berbentuk persegi panjang. “Wadah” itu sedikit menonjol, dan ujung-ujungnya melengkung, mirip dengan desain kamera belakang Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Beralih ke bagian dalam, ada layar yang super luas. Layar tersebut berdiagonal 7,6 inchi dengan resolusi FHD+ dan panel Dynamic AMOLED 2x. Panel layar di bagian dalam tersebut juga dilapisi “ultra thin glass” yang diklaim lebih kuat dibanding Galaxy Fold generasi pertama.

Sama seperti layar di bagian cover, layar di dalam juga berdesain Infinity-O. Bedanya, layar ini punya refresh rate mencapai 120 Hz.

Kini, Z Fold 2 diklaim memiliki hinge atau engsel yang lebih baik ketimbang pendahulunya. Hinge ini bisa membuat layarnya terbuka dalam derajat berapapun atau lebih fleksibel, dan terkesan lebih kokoh.

Penjelasan Samsung mengenai hinge di Z Fold 2 yang lebih fleksibel (Sumber video: CNET)

Dalam situs resmi Samsung, Z Fold 2 ini tersedia dalam dua warna, yakni Mystic Bronze dan Mystic Black. Sementara itu, warna hinge-nya ternyata juga bisa dikustomisasi. Untuk hinge-nya, tersedia warna Metallic Silver, Metallic Gold, Metallic Red, hingga Metallic Blue.

Totalnya ponsel layar lipat ini punya lima kamera

(Sumber gambar: Samsung)

Jika ditotal, Z Fold 2 berarti memiliki lima kamera. Tiga kamera berada di bagian punggungnya dan ditempatkan dalam modul persegi panjang.

Sementara itu, dua kamera lagi, ditempatkan dalam punch-hole di layar. Satu di layar bagian luar atau cover. Satu lagi di layar bagian dalam.

Adapun konfigurasi kamera belakangnya adalah sebagai berikut: 12MP, f/1.8, OIS; 12MP, f/2.2, ultra-wide-angle; dan 12MP, f/2.4, telephoto.

Lalu, untuk kamera depannya berkonfigurasi sebagai berikut: 10MP, f/2.2, fixed focus (di bagian layar luar), 10MP, f/2.2, fixed focus (di layar dalam).

Baca juga: Samsung Galaxy M51, Baterai 7.000 mAh, Ini Spek & Harganya

Galaxy Z Fold 2 menggunakan SoC Snapdragon 865 Plus

(Sumber gambar: Gizmochina)

Untuk urusan performa, Samsung mempercayakan SoC Qualcomm Snapdragon 865 Plus untuk Z Fold 2 ini. SoC tersebut dipadukan dengan RAM 12GB LPDDR5 dan memori internal berkapasitas 256GB UFS 3.

Agar pengguna nyaman menggunakan ponsel layar lipat ini, Samsung telah membenamkan Android 10 sebagai sistem operasinya. OS tersebut dibalut juga dengan sistem antarmuka One UI 2.5.

Laman Kimovil telah merilis kisaran skor Antutu Bechmark v8 dari Z Fold 2. Skornya yaitu 515.090.

Baterainya berkapasitas 4.500 mAh

Untuk mendukung kinerjanya, Z Fold 2 sudah dilengkapi dengan baterai yang kapasitasnya sudah cukup, yaitu 4.500 mAh.

Baterai tersebut juga sudah didukung oleh fitur pengisian daya cepat, di antaranya adalah 25W wired fast charging, dan 11W wireless charging (tanpa kabel). Selain itu, baterai itu juga mendukung fitur reverse wireless charging.

Baca juga: Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Note 20 Series

Galaxy Z Fold 2 sudah dilengkapi NFC, dan bisa terkoneksi ke jaringan 5G

Beberapa fitur lain turut disematkan untuk membuat performa Z Fold 2 semakin maksimal. Untuk urusan konektivitas misalnya, HP ini sudah bisa terkoneksi dengan jaringan 5G.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi fitur NFC.

Nah, itulah spesifikasi dan harga dari Galaxy Z Fold 2 di Indonesia, sebuah ponsel layar lipat dari Samsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *