Deretan Aplikasi HP yang Berguna Banget Saat Liburan

Aplikasi HP untuk liburan
Ilustrasi liburan (sumber: Pixabay)

Masa liburan tahun baru 2020 telah tiba, salah satu hal penting yang menurut saya harus dipersiapkan adalah aplikasi atau app di smartphone atau HP. Ya, saat ini app di smartphone bakal sangat membantu kamu dalam perjalanan dan selama berwisata.

Bukan cuma sekadar hiburan saja, app juga bisa berguna buat kelancaran liburan kamu di daerah yang belum terlalu dipahami banget. Jadi, kamu enggak bakal repot mencari destinasi wisata, tempat kulineran, sampai mencari penginapan terdekat.

Jadi, app ini bakal membuat liburanmu lebih berkualitas. Langsung saja, di tulisan kali ini, saya akan rekomendasikan beberapa aplikasi yang bakal berguna banget saat kamu berwisata

Booking Hotel

Aplikasi berguna untuk liburan
Ilustrasi hotel (sumber: Pixabay)

Rasanya kurang pas kalau liburan cuma sehari saja alias bolak-balik. Kecuali memang kalau kamu enggak terlalu punya banyak waktu.

Nah, kalau liburan lebih dari sehari, tentu saja hal yang perlu dipersiapkan adalah di mana kalian tidur. Kalau punya saudara enak sih, kamu bisa menginap di rumahnya.

Kalau enggak punya saudara, tentu kamu harus cari penginapan atau hotel. Tapi, di masa liburan, mencari hotel secara langsung itu bakal susah banget. Selain menghabiskan waktu, belum tentu hotel yang disambangi juga kosong.

Karena itu, salah satu solusinya adalah dengan cara menggunakan aplikasi booking hotel. Sudah banyak sekali hotel di kota-kota besar yang bekerja sama dengan perusahaan app tersebut.

Baca tulisan menarik lainnya: Samsung Galaxy Fold, HP Layar Lipat Buat Siapa?

Nah, biasanya, lewat app tersebut, kamu bisa melihat harga, ketersediaan kamar, sampai fasilitas hotel dan penginapannya. Jadi, selagi dalam perjalanan, kamu bisa mencari-cari hotel yang pas. Namun alangkah baiknya kalah mencari hotel jauh-jauh hari sebelum waktu liburanmu.

Aplikasi booking hotel yang saya rekomendasikan adalah OYO dan RedDoorz. Saya lihat, banyak hotel-hotel, terutama di kota besar yang sudah bekerjasama dengan dua perusahaan tersebut.

Referensi Kuliner dan Destinasi Wisata

Aplikasi HP untuk liburan
Ilustrasi kuliner (sumber: Pixabay)

Siapapun enggak bakal mau datang ke tempat wisata yang enggak menarik atau tempat kulineran yang enggak enak. Karena itu, salah satu solusinya, kamu harus cari banyak referensi soal tempat wisata dan kuliner yang akan disambangi.

Kalau punya teman atau saudara yang sudah berkunjung ke tempat-tempat yang mau kamu sambangi sih enak. Nantinya kamu bakal dapat referensi secara langsung berdasarkan pengalaman.

Nah, kalau tempat wisata atau tempat kulinerannya benar-benar belum kamu tahu banget, maka salah satu solusinya adalah bisa mencari referensi di aplikasi review atau yang membahas wisata.

Misalnya, di PlayStore ada aplikasi liburan TravelingYuk dan PergiKuliner. Nantinya, di aplikasi itu bakal ada pembahasan dan foto lengkap si tempat wisata atau tempat kulinernya.

Saya sarankan, kalau mau mencari referensi wisata atau kuliner jangan lewat YouTube deh. Saat ini, sebagian kreator di YouTube lebih mementingkan bagaimana caranya videonya bisa trending tapi lupa sama substansi atau isi videonya bermanfaat atau enggak.

Jadi, lebih baik kamu cari referensi soal tempat wisata dan kuliner lewat tulisan saja.

Aplikasi Hiburan

Ilustrasi aplikasi liburan (sumber: Pixabay)

Percaya deh, selama perjalanan pasti kamu bakal mengalami yang namanya bosan. Apalagi perjalanannya jauh dan kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus.

Solusinya, kamu bisa mempersiapkan app hiburan di smartphone. Jenis app ini ada beragam, ada streaming musik, streaming video, sampai game.

Nah, untuk game, sebaiknya pilih game casual yang ringan tapi seru. Kalau bisa, pilihlah game yang bisa dimainkan secara portrait, biar kamu enggak ribet harus memainkan dengan kedua tangan.

Kemudian, usahakan game yang dimainkan adalah game offline. Pasalnya, belum tentu selama perjalanan HP kamu bakal terus-terusan mendapatkan sinyal yang bagus.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Cara Posting Banyak Foto di 1 Instastory (Layout)

Satu lagi, disarankan jangan memainkan game yang durasinya terlalu lama, misal seperti Mobile Legend atau PUBG Mobile yang bisa memakan waktu 20-40 menit. 

Usahakan bermain game yang hanya membutuhkan waktu 2-5 menit saja. Atau, lebih bagus lagi game yang bisa di-save progress-nya kapan saja.

Sementara itu, untuk streaming musik atau video, usahakan file musik atau videonya kamu download lebih dulu, jadi bisa ditonton secara offline.

Spotify dan app YouTube sudah punya fitur untuk men-download terlebih dahulu musik dan video untuk diputar setelahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *