Cara Menggunakan NFC Vivo X60 Series untuk E-Money

cara menggunakan NFC Vivo X60 series
NFC di Vivo X60 series multifungsi (Sumber gambar: Vivo)

Mau tahu cara menggunakan NFC Vivo X60 series? Ya, salah satu fitur unggulan di Vivo X60 dan Vivo X60 Pro adalah adanya NFC.

Smartphone atau ponsel dari Vivo yang menggunakan sistem kamera ZEISS dan punya fitur Gimbal Stabilization ini diperkenalkan di Indonesia pada 8 April 2021. Untuk varian Vivo X60 “reguler” harganya adalah Rp 8 juta, sedangkan untuk Vivo X60 Pro harganya adalah Rp 10 juta.

Menariknya, baik yang Vivo X60 “reguler” dan Vivo X60 Pro sudah sama-sama dibekali NFC. Tak hanya untuk keperluan cek saldo dan isi saldo e-money (uang elektronik saja), NFC di Vivo X60 series juga multifungsi. NFC di ponsel Vivo ini dapat digunakan untuk transfer dokumen hingga menduplikasi kartu akses.

Berikut ini adalah pemaparan cara menggunakan NFC Vivo X60 series buat keperluan e-money:

Baca juga: Performa Gaming Vivo X60 Series, Genshin Impact Lancar di Highest Graphic!

Aktifkan dulu NFC-nya

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengecek saldo atau isi saldo e-money di ponsel Vivo X60 adalah mengaktifkan NFC-nya terlebih dahulu. Cara untuk mengaktifkan NFC ini mudah.

Langkah 1: Silakan tarik layar bagian atas ke bawah sampai muncul control panel atau menu pengaturan.

Langkah 2: Di menu itu, cari ikon dan tulisan “NFC”.

Langkah 3: Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan saja ikon NFC itu.

Baca juga: Kelebihan Gimbal Stabilization Vivo X60 Pro, Video Jadi Stabil

Cek saldo e-money

Selanjutnya, silakan unduh dulu aplikasi untuk cek saldo e-money. Ada beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna, di antaranya adalah Electronic Money Card Balance, eSaldo Info, dan SaldoKu. Beberapa aplikasi itu tersedia di PlayStore.

Selain aplikasi tersebut, Anda juga bisa mengunduh aplikasi dari penyedia layanan e-money-nya. Aplikasi itu misalnya adalah BNI TapCash Go untuk pengguna e-money BNI, BCA Mobile untuk pengguna BCA Flazz, Livin’ by Mandiri untuk pengguna e-money Mandiri, dan BRI Mobile untuk pengguna Brizzi.

Cara menggunakan beberapa aplikasi itu mudah. Pertama, silakan aktifkan dulu NFC di ponsel Anda sesuai cara yang sudah kami paparkan sebelumnya. Berikutnya, tempelkan kartu e-money Anda di bodi belakang Vivo X60 series. Secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada opsi untuk membuka akses kartu e-money tersebut di aplikasi yang sudah terpasang.

Atau, Anda juga bisa membuka aplikasinya terlebih dulu dan cari opsi “cek saldo”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menempelkan kartu e-money di bodi belakang ponsel.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Series, Sistem Kameranya ZEISS

Isi saldo e-money

Untuk isi saldo atau top up saldo e-money, bisa melalui aplikasi penyedia layanan e-money-nya. Beberapa aplikasi, seperti Livin’ by Mandiri hingga BRI Mobile, sudah tersedia opsi top up saldo e-money.

Caranya, untuk aplikasi Livin’ by Mandiri, Anda bisa pergi ke “E-Money” > “Isi Ulang E-Money” dan tempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponsel. Kemudian, untuk aplikasi BRI Mobile, bisa ke“Internet Banking” > “Pembelian” > “Top up Online Brizzi” dan menempelkan kartu eMoney Brizzi di bodi belakang ponsel.

Hal serupa juga bisa dilakukan di aplikasi BNI Tap Cash dan BCA Mobile. Anda bisa mencari opsi isi saldo di aplikasi tersebut.

Demikanlah cara menggunakan NFC Vivo X60 series. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *