Duel Spesifikasi Redmi 9C Vs Realme C11, Unggul Mana?

Redmi 9C Vs Realme C11
(Sumber gambar: Xiaomi dan Realme)

Setelah dirilis, Redmi 9C langsung dibanding-bandingkan dengan Realme C11 oleh warganet. Keduanya memang merupakan HP atau ponsel di kelas entry-level.

Harga dari kedua HP ini pun sama-sama terjangkau. Redmi terbaru tersebut dibanderol Rp 1,4 juta untuk varian 3/32 GB, dan Rp 1,6 juta untuk varian 4/64 GB.

Sementara itu, C11 dibanderol Rp 1,6 juta untuk varian 2/32 GB dan Rp 1,7 untuk varian 3/32 GB.

Dalam tulisan ini, Teknonia.com akan membandingkan desain dan spesifikasi dari kedua HP ini. Manakah yang kira-kira lebih unggul?

Desain Redmi 9C dan Realme C11

Redmi 9C Vs Realme C11
(Sumber gambar: Realme dan Xiaomi)

Dari segi desain, dua HP ini nyaris serupa. Misalnya, di bagian belakangnya, baik 9C maupun C11, sama menempatkan kamera belakangnya dalam modul atau “wadah” berbentuk persegi yang ujungnya melengkung.

Untuk di bagian belakang, bedanya hanya pada aksen dan penempatan sensor sidik jari. 9c memiliki sensor sidik jari. Sedangkan C11 tak memilikinya.

Baca juga: Spesifikasi Redmi 9C di Indonesia, Baterai Besar, Warna Ceria

Kemudian, di bodi belakang C11 juga terdapat aksen garis selebar bagian 3/4 lebar kameranya, memanjang, dari kamera sampai ke bawah ke tulisan “Realme”. Sementara di 9C, tak ada aksen apa-apa, hanya ada tulisan “Redmi” di bagian bawah.

Beralih ke bagian depan, dua HP ini sama-sama menggunakan layar yang dilengkapi dengan notch atau poni. Poni yang merupakan “wadah” kamera depan tersebut ditempatkan di tengah-atas.

Adapun perbedaan lain dari dua ponsel ini adalah varian warna. C11 memiliki varian warna Mint Green dan Pepper Grey. Sementara 9C memiliki varian warna Midnight Grey, Sunrise Orang, dan Twilight.

Resolusi layar Realme C11 lebih tinggi

Redmi 9C Vs Realme C11
(Sumber gambar: Xiaomi dan Realme)

Dua ponsel ini memiliki layar yang diagonalnya nyaris sama. 9C punya layar berdiagonal 6,53 inci dengan panel IPS LCD. Pun begitu dengan C11 yang punya layar berdiagonal 6,5 inci dengan panel IPS LCD.

Perbedaan layarnya hanya pada resolusi saja, di mana C11 lebih unggul berkat resolusi Full HD. Sementara itu 9C hanya beresolusi HD Plus.

Jumlah kamera Redmi 9C lebih banyak dari Realme C11

Redmi 9C Vs Realme C11
(Sumber gambar: Realme dan Xiaomi)

Untuk urusan fotografi, ada perbedaan konfigurasi di antara Realme C11 dan Redmi 9C. C11 hanya dibekali dua kamera belakang dan satu kamera selfie, sementara 9C dilengkapi tiga kamera belakang dan satu kamera selfie.

Realme C11 punya dua kamera belakang yang mana konfigurasinya adalah 13 MP, PDAF (f/2.2) 2 MP (depth sensor) (f/2.4). Lalu, untuk kamera selfie-nya adalah 5 MP (f/2.4).

Baca juga: Spesifikasi Realme C11 dan Realme C15, Pilih Mana?

Sementara itu, Redmi 9C punya konfigurasi kamera belakang 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), PDAF; 2 MP, f/2.4, (macro); dan 2 MP, f/2.4, (depth). Lalu, di bagian depannya ada kamera selfie 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12┬Ám.

Baterainya sama-sama berkapasitas 5.000 mAh

(Sumber gambar: Priceprice.com)

Semakin ke sini, ponsel-ponsel entry-level pun memiliki kapasitas baterai yang besar. Dua HP ini juga sama-sama memiliki baterai yang kapasitasnya mumpuni.

Baik Redmi 9C maupun Realme C11, sudah dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Namun sayangnya, baterai yang diklaim bisa bertahan selama seharian penuh tersebut belum didukung oleh pengisian daya cepat.

Redmi 9C dan Realme C11 sama-sama diotaki Helio G35

Untuk urusan performa, Redmi 9C dan Realme C11 dilengkapi dengan system on chip (SoC) Helio G35. SoC dari MediaTek tersebut diklaim dirancang untuk bermain game-game mainstream.

Di Redmi 9C, Helio G35 dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB atau RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Sementara itu, di Realme C11, Helio G35 dipadukan dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB atau RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Karena menggunakan SoC yang sama, apakah performa dari dua HP ini mirip?

Menurut laman Kimovil, dua HP ini punya skor Antutu v8 yang sama, yaitu berada di kisaran 110.490. Namun tentu saja, angka itu hanya di atas kertas saja. Performa aslinya bisa berbeda, bisa terpengaruh dari berbagai macam variabel.

Baca juga: Membandingkan HP 2 Jutaan, Redmi 9 dan Realme C15

Kesimpulan

Itulah perbandingan spesifikasi dari Redmi 9C dan Realme C11.

Masing-masing ponsel tersebut punya keunggulannya masing-masing. Misalnya 9C lebih unggul dalam jumlah kamera belakang. Lalu, C11 unggul dalam hal resolusi layar.

Perbedaan harga keduanya, yang mana Redmi 9C lebih murah, juga bisa jadi pertimbangan saat calon pembeli sedang mempertimbangkan keduanya.

Nah, jika disuruh memilih di antara kedunya, Anda akan memilih yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *