Cara Rapat Online via Facebook Messenger Rooms

Cara Rapat Online via Facebook Messenger Rooms
Ilustrasi Facebook (Sumber gambar: Pixabay)

Facebook Messenger Rooms dapat dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai platform buat rapat online atau video conference. Sejatinya, fitur ini sudah diluncurkan sejak April 2020 lalu.

Pada masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini, platform atau aplikasi video conference memang semakin populer. Hal ini dipicu akibat adanya kebijakan bekerja dari rumah (work from home).

Selama masa work from home, beberapa kegiatan yang tadinya dilakukan secara langsung di kantor, kini dianjurkan dilakukan di rumah via online. Kegiatan rapat pun begitu, dilaksanakan menggunakan perangkat laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Platform Facebook Messenger Rooms ini memiliki beberapa fitur unggulan. FItur itu misalnya kemudahan dalam penggunaannya.

Menurut laman resmi FB, untuk memulai video conference via Rooms, pengguna cukup membuka Messenger (pesan) di Facebook dan mengundang partisipan. Sementara itu, partisipan yang diundang tak perlu mendaftar dulu di FB, mereka tinggal join atau bergabung saja (mirip seperti fitur zoom).

Baca juga tulisan menarik lainnya: Cara Video Call Grup di Instagram, Yuk ‘Nongkrong’ Online

Jika sudah membuat rooms, pengguna bisa langsung membagikannya di beberapa tempat. Misalnya dibagikan di feed, di grup, atau pada event.

Jadi jika salah satu teman Facebook-mu membuat sebuah rooms, kamu akan melihatnya muncul di feed atau beranda. Sementara itu, si pembuat rooms bisa mengatur apakah rooms yang dibuatnya dikunci dan dibatasi pada beberapa pengguna tertentu saja.

Perangkat yang digunakan pun tak hanya terbatas pada laptop saja. Pengguna bisa memakai tablet hingga smartphone untuk bisa video conference di Rooms.

Kerennya, partisipan yang bisa ikut video conference ini maksimal bisa sampai 50 orang. Durasi video conference-nya juga tak ada batasan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai video conference via Facebook Messenger Rooms:

  1. Silakan buka messenger.
  2. Pilih “people” di kanan bawah layar.
  3. Setelah itu, pilih “create room”.
  4. Berikutnya, kamu tinggal pilih siapa yang diajak bergabung.
  5. Kamu juga masih bisa membagikan rooms tersebut dengan orang yang tak memiliki akun Facebook via link atau tautan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *