Fitur Night Mode Ternyata Bisa ‘Diterapkan’ di iPhone Lama

Smartphone iPhone keluaran lama bisa menggunakan night mode lewat aplikasi tertentu
Smartphone iPhone keluaran lama bisa menggunakan night mode lewat aplikasi tertentu (trustedreviews.com)

Satu di antara beberapa fitur yang bikin konsumen kepincut dengan iPhone 11 series adalah night mode (mode malam). Bagaimana tidak, lewat fitur tersebut, pengguna dapat memotret di tempat gelap sekalipun, lalu hasil jepretannya jadi lebih terlihat alias lebih terang.

Saya pun cukup terkesima dengan adanya fitur night mode dari iPhone 11 tersebut.

Saat iPhone seri teranyar itu di-review, beberapa tech influencer tentu saja menjajal fitur night mode tersebut. Dan hasilnya, momen saat malam hari jadi terekam secara baik.

Sejatinya, fitur night mode itu bekerja lewat kamera yang menjepret beberapa kali frame, kemudian hasil fotonya itu digabungkan secara otomatis sampai menghasilkan gambar terbaik dan terang, walaupun suasananya gelap.

Nah, buat kamu yang sudah enggak sabar mau beli iPhone 11 gara-gara fitur night mode itu, sebaiknya tahan dulu. Ternyata, ada beberapa aplikasi yang berguna banget membuat kamera di iPhone lamamu (di bawah trio iPhone 11) seolah-olah sedang menggunakan night mode.

Neural Cam

Smartphone iPhone keluaran lama bisa menggunakan night mode lewat aplikasi tertentu
Neural Cam (Product Hunt)

Aplikasi Neural Cam ini memang premium. Harganya sekitar 5 dollar AS. Tapi, fungsinya ternyata tak kalah dengan mode malam kepunyaan iPhone 11.

Cara kerja aplikasi ini pun serupa dengan mode malam tersebut. Jadi, aplikasi ini bekerja menggunakan algoritma yang menggabungkan beberapa frame, kemudian menghasilkan satu foto yang berkualitas alias terang.

Saat menggunakan aplikasi ini, kamu direkomendasikan menyimpan iPhone-mu menggunakan tripod. Pasalnya, saat memotret beberapa foto itu, Neural Cam akan bekerja selama beberapa detik atau sedikit lebih lama dibanding memotret secara biasa.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Adu Spesifikasi Black Shark 2 Pro dan Asus ROG Phone 2

Atau, kamu juga bisa memegang iPhone-mu dengan tangan saat memotret menggunakan Neural Cam. Pastikan saja, tanganmu tak terlalu banyak bergetar.

Oh iya, aplikasi Neural Cam ini, oleh laman iMore bahkan disebut sebagai pilihan terbaik di antara aplikasi iOs lain yang menawarkan fitur serupa. Saya rasa, bukan tanpa alasan iMore memberikan penilaian seperti itu, pplikasi yang bisa kompatibel dengan kamera depan dan kamera belakang ini, ternyata bisa digunakan minimal di iPhone 6.

NightCap

Smartphone iPhone keluaran lama bisa menggunakan night mode lewat aplikasi tertentu
NightCap (nightcapcamera.com)

Aplikasi yang dibanderol 3 dollar AS ini memiliki fitur yang lebih beragam dibanding Neural Cam. Selain bisa membuat foto di malam hari jadi terang, aplikasi ini juga bisa merekam video dan membuatnya menjadi time-lapse dengan kualitas 4K.

Berkat fitur 4X higher ISO with the ISO boost, pengguna bisa membuat foto di suasana rendah cahaya, menjadi lebih terang, tanpa menyisakan banyak noise.

Satu lagi, aplikasi ini menurut saya rasanya juga bakal dicintai oleh fotografer yang kerap memotret bintang (astrophotographer). Pasalnya, di NightCap tertanam fitur yang membantu agar bintang makin terlihat di foto. Fitur-fitur itu di antaranya adalah stars mode, meteor mode, hingga starts trails.

ProCam

Smartphone iPhone keluaran lama bisa menggunakan night mode lewat aplikasi tertentu
ProCam (iGeeksBlog.com)

Harga ProCam memang lebih mahal dibanding dua aplikasi yang sebelumnya saya jelaskan. ProCam dibanderol 6 dollar AS. Namun, laman iMore menyebut, aplikasi ini sebanding dengan fitur night mode di iPhone 11.

Sama seperti cara menggunakan aplikasi lainnya, tangan pengguna harus stabil saat mengambil foto via ProCam.

Cara kerja aplikasi ini adalah, mengurangi shutter speed agar sensor bisa menangkap lebih banyak cahaya. Ada empat pilihan shutter speed di aplikasi. Hasilnya, hasil fotonya akan lebih terang.

Ada juga fitur lain di aplikasi ini yang dirasa bakal berguna banget. Fitur itu di antaranya adalah long exposure shooting mode, overexposure warnings, live histograms, manual controls, focus peaking, hingga RAW.

Satu lagi fitur yang juga menurut saya akan berguna, adalah 4K video recording. Jadi, merekam video di malam hari, lewat aplikasi, akan jadi lebih terang. Kualitas videonya pun sudah 4K.

Perlu diketahui, tiga aplikasi yang saya rekomendasikan itu tersedia di App Store. Jadi, kamu enggak perlu ribet mencari di toko online lain.

Nah, jadi, setelah mengetahui beberapa aplikasi itu, kamu masih berminat membeli iPhone 11, yang harganya di Indonesia sangat fantastis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *