Cara Mengecek Link di Media Sosial Aman atau Tidak

Cara Mengecek Link di Media Sosial Aman atau Tidak
Ilustrasi media sosial (Sumber gambar: Pixabay)

Cara mengecek link yang tersebar di media sosial aman atau tidak saat ini perlu Anda ketahui. Pasalnya, link atau tautan banyak beredar di media sosial Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Biasanya, dengan meng-klik tautan tersebut, kita langsung diarahkan ke sumber lain, seperti situs, aplikasi, video streaming, download, dan lain sebagainya.

Laman idcloudhost.com menuliskan, jika diasumsikan pada definisi tautan di website, tautan berfungsi sebagai sumber yang mengarah ke halaman lain ataupun website lain. Tautan bisa dikatakan sebagai penghubung yang menghubungkan suatu elemen yang ada.

Tujuan warganet atau pengguna menyebarkan sebuah tautan bisa bermacam-macam. Ada yang memang sedang mempromosikan konten video yang dibuatnya, jualannya di marketplace, menyebarkan berita penting, dan masih banyak lagi. Jadi, sebuah tautan memang bisa membantu pengguna untuk secara cepat diarahkan ke sumber lain.

Baca juga: Cara Berkirim Pesan (DM) Instagram ke Teman Facebook Anda

Namun, terkadang ada juga orang yang memang dengan sengaja berniat buruk dengan menyebarkan sebuah tautan. Misalnya, tautan berisi malware, tautan menuju portal informasi yang hoaks atau tak sesuai, tautan yang mengarah ke situs phising, dan lain sebagainya.

Jadi, bagi Anda yang memang sedang berniat mencari informasi atau hal tertentu di media sosial, jangan langsung percaya terhadap tautan yang diberi embel-embel bahwa tautan itu mengarahkan pada sesuatu yang Anda cari tersebut.

Lebih baik lagi, jangan sembarangan klik tautan di media sosial, kecuali memang tautan itu dibagikan oleh akun-akun terpercaya. Akun-akun terpercaya misalnya adalah dari media-media yang kredibel, dari tokoh publik, akun lembaga resmi, dan lain sebagainya. Biasanya, media sosial memberi tanda centang pada akun yang memang sudah terverifikasi.

Atau, jika Anda memang tetap ingin meng-klik tautan tertentu di media sosial, sebaiknya cek dulu. Begini cara mengecek sebuah link di media sosial, dihimpun Teknonia.com dari laman topcareer.id:

Gunakan pemindai tautan (link scanner)

Cara Mengecek Link di Media Sosial Aman atau Tidak
Situs pemindai tautan (Sumber gambar: tangkapan layar Sucuri SiteCheck)

Link scanner atau pemindai tautan biasanya berbentuk situs atau plug-in. Melalui pemindai tautan itu, Anda bisa memasukkan sebuah URL mencurigakan untuk memeriksa keamanannya.

Satu di antara pemindai tautan gratis yang bisa diandalkan adalah URLVoid. Anda dapat mengaksesnya di urlvoid.com.

Baca juga: Cara Buat Foto 3×3 Instagram Feed Jadi Bagus dan Estetis

Atau, Anda juga bisa mengakses laman Sucuri di sitecheck.sucuri.net. Situs pemindai tautan itu juga bisa digunakan gratis untuk mengecek keamanan sebuah URL. Apakah URL itu mengandung malware atau tidak, akan ketahuan.

Cara menggunakan URLVoid atau sitecheck.sucuri.net ini mudah. Anda cukup memasukkan tautannya di kolom tersedia, lalu klik “scan website”.

Perluas tautan singkat

Beberapa tautan yang dibagikan di media sosial terkadang sudah diperpendek. Beberapa layanan untuk memperpendek URL misalnya adalah bitly, Ow.ly, dan TinyURL. Jadi misalnya, jika Anda melihat ada tautan dengan awalan bit.ly, berarti itu sudah diperpendek, tak menunjukkan tautan sebenarnya.

Lantaran sudah diperpendek, kita jadi tak bisa melihat secara jelas URL itu berasal dari mana. Karena itu, Anda harus memperpanjang tautan itu agar menjadi lebih jelas.

Satu cara untuk memperpanjang sebuah tautan adalah dengan memasukkannya ke situs khusus. Menurut CNET, situs itu misalnya adalah unshorten.it.

Baca juga: Cara Posting Instastory Pakai Lagu atau Musik, Gak Ribet

CNET menyebut, Unshorten.it sebagai aplikasi web hebat yang akan memperluas tautan yang dipersingkat. Selain itu, web tersebut juga akan mencoba memprediksi keamanannya.

Cara menggunakannya mudah, cukup salin dan tempel tautan yang dipersingkat ke dalam bilah teks di bagian atas dan klik “Unshorten.It!”. Web itu memerlukan waktu beberapa saat untuk memeriksanya dan menjaga komputer Anda bebas dari pengaruh berbahaya. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan judul, URL lengkap, cuplikan, dan tangkapan layar.

Nah, itulah dia cara mengecek link di media sosial aman atau tidak. Tentu saja, langkah pencegahan paling efektif adalah dengan cara tidak sembarangan meng-klik sebuah link.

2 thoughts on “Cara Mengecek Link di Media Sosial Aman atau Tidak

  • April 26, 2021 pada 12:44
    Permalink

    wah baru ketemu nih biar kita aman dari kejahatan, terimakasih gan atas informasinya

    Balas
    • April 28, 2021 pada 22:42
      Permalink

      Terima kasih banyak, jangan lupa share ke media sosial ya gan 🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *