Daftar Aplikasi Chat Selain WhatsApp, Lebih Aman dan Privat!

Aplikasi chat selain WhatsApp
Aplikasi chat selain WhatsApp (Sumber gambar: Signal dan Threema)

Aplikasi chat selain WhatsApp (WA) kini banyak dicari pengguna smartphone atau HP. Bukan tanpa alasan hal itu terjadi, pada awal 2021 ini WhatsApp memang mengeluarkan kebijakan privasi baru.

Satu di antara beberapa poin dalam kebijakan privasi baru itu adalah, pengguna kini harus rela membagikan datanya ke Facebook selaku perusahaan induk WhatsApp. Hal itulah yang membuat pengguna WA khawatir akan privasi dan keamanan aplikasi chat tersebut.

Kini, aplikasi WhatsApp bahkan disebut-sebut mulai ditinggalkan sejumlah penggunanya. Dimuat dalam Kompas.com, Firma riset Sensor Tower melaporkan, jumlah unduhan WhatsApp dalam tujuh hari pertama 2021 mengalami penurunan sebesar 11 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Apakah Anda termasuk pengguna yang ingin menghapus WhatsApp dan berganti ke aplikasi lain? Dihimpun Teknonia.com dari vpnmentor.com, berikut ini adalah beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yang diklaim lebih aman.

Telegram

Aplikasi chat selain WhatsApp  - Telegram
Telegram (Sumber gambar: Telegram)

Aplikasi yang satu ini rasanya menjadi alternatif pengganti WhatsApp yang paling populer.

Akibat adanya kebijakan privasi baru WhatsApp, Telegram bahkan kebanjiran pendaftar akun baru. Masih menurut Sensor Tower, dalam dua hari pada pekan pertama Januari 2021, Telegram telah diunduh lebih dari 2,2 juta pengguna di PlayStore dan App Store.

Dari segi keamanan dan privasi, Telegram memiliki end-to-end encryption untuk panggilan suara, guna memastikan bahwa tidak ada yang bisa mendengarkan panggilan Anda.

Baca juga: Telegram atau Signal? Ini Aplikasi Chat Terbaik Alternatif WA

Namun, enkripsi untuk pesan perlu dihidupkan secara manual. Selain itu, Telegram membuat enkripsi standar sendiri yang telah dikritik oleh beberapa pihak.

Aplikasi berbasis cloud ini bisa diunduh di berbagai platform. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti misalnya fitur untuk secara otomatis menghapus setelah waktu tertentu, file sharing multimedia, channel, dan grup yang muat sampai 200 anggota.

Signal

Signal (Sumber gambar: Signal)

Berikutnya, ada aplikasi Signal. Aplikasi ini juga gratis.

Untuk urusan keamanan dan privasi, Signal memiliki enkripsi yang kuat. Setiap pesan dienkripsi, jadi hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya. Pesan sama sekali tidak dapat dibaca oleh peretas (hacker).

Baca juga: Kebijakan Privasi Baru WhatsApp 2021, Hal Ini Wajib Diketahui

Adapun Signal menggunakan enkripsi sumber terbuka (open source), yang memungkinkan para ahli untuk mengujinya dan menemukan bug. Ini membuat aplikasi menjadi lebih aman.

Fitur lain yang tak kalah keren dari Signal adalah panggilan suara, panggilan video, hingga pesan yang terhapus otomatis. Sayanya, Signal tidak memiliki emoji animasi. Namun, pengguna dapat mengimpor emoji dari perangkatnya ke dalam aplikasi.

Wire

Wire (Sumber gambar: Wire)

Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, Wire juga memiliki end-to-end encryption. Lebih baik lagi, Wire dilindungi oleh undang-undang retensi data Eropa.

Wire memang gratis, namun ada beberapa fitur yang tak bisa diakses. Untuk bisa mengakses fitur tersebut, pengguna harus membeli paket bisnis berbayar.

Baca juga: Cara Mencari Status WhatsApp Teman, Tak Perlu Repot Scroll

Beberapa fitur Wire di antaranya berbagi layar grup, mendukung berbagi file multimedia dan penyaringan audio, pengguna dapat masuk ke akunnya dari delapan perangkat yang disinkronkan, hingga adanya timer untuk menghapus pesan secara otomatis.

Threema

Threema (Sumber gambar: Threema)

Aplikasi ini berbayar. Namun, fitur keamanan yang tersedia terbilang lengkap.

Daftar kontak dan informasi grup hanya disimpan di ponsel pengguna, bukan di aplikasi. Pesan dihapus segera setelah dikirimkan.

Selain itu, pengguna dapat terhubung dengan orang-orang menggunakan ID Threema 8 digit alih-alih nomor telepon. Tentu saja hal tersebut dapat melindungi privasi pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memverifikasi kontak dengan kode QR unik.

Baca juga: Cara Mengatur Penyimpanan Data WhatsApp Via Storage Management

Threema menyediakan end-to-end encryption untuk semua jenis pesan, termasuk teks, panggilan suara, file bersama, dan obrolan grup. Threema bahkan mengenkripsi pesan status pengguna sehingga tidak ada yang dapat melacak apa yang pengguna posting. Pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang dituju.

Fitur lain soal privasi dan keamanan adalah, aplikasi ini dapat menyembunyikan obrolan tertentu dan melindunginya dengan kata sandi.

Demikianlah rangkuman beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yang diklaim lebih aman dan privat. Namun perlu ditekankan, sebelum mengunduh satu di antara beberapa aplikasi tersebut, sebagai pengguna yang bijak Anda harus tetap membaca secara teliti aturan dan kebijakan privasi penggunanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *