Cara Mute Chat WhatsApp Selamanya, WA Grup atau Personal

Mute Chat WhatsApp Selamanya
(Sumber gambar: akun Twitter resmi WhatsApp)

Fitur mute chat WhatsApp selamanya kini sudah tersedia dan bisa digunakan. Sebelumnya, WhatsApp sempat menguji fitur tersebut dalam versi betanya. Kini, fitur itu sudah tersedia dalam versi yang lebih stabil.

Saat ini, WhatsApp atau WA memang merupakan aplikasi chat paling populer di Indonesia. Fiturnya beragam, mulai dari chat, membuat grup, panggilan suara, panggilan video, hingga berkirim file.

Makanya, tak heran WhatsApp sekarang tak hanya digunakan untuk berkirim chat dengan teman saja. Aplikasi milik Facebook tersebut kini juga digunakan untuk keperluan koordinasi pekerjaan, hingga untuk berhubungan dengan rekan bisnis.

Baca juga: Tutorial Format Chat WhatsApp Jadi Bold, Miring, Tercoret

Namun, terkadang notifikasi di WhatsApp yang terlalu sering muncul malah kerap menganggu konsentrasi kita ketika sedang mengerjakan sesuatu. Bahkan, notifikasi tersebut kerap mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan.

Rasanya, untuk mematikan notifikasi aplikasi WhatsApp secara keseluruhan jadi kurang bijak. Pasalnya, bukan tidak mungkin ada panggilan darurat datang ke WhatsApp kita, entah itu soal pekerjaan atau soal keluarga.

(Sumber gambar: Pixabay)

Untuk mengurangi notifikasi yang terlalu sering, solusinya adalah mute notifikasi dari beberapa chat tertentu saja yang dirasa kurang mendesak. Daripada harus keluar dari grup yang isi pembahasannya ngalor-ngidul, kita biasanya lebih pilih untuk mute notifikasi grup itu saja.

Nah, kini fitur mematikan atau mute chat terbaru ini bisa jadi solusi terbaik.

Dihimpun Teknonia.com dari Gadget360, sebelumnya akun Twitter resmi WhatsApp pernah mengunggah sebuah foto tangkapan layar yang memperlihatkan opsi untuk mute chat. Dari gambar tersebut, terlihat ada opsi untuk mute chat selama “8 jam”, “1 minggu”, dan “selamanya”.

Baca juga: Cara Hilangkan Status Online WhatsApp Terakhir (Last Seen)

Perlu diketahui, sebelumnya fitur mute chat di WhatsApp pilihannya adalah “8 jam”, “1 minggu”, dan “1 tahun”. Jadi, pilihan “selamanya” adalah yang menggantikan pilihan “1 tahun”.

Kini, pilihan durasi mute chat dalam foto tangkapan layar yang diunggah di akun Twitter resmi WhatsApp tersebut benar-benar jadi kenyataan. Fitur itu tersedia untuk WhatsApp di HP Android atau iOS.

Bagaimana cara menggunakanya? Berikut adalah cara mute chat WhatsApp selamanya:

  1. Pertama, pastikan aplikasi WhatsApp yang terpasang di HP atau smartphone Anda sudah diperbarui. Jika belum, silakan perbarui ke versi teranyar. Ini tautan atau link-nya: PlayStore | AppStore.
  2. Jika sudah diperbarui, silakan buka aplikasi WhatsApp-nya.
  3. Setelah itu, silakan buka chat yang akan di-mute notifikasinya. Anda dapat mute chat grup atau personal.
  4. Saat sudah masuk ke kolom chat, di pojok kanan atas ada tanda tiga titik berderet vertikal, tekan ikon tersebut.
  5. Setelahnya, akan muncul pilihan menu “mute” atau “bisukan” dalam Bahasa Indonesianya. Pilih opsi “always” atau “selamanya”.

Baca juga: Menggunakan Dua Akun WhatsApp di Satu HP Android

Cara lain:

  1. Ketika sudah masuk ke menu awal WhatsApp, tinggal tekan dan tahan salah satu chat, baik itu grup atau personal.
  2. Setelah itu, di bagian atas layar, akan muncul ikon bergambar speaker yang dicoret garis lurus miring.
  3. Pilihlah ikon speaker tersebut. Kemudian pilih “always” atau “selamanya”.

Nah, itulah cara untuk mute chat WhatsApp selamanya. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *