Cara Menggunakan NFC Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G Buat eMoney

Cara menggunakan NFC Oppo Reno 5
Oppo Reno 5 (Sumber gambar: situs Oppo Indonesia)

Cara menggunakan NFC Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G untuk keperluan eMoney (kartu elektronik) mudah dilakukan. Seperti diketahui, Oppo Reno 5 dan Reno 5 5G memang sudah dirilis di Indonesia pada Januari 2021.

Di pasar Tanah Air, Oppo membanderol Reno 5 di harga Rp 5 juta. Sedangkan untuk Reno 5 5G memiliki harga Rp 7 juta.

Satu fitur menarik dari dua smartphone atau ponsel Reno 5 itu adalah adanya NFC. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa mengecek saldo eMoney dan top up atau isi ulang saldo eMoney melalui aplikasi mobile banking.

Saat ini, eMoney banyak digunakan oleh pengguna ponsel di kota-kota besar, terutama Jakarta. eMoney dapat digunakan untuk transaksi jalan tol hingga transportasi publik.

Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan perangkat Oppo Reno 5 yang sudah ber-NFC untuk keperluan eMoney, berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F, Layak Dibeli?

Aktifkan terlebih dulu NFC di Oppo Reno 5

Untuk mulai menggunakan Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G buat keperluan eMoney, tentu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengaktifkan fitur NFC-nya. Cara mengaktifkan fitur ini mudah, ikuti langkah berikut ini:

Langkah 1: Saat ponsel dalam keadaan menyala, tarik layar bagian atas ke bawah sampai muncul control panel atau menu pengaturan dan juga tab notifikasi.

Langkah 2: Tarik lagi layar ke bawah untuk memperbesar control panel.

Langkah 3: Geser ke kiri dan cari ikon dan tulisan “NFC”

Langkah 4: Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan saja ikon NFC tersebut.

Itulah cara mudah mengaktifkan NFC di ponsel Oppo Reno 5 dan Reno 5 5G. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengaktifkan NFC lewat “Pengaturan”.

Baca juga: Oppo Reno5 F, Ponsel Ramping Andalkan MediaTek Helio P95

Cek saldo eMoney

Untuk mengecek saldo eMoney langsung di ponsel, Anda membutuhkan aplikasi cek saldo. Ada beberapa aplikasi tersebut yang tersedia di toko aplikasi PlayStore dan juga App Store.

Anda dapat mengunduh aplikasi penyedia layanan eMoney-nya. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan untuk cek saldo. Untuk eMoney Mandiri Anda bisa menggunakan Livin’ by Mandiri, kemudian untuk eMoney BNI bisa menggunakan BNI TapCash Go, lalu untuk BCA Flazz bisa menggunakan BCA Mobile, dan untuk Brizzi bisa menggunakan BRI Mobile.

Atau, selain aplikasi dari penyedia layanan eMoney-nya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk cek saldo. Aplikasi tersebut di antaranya adalah Electronic Money Card Balance, eSaldo Info, dan SaldoKu.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Reno5 5G, Bisa Terkoneksi ke Jaringan 5G

Jika aplikasi itu sudah terpasang, Anda tinggal aktifkan saja NFC-nya, kemudian tempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponsel. Secara otomatis, ponselnya akan meminta Anda untuk memilih aplikasi yang akan membuka proses pengecekan eMoney tersebut. Silakan pilih aplikasi yang sesuai.

Isi saldo eMOney

Berkat NFC, pengguna juga bisa mengisi saldo atau top up saldo di kartu eMoney-nya. Fitur ini tersedia di aplikasi penyedia layanan eMoney-nya. Misalnya, untuk aplikasi Livin’ by Mandiri, Anda bisa pergi ke “E-Money” > “Isi Ulang E-Money” dan tempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponsel.

Kemudian, untuk pengguna Brizzi, bisa mengakses menu “Internet Banking” > “Pembelian” > “Top up Online Brizzi” di aplikasi BRI Mobile. Setelah itu, pengguna diminta untuk menempelkan kartu eMoney Brizzi di bodi belakang ponsel.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Reno5, Desain Stylish, Harga Rp 5 Juta

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi BNI Tap Cash dan BCA Mobile. Anda tinggal cari saja opsi isi saldo atau top eMoney.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan NFC Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G untuk keperluan eMoney. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *