Fitur WhatsApp Tolak atau Terima Masuk Grup Berguna Banget

WhatsApp punya fitur baru: pengguna bisa menolak atau menerima masuk ke grup
WhatsApp punya fitur baru: pengguna bisa menolak atau menerima masuk ke grup (Pixabay)

Akhirnya WhatsApp (WA) meluncurkan fitur pilihan menolak atau menerima untuk masuk ke dalam sebuah grup, dan memilih pengguna mana saja yang bisa memasukkan kita ke dalam sebuah grup. Menurut saya, fitur itu berguna banget.

Kita tahu, selama ini (sebelum fiturnya di-update) pengguna bisa seenaknya memasukkan pengguna lain ke suatu grup. Asalkan, si pengguna itu memiliki nomor pengguna lainnya tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=9g4BQX9FMzA

Saya kadang-kadang agak jengkel juga sih saat tiba-tiba dimasukkan ke dalam sebuah grup tanpa ada persetujuan. Walaupun memang, mungkin grup itu dibuat dengan tujuan baik, misalnya adalah untuk silaturahmi.

Setelah beberapa kali akun saya tanpa ada persetujuan tiba-tiba dimasukkan ke dalam sebuah grup, saya sempat berpikir, “kok WhatsApp enggak bikin fitur persetujuan untuk masuk grup atau tidak ya.”

Dan akhirnya, fitur yang saya idam-idamkan tiba. Sepertinya, makin ke sini, WhatsApp semakin peduli dengan privasi penggunannya.

Selain fitur persetujuan terima atau tolak masuk ke dalam grup, di aplikasi perpesana instan milik Facebook itu, kini kita juga bisa menyembunyikan status milik orang lain.

Kalau sebelum di-update, walaupun kita udah nge-hide (menyembunyikan) status pengguna lain, statusnya sebenarnya masih tetap muncul di kolom “status”. Hanya saja, warnanya jadi lebih pudar dibanding status lainnya yang belum di-hide.

Nah sekarang, status WhatsApp yang sudah di-hide, benar-benar bisa disembunyikan di kolom “status”.

Oh iya, daripada berlama-lama, nih saya kasih tahu tips untuk memilih, pengguna mana saja yang bisa mengundang kita masuk ke grup atau tidak, dikutip dari TheNextWeb, Kamis 7 November 2019.

Mengaktifkan Fitur Baru WhatsApp, Bisa Memilih Menerima atau Menolak Masuk Grup

Ikon aplikasi WhatsApp
Ikon aplikasi WhatsApp (Pixabay)

Pertama, pastikan aplikasi WhatsApp di smartphone atau HP Android dan iOS-mu sudah diperbaru atau di-update ke versi terbaru.

Kalau sudah di-update, silakan pergi ke menu “setting” atau “pengaturan”. Kemudian, pilih menu “accounts” atau “akun” dan pilih lagi “privacy” atau “privasi”.

Masuk ke menu “privasi”, kamu bisa pilih “groups” atau “grup”.

Baca tulisan menarik lainnya: Kehebohan Internet Hari Ini: Instagram dan Telkomsel Down

Pilihan default dari groups ini adalah everyone atau semua orang. Artinya, semua pengguna bisa memasukkan kamu ke dalam sebuah grup WhatsApp.

Setelah “groups” dipilh, akan ada tiga opsi. Opsi ini berkaitan dengan siapa saja yang bisa memasukkan kita ke grup.

Pilihannya adalah “everyone” atau “semua orang”, “my contacts” atau “kontak saya”, dan “my contact except…” atau “kontak saya, kecuali…”.

Mengaktifkan fitur bisa memilih menerima atau menolak masuk ke grup WhatsApp
Mengaktifkan fitur bisa memilih menerima atau menolak masuk ke grup WhatsApp (Kompas.com)

Kalau kamu ingin yang bisa memasukkan ke dalam sebuah grup hanya kontak kamu saja, bisa memilih “my contacts”.

Lalu, kalau kamu ingin memilih secara spesifik siapa-siapa saja yang bisa mengundang masuk ke dalam grup, tinggal pilih saja “my contact, expect…”.

Baca tulisan menarik lainnya: Kami Kasih Tahu Cara Pasang Filter Truth Or Dare di Instagram Story

Jadi, setelah memilih opsi tersebut, kamu tinggal menentukan, siapa-siapa saja pengguna yang tak bisa memasukkan kamu ke grup WhatsApp secara tiba-tiba.

Jangan khawatir, si pengguna yang sudah kamu blokir itu masih bisa kok mengundang kamu masuk ke grup tertentu. Asalkan, pengguna itu mengirim link undangan dari admin grup WA terkait.

Setelah mendapatkan link tersebut, kamu bisa menimbang-nimbang, apakah akan menerima atau menolak untuk masuk ke dalam grup tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *