Daftar Smartphone (HP) yang Bakal Tak Bisa Pakai WhatsApp

Ada beberapa sistem operasi yang bakal tak bisa gunakan lagi WhatsApp
Ada beberapa sistem operasi yang bakal tak bisa gunakan lagi WhatsApp (Sumber: Pixabay)

Ada kabar terbaru dari WhatsApp (WA) terkait dukungan aplikasi perpesanan instan tersebut untuk sejumlah smartphone. Ternyata, aplikasi yang dimiliki Facebook itu bakal tak lagi mendukung beberapa sistem operasi tertentu di smartphone atau HP per Desember 2019 dan Februari 2020.

Informasi mengenai WhatsApp itu sudah beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir ini. Awalnya, berita tersebut tertulis di blog resminya.

WhatsApp menyebut, beberapa sistem operasi yang bakal tak bisa menggunakan WA itu tak menawarkan kemampuan yang dibutuhkan. Mereka menyebut, akan memperluas fitur aplikasinya di masa depan.

Tentu saja, apa yang dilakukan WA menurut saya adalah hal yang masuk akal.

Saat ini, perkembangan OS atau teknologi di smartphone begitu cepat. Jarak atau gap antara OS versi terdahulu dengan versi terbaru sangat jauh, terutama dari segi teknologi.

Baca tulisan menarik lainnya: Panduan atau Tips Pintar Membeli Smartphone Alias HP

Untuk tetap eksis dan membuat penggunanya tak berpaling ke aplikasi lain yang sejenis, tentu saja WA harus terus memperbarui fitur menjadi lebih baik. Fitur baru yang dirilis pun harus menyesuaikan dengan kemampuan termutakhir sistem operasi atau OS terbaru.

Rasanya tak mungkin kalau WA harus memprioritaskan pengguna smartphone dengan OS versi lama. Mengingat, jumlah pengguna HP OS versi lama pun makin lama makin berkurang.

Selain itu, rasanya juga tak mungkin smartphone yang memiliki OS versi terdahulu sanggup menjalankan fitur terbaru WhatsApp yang makin ke sini makin canggih.

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (Sumber: Pixabay)

Nah, buat kamu yang memiliki sistem operasi terdahulu yang bakal tak lagi bisa menggunakan WA, pihak WhatsApp sudah memberi saran.

“Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler yang terpengaruh ini, kami sarankan untuk memutakhirkan ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru untuk terus menggunakan WhatsApp,” tulis WA dikutip dari CNN.

Berikut adalah sistem operasi yang bakal tak lagi didukung WhatsApp:

Android Versi 2.3.7

Ilustrasi smartphone Android (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi smartphone Android (Sumber: Pixabay)

Per 1 Februari 2020, smarthone dengan sistem operasi Android 2.3.7 atau “Gingerbread” dan versi lebih lama, bakal tak bisa menggunakan WA.

Masuk akal kenapa WA tak lagi memberikan dukungan untuk OS itu. Pasalnya, penggunanya juga sudah sangat sedikit.

Berdasarkan data terbaru dari Google, dari keseluruhan pengguna Android, hanya 0,3 persennya saja yang menggunakan Android 2.3.7.

Bagi kamu pengguna smartphone Android, pihak WA menyarankan agar menggunakan smartphone Android OS 4.0.

iOS 7

Ilustrasi smartphone iPhone
Ilustrasi smartphone iPhone (Sumber: Pixabay)

Sudah kita ketahui, aplikasi WhatsApp juga digandrungi pengguna iPhone di Indonesia. Sayangnya, untuk iPhone 4 atau yang menggunakan iOS 7, bakal tak lagi bisa menggunakan WA.

Kebijakan ini berlaku efektif per 1 Februari 2020. Jadi, buat kamu pengguna iPhone, sebaiknya upgrade smartphone kamu ke iPhone dengan iOS 8 ke atas.

Baca tulisan menarik lainnya: Cara Membuat Kolase Foto Best Nine Instagram 2019

Sama seperti Android 2.3.7, pengguna iPhone 4 ternyata hanya tinggal sedikit. Pengguna iOS 10 ke bawah saja saja hanya 5 persen dari keseluruhan pengguna iPhone.

Windows Phone atau Windows 10 Mobile

Ilustrasi Windows Phone
Ilustrasi Windows Phone (Sumber: Pixabay)

Nah, kebijakan penghentian dukungan untuk Windows Phone belaku lebih awal. Tepatnya, WhatsApp bakal menghentikan dukungannya per 31 Desember 2019.

Berbeda dengan Android dan iOS, pihak WA justru bakal tak lagi mendukung semua versi OS Windows Mobile.

Keputusan WhatsApp ini sebenarnya menurut saya juga wajar. Mengingat OS Windows Mobile memang telah ditinggalkan oleh pihak Microsoft sejak akhir 2017. Pihak Windows bahkan sudah menyarankan pengguna Windows Phone beralih ke iOS atau Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *