Duel Spesifikasi Infinix Note 8 vs Redmi 9, Ini yang Lebih Bagus

Infinix Note 8 vs Redmi 9
(Sumber gambar: Infinix dan Xiaomi)

Infinix Note 8 dan Redmi 9 adalah dua smartphone atau HP yang menarik untuk dibandingkan. Pasalnya, selain dari chipset yang digunakan sama, harga dari kedua HP ini tak terpaut terlalu jauh.

Dua HP ini sama-sama dibanderol di kisaran Rp 2 jutaan. Infinix Note 8 varian 6/64 GB dibanderol Rp 1.999.000. Kemudian, untuk varian 6/128 GB dibanderol Rp 2.349.000.

Sementara itu, Redmi 9 varian 3/32 GB dibanderol Rp 1.799.000. Lalu, untuk varian 4/64 GB dibanderol Rp 1.999.000. Perlu diketahui, harga tersebut adalah harga yang diumumkan saat perilisannya.

Dihimpun Teknonia.com dari situs resmi Infinix dan situs resmi Xiaomi, berikut ini adalah perbedaan beberapa aspek dari Infinix Note 8 dan Redmi 9, mulai dari desain hingga spesifikasinya. Simak selengkapnya:

Baca juga: Spesifikasi Infinix Note 8, Harga Rp 2 Jutaan, Ditunjang Helio G80

Dari segi desain, Infinix Note 8 tampil lebih kekinian, Redmi 9 tampil lebih beda

Dari segi desain, dua HP ini punya kelebihan masing-masing. Infinix Note 8 punya desain yang lebih kekinian. Sementara itu, Redmi 9 punya desain yang berani beda.

Infinix Note 8 bisa disebut kekinian lantaran penempatan kamera depannya yang sudah ditempatkan dalam punch-hole atau lubang kecil saja. Alhasil, layarnya terkesan lebih modern dan lebih lapang.

Sementara itu, di bagian belakang, kameranya ditempatkan dalam bingkai berbentuk persegi panjang yang ujung-ujungnya melengkung. Bingkai kamera berwarna gelap itu ditempatkan di pojok kiri-atas. Di pojok kiri-bawah, terdapat tulisan “Infinix” yang akan terbaca jika HP-nya berada di posisi landscape.

Bodi belakang HP Infinix Note 8 juga tampil menarik. Untuk beberapa varian warna, bodi belakangnya memiliki efek garis-garis diagonal. Lalu, untuk varian warna lainnya, bodi belakangnya punya gradasi warna yang menarik perhatian.

Ada tiga varian warna yang tersedia di Indonesia, yaitu Deepsea Luster, Iceland Fantasy, dan Silver Diamond.

Infinix Note 8 vs Redmi 9
(Sumber gambar: infinix)

Adapun yang membuat desain dari Redmi 9 berbeda adalah desain bodi belakangnya. Saat ini, kebanyakan smartphone punya kamera belakang yang ditempatkan di bingkai persegi yang posisinya berada di pojok kiri-atas.

Namun, pada Redmi 9 ini kita bisa melihat, kamera belakang serta sensor sidik jarinya berada dalam bingkai persegi panjang vertikal di tengah. Di sekitar bingkai itu, terdapat aksen yang bentuknya melingkar.

Di bagian bawah, terdapat tulisan “Redmi” yang langsung terbaca begitu HP-nya berada dalam posisi vertikal. Bodi belakang Redmi 9 ini tak punya efek yang menarik mencolok, seperti gradasi warna.

Sayangnya, di bagian depan, kamera selfie-nya masih ditempatkan di notch atau poni. Poni tersebut berbentuk tetesan air atau waterdrop notch.

Redmi 9 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Carbon Grey, Ocean Green, dan Sunset Purple.

Baca juga: Adu Spesifikasi Infinix Hot 10 vs Redmi 9, Gaming Oke Mana?

Infinix Note 8 punya diagonal layar lebih lapang, Redmi 9 punya resolusi lebih tinggi

Dari segi spesifikasi layar pun, dua HP ini pun punya keunggulan masing-masing. Misalnya Infinix Note 8 punya layar berpanel IPS LCD yang diagonalnya mencapai 6,95 inci. Diagonal tersebut jelas sangat lapang, mengingat saat ini HP yang dirilis kebanyakan punya diagonal layar di kisaran 6,3-6,7 inci.

Sementara itu, Redmi 9 dilengkapi layar IPS LCD berdiagonal 6,53 inci. Sebenarnya, diagonal layar itu pun sudah terhitung lapang. Namun tentu saja, luasnya kalah jauh dari Infinix Note 8.

Redmi 9 justru unggul dari segi resolusi layarnya. Redmi 9 punya layar dengan resolusi FHD+, 2340 x 1080. Sedangkan, resolusi layar di Infinix Note 8 hanya HD+, 720X1640.

Infinix Note 8 dan Redmi 9 punya performa mirip-mirip

(Sumber gambar: MediaTek)

Mari beralih ke sektor dapur pacu. Dua HP ini ternyata punya chipset yang sama, yaitu MediaTek Helio G80. Seperti diketahui, chipset itu diklaim sebagai chipset gaming yang diperuntukkan smartphone murah.

Pada Infinix Note 8, chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 atau 128 GB. Sistem operasi yang terpasang adalah Android 10.

Untuk menunjang kinerjanya, baterai yang terpasang kapasitasnya mencapai 5.200 mAh. Baterai itu sudah didukung fitur pengisian daya cepat atau fast charging 18 Watt dengan port USB Type-C.

Sementara itu, chipset Helio G80 pada Redmi 9 dipadukan dengan pilihan RAM 3 atau 4 GB dan memori internal 32 atau 64 GB. Lalu, sistem operasi yang dipakai adalah Android 10.

Baca juga: Spesifikasi Infinix Hot 10, Rp 1,7 Jutaan, Andalkan Helio G70

Untuk mendukung kinerjanya, baterai yang terpasang di Redmi 9 berkapasitas 5.200 mAh. Baterai itu juga sudah didukung fitur pengisian daya cepat 18 Watt dengan port USB Type-C.

Menurut keterangan di laman Kimovil, Infinix Note 8 dengan varian 6/128 GB, memiliki skor Antutu v8 mencapai 203.000. Sedangkan, Redmi 9 mendapatkan skor 203.078.

Berdasarkan keterangan di atas kertas, dua HP itu memiliki performa yang mirip. Lantas, bagaimana dengan performa gaming dari dua HP ini?

Channel YouTube StepGeekTV Online telah melakukan tes gaming pada Infinix Note 8. Hasilnya, game PUBG Mobile dapat dimainkan dalam settingan grafis dan frame rate smooth-ultra, medium-ultra, dan HD-high.

Sementara itu, menurut channel YouTube Jagat Review, Redmi 9 juga dapat memainkan PUBG Mobile dalam settingan grafis dan frame rate smooth-ultra.

Jumlah kamera di Infinix Note 8 lebih banyak

Untuk keperluan memotret, dua HP ini sama-sama dibekali empat kamera belakang. Infinix Note 8 dilengkapi dua kamera depan dan empat kamera belakang. Sedangkan, Redmi 9 dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Untuk Infinix Note 8, kamera depan yang ditempatkan di dual punch-hole-nya beresolusi 16 megapiksel ditambah lensa portrait. Sementara itu, di bagian belakang ada kamera utama 64 megapiksel, lensa portrait, lensa makro, dan lensa AI dengan quad-flash light.

Seentara itu, kamera belakang di Redmi 9 adalah wide 13 MP (f/2.2), ultrawide 8 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4), depth sensor 2 MP (f/2.4). Lalu, di bagian depan ada kamera 8 MP (f/2.4).

Jika melihat jumlah kamera dan resolusi yang ditawarkan, Infinix Note 8 lebih unggul daripada Redmi 9. Namun tentu saja, pengujian kamera secara langsung perlu dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih baik untuk urusan memotret.

Baca juga: Sama-sama HP Murah, Apa Beda Redmi 9C dan Redmi 9A?

Kesimpulan

Secara umum, dua HP ini punya performa yang mirip-mirip. Namun, berdasarkan spesifikasi yang sudah dipaparkan sebelumnya, baik Infinix Note 8 atau Redmi 9 punya keunggulan masing-masing.

Infinix Note 8 punya keunggulan dalam hal desain yang lebih kekinian, diagonal layar yang lapang, pilihan RAM dan memori internal yang lebih besar, hingga jumlah kamera lebih banyak dan resolusi kamera yang lebih tinggi.

Sementara itu, Redmi 9 lebih unggul dalam hal desainnya yang berani tampil beda, resolusi layar yang lebih tinggi, hingga tersedianya varian murah yang harganya dibanderol di bawah Rp 2 juta saja.

Infinix Note 8 vs Redmi 9
(Sumber gambar: Xiaomi)

Rincian spesifikasi Infinix Note 8 dan Redmi 9

Infinix Note 8

  • Chipset: Mediatek Helio G80
  • Kamera depan: 16MP+Portrait Lens
  • Kamera belakang: 64M/A + Portrait Lens + Macro Lens + AI Lens with Quad-Flash Light
  • RAM: 6 GB
  • Memori internal: 64 atau 128GB (bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD)
  • Layar: 6.95 inci, IPS LCD, HD+ 720*1640
  • Baterai: 5200mAh, fast charging 18 Watt
  • Sistem operasi: Android 10

Redmi 9

  • Chipset: Mediatek Helio G80
  • Kamera depan: 8 MP
  • Kamera belakang: wide 13 MP,
    ultrawide 8 MP, makro 5 MP, depth sensor 2 MP
  • RAM: 3 atau GB
  • Memori internal: 32 atau 64 GB (bisa diperluas hingga 512 GB menggunakan microSD)
  • Layar: 6,53 inci, resolusi FHD (2340 x 1080)
  • Baterai: 5020 mAh, fast charging 18 watt
  • Sistem operasi: Android 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *