Desain Huawei Mate 30 Pro Canggih, Spesifikasinya Gimana?

Harga dan spesifikasi Huawei Mate 30 Pro
Harga dan spesifikasi Huawei Mate 30 Pro (Huawei)

Desain yang ciamik, begitulah kesan yang muncul di benak saya saat melihat Huawei Mate 30 Pro.

Lebih lanjut lagi, smartphone flagship buatan pabrikan asal Tiongkok ini memiliki kesan yang canggih. Kesan canggih ini muncul berkat tampilan layar dan desain kamera belakangnya.

Jika pada umumnya, smartphone yang saat ini tren masih menggunakan pinggiran atau bezel walaupun tipis, maka berbeda dengan smartphone Huawei ini. Di bagian depan, di sisi kiri dan kananya, terlihat tak ada bezel atau pinggiran.

Smartphone itu terkesan tak memiliki bezel di kiri dan kanannya karena memang tipe dan desain layar yang diusung. Huawei dalam laman resminya menyebut desain layar tersebut sebagai endless screen.

Layarnya memang melebar dan melengkung hampir ke bagian bawahnya. Huawei menyebut, layar ultra-melengkung dengan kurva ultra 88 derajat itu menawarkan area yang lebih luas untuk interaksi.

Baca tulisan menarik lainnya: Fitur WhatsApp Tolak atau Terima Grup Berguna Banget

Pertanyaannya, kalau layarnya melengkung sampai ke sisian bodinya, ada di mana tombol-tombol fisik seperti tombol untuk mengatur volumenya?

Rupanya, tombol fisik itu digantikan oleh tombol virtual yang berada di layar. Tombol virtual itu juga bisa digunakan jadi tombol tambahan saat bermain game. Jadi, gamers bisa menggunakan empat jarinya saat memainkan game yang mendukung seperti PUBG Mobile.

“Anda dapat menyesuaikan volume secara alami atau menikmati kontrol permainan empat jari dengan interaksi sisi-sentuh yang inovatif ini,” tulis Huawei.

Notch yang ‘Menghalangi’

Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro (Huawei)

Masih di bagian depan, Huawei Mate 30 Pro walaupun memiliki layar yang lapang karena desain melengkungnya, ternyata masih ada sedikit ‘penghalang’ kelapangannya itu. Penghalang yang dimaksud adalah notch atau poni.

Notch itu terkesan ‘menghalangi’ karena desainnya yang melebar. Rupanya, di notch tersebut terdapat sensor pendeteksi gestur gerakan tangan di udara untuk mengontrol beberapa fungsi ponsel.

Di notch tersebut, tentu saja terdapat kamera depan. Kamera tersebut beresolusi 32 megapiksel.

Kemungkinan, desain notch itu tetap dipertahankan untuk menambah kesan agar desain bagian depannya tak ‘monoton’ karena terlihat hanya ada layar saja. Tapi, menurut saya, alangkah lebih baik lagi kalau notch itu dihilangkan.

Kamera depan mungkin bisa ditempatkan di dalam modul pop-up atau ditempatkan berada di bawah layar seperti punya OPPO.

Modul Kamera Belakang yang Unik

Desain kamera belakang Huawei Mate 30 Pro
Desain kamera belakang Huawei Mate 30 Pro (Huawei)

Huawei Mate 30 Pro sepertinya jadi smartphone yang berani tampil beda, terutama dari segi desain kamera belakangnya.

Sebelumnya, smartphone yang berani menampilkan desain kamera belakang yang beda adalah seri iPhone 11 Pro dan Pro Max. Namun, desain kamera belakang iPhone terbaru ini mendapatkan banyak cibiran dan malah dijadikan bahan meme.

Nah, kini, desain kamera belakang smarphone flagship Huawei ini juga berbeda dari smartphone pada umumnya.

Jika biasanya tiga atau empat kamera belakang ditempatkan berjejer ke samping atau menumpuk ke bawah, empat kamera belakang smartphone Huawei ini ditempatkan dalam sebuah modul berbentuk bulat.

Adapun rangkaian kamera Huawei Mate 30 Pro ini terdiri dari kamera wide 40 MP (f/1.6, 27mm, OIS) Super Sensing, kamera ultra wide Cine 40 MP (f/1.8, 18mm) SuperSensing camera, kamera telephoto 8 MP (f/2.4, 80 mm, OIS) dengan 3x optical zoom, dan kamera 3D ToF.

Sektor Dapur Pacu

Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro (Huawei)

Tak lengkap rasanya kalau membahas sebuah smartphone flagship tapi tak menilik sektor dapur pacunya.

Smartphone ini ternyata dipersenjatai prosesor Kirin 990. Spesifikasi CPU-nya adalah 2x Cortex-A76 Based 2.86GHz + 2x Cortex-A76 Based 2.09GHz + 4x Cortex-A55 1.86GHz.

“Kirin 990 telah meraih peningkatan signifikan dalam kinerja keseluruhan dan efisiensi energi. Kecepatan tinggi, latensi rendah, waktu penggunaan yang lama dan kemampuan pemrosesan gambar yang kuat semuanya dapat dinikmati,” tulis Huawei di laman resminya.

Baca tulisan menarik lainnya: Kehebohan Internet Hari Ini: Telkomsel dan Instagram Down

Prosesor tersebut didukung oleh RAM sebesar 8GB dan media penyimpanan 256GB. Lalu, untuk urusan dayanya, smartphone ini dilengkapi baterai 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 40W (wired), 27W (wireless), dan wireless reverse charging.

Dengan semua spesifikasi yang telah saya jelaskan sebelumnya, berapa harga Huawei Mate 30 Pro. Pada saat diperkenalkan pertama kali di Munich, Jerman, Kamis 19 September 2019, smartphone dibanderol 1.099 Euro atau setara Rp 17 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *