Cara Mengganti Tema Telegram dan Latar Belakang Chat

Cara Mengganti Tema Telegram
Telegram (Photo by Dimitri Karastelev on Unsplash)

Cara mengganti tema Telegram dan mengganti latar belakang (background) chat-nya terhitung mudah. Anda bisa membuat tampilan di aplikasi perpesanan instan itu menjadi semakin menarik.

Saat ini, selain fungsinya sebagai aplikasi untuk berkirim pesan instan atau chat, salah satu fitur penting dari sebuah aplikasi perpesanan instan adalah tampilannya harus bisa dikustomisasi. Beruntung, Telegram punya fitur tersebut.

Menariknya, mengganti tema dan latar belakang chat di Telegram terhitung mudah. Anda tinggal mengikuti beberapa langkah dan sudah bisa mengkustomisasi tampilannya.

Berikut adalah langkah-langkahnya dihimpun Teknonia.com dari Android Central:

Baca juga: Begini Cara Membuat Channel Telegram di Android dan iPhone

Cara mengganti tema Telegram

Langkah 1: Silakan buka aplikasi Telegram di ponsel Android dan iPhone Anda.

Langkah 2: Saat masuk di menu chat atau menu utama, pilih ikon tiga garis di pojok kiri atas. Kemudian, masuk ke opsi “Pengaturan”.

Langkah 3: Selanjutnya, pilih opsi “Pengaturan obrolan”.

Cara Mengganti Tema Telegram

Langkah 4: Untuk mengganti tema, silakan pilih opsi “Warna tema”. Ada beberapa pilihan tema, mulai dari
“klasik”, “terang”, “gelap”, “malam”, hingga “biru arktik”. Bagi Anda yang ingin tampilan Telegram terang, silakan pilih “klasik”, “terang”, atau “biru arktik”. Sementara itu, jika Anda ingin tema yang gelap dan bikin adem, bisa pilih tema “gelap”, “malam”, atau “blue velvet”.

Langkah 5: Anda juga bisa memilih tone warna dari setiap tema. Opsinya persis ada di bawah warna tema. Ada beberapa lingkaran kecil yang menampilkan beberapa warna.

Baca juga: Cara Membuat Telegram Tidak Terlihat Online, Jaga Privasimu

Langkah 6: Jika Anda ingin mengkustomisasi tema, silakan pilih ikon tiga titik di pojok kanan-atas, lalu pilih “buat tema baru”.

Langkah 7: Berikutnya, Anda akan diminta untuk konfirmasi dan diminta untuk mengganti nama temanya. Untuk mulai mengkustomisasi tema, tinggal pilih ikon bulat bergambar tempat cat di pojok kanan atas. Pada opsi tersebut, Anda bisa mengganti warna beberapa komponen di dalam aplikasinya, seeperti mengganti action bar hingga bubble chat.

Cara mengganti latar belakang chat

Langkah 1: Untuk mengganti latar belakang atau background chat, silakan pergi ke opsi seperti cara mengganti tema sebelumnya, yaitu ke “pengaturan”, lalu ke “pengaturan obrolan”.

Langkah 2: Untuk mengganti latar belakang chat, silakan pilih “ganti latar chat”.

Langkah 3: Anda bisa memilih gambar latar belakang dari gambar yang sudah disediakan Telegram. Silakan gulir layar ke bawah untuk memilih gambarnya. Atau, Anda juga bisa mencari sesuai topik. Pilih ikon kaca pembesar di pojok kanan atas dan ketikkan topik gambar yang dicari. Misal, Anda ingin mencari gambar bertema kopi, tinggal ketik “kopi”.

Langkah 4: Untuk mengganti latar belakang chat dengan warna solid, Anda bisa memilih opsi “pilih warna”.

Langkah 5: Sementara itu, Anda juga bisa memilih gambar dari galeri untuk dijadikan sebagai latar belakang chat. Caranya, pilih saja opsi “pilih dari galeri”.

Baca juga: Cara Pakai Telegram di Laptop dan PC, Hubungkan dari Ponsel

Langkah 6: Untuk memasang gambar latar belakangnya, tinggal pilih saja salah satu gambarnya dan pilih opsi “pasang latar”. Anda bisa mengatur agar gambar latar belakangnya jadi blur atau buram, dan bisa juga mengatur agar gambar latar belakangnya bisa sedikit bergerak mengikuti gerak ponselnya.

Demikianlah cara mengganti tema Telegram dam mengganti latar belakang chat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *