Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara WhatsApp (WA)

Fitur Pesan Sementara WhatsApp atau Disappearing Messages
(Sumber gambar: WhatsApp)

Fitur pesan sementara WhatsApp (WA) atau disappearing messages kini sudah tersedia untuk pengguna di Tanah Air. Fitur ini dapat digunakan di WhatsApp yang terpasang di perangkat berbasis Android, iOS, dan Linux-based KaiOS.

Berkat fitur ini, pesan atau chat yang dikirimkan ke pengguna lain di WA bisa terhapus secara otomatis dalam waktu tujuh hari. Perlu diketahui, tujuh hari di sini terhitung setelah pesan itu diterima oleh pengguna lain tersebut.

Dihimpun Teknonia.com dari laman livemint.com, aplikasi perpesanan instan milik Facebook inc itu sengaja membuat fitur ini agar percakapan terasa lebih ringan dan pribadi. Pernyataan itu dapat diartikan, saat kita hendak berkirim pesan dengan seseorang, tak akan terbebani atau terpikirkan pesan yang sebelumnya sudah terkirim.

“Itulah mengapa kami sangat senang memperkenalkan opsi untuk menggunakan pesan yang menghilang di WhatsApp. Saat fitur ‘pesan menghilang’ diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke obrolan akan hilang setelah 7 hari, membantu percakapan terasa lebih ringan dan lebih pribadi,” tulis WhatsApp dalam pernyataan resminya.

Lantas, mengapa dipilih waktu menghilang setelah tujuh hari? Pihak WhatsApp rupanya juga punya alasan khusus terkait hal ini.

“Kami memulai dengan tujuh hari karena menurut kami ini menawarkan ketenangan pikiran bahwa percakapan tidak permanen, namun tetap praktis sehingga Anda tidak lupa apa yang Anda bicarakan. Daftar belanja atau alamat toko yang Anda terima beberapa hari yang lalu akan ada di sana saat Anda membutuhkannya, dan kemudian menghilang setelah Anda tidak membutuhkannya,” tulis pihak WhatsApp.

Baca juga: Cara Mute Chat WhatsApp Selamanya, WA Grup atau Personal

Hal penting yang harus diketahui

Menurut laman FAQ WhatsApp, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui terkait fitur disappearing messages ini. Berikut rinciannya:

  • Ketika Anda baru saja mengaktifkan fitur ini, pesan yang sebelumnya sudah terkirim dan diterima tidak akan terpengaruh. Jadi, fitur ini hanya akan berpengaruh ke pesan baru setelah fiturnya diaktifkan.
  • Jika pengguna tidak membuka WhatsApp dalam periode tujuh hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau (preview) pesan mungkin masih ditampilkan dalam pemberitahuan sampai WhatsApp dibuka.
  • Jika Anda membalas disappearing message, kutipan teks mungkin tetap ada dalam obrolan setelah tujuh hari.
  • Jika disappearing message diteruskan ke chat (kontak/grup) lain yang pengaturan disappearing messages-nya mati, pesan yang diteruskan tersebut tidak akan hilang.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan menghilang, disappearing message akan dimasukkan ke dalam cadangan tersebut. Disappearing message itu baru akan dihapus saat pengguna memulihkan data dari cadangan (backup).
  • Secara default, media yang Anda terima di WhatsApp akan secara otomatis terunduh ke perangkat Anda. Jika fitur disappearing messages dihidupkan, media yang dikirim tetap akan disimpan di ponsel jika fitur unduh otomatis aktif.

Baca juga: Tutorial Format Chat WhatsApp Jadi Bold, Miring, Tercoret

Pihak WhatsApp menyarankan agar menggunakan fitur disappearing messages hanya dengan orang yang Anda percayai, apalagi jika pesan yang dikirim bersifat sangat penting atau rahasia. Pasalnya, pengguna masih bisa melakukan hal-hal ini meskipun fitur disappearing messages sudah diaktifkan:

  • Pengguna bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot dari disappearing message sebelum pesannya menghilang.
  • Meng-copy dan menyimpan konten dari disappearing message sebelum pesannya menghilang.
  • Mengambil foto dari disappearing message menggunakan kamera ponsel sebelum pesannya menghilang.

Cara mengaktifkan fitur pesan sementara WhatsApp atau disappearing messages

(Sumber gambar: WhatsApp)

Fitur disappearing messages bisa Anda gunakan untuk kontak personal. Untuk di grup chat, hanya admin grup saja yang bisa mengatur apakah mengaktifkan disappearing messages atau tidak.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur disappearing messages atau pesan sementara WhatsApp, dihimpun dari laman FAQ WhatsApp:

  1. Jangan lupa untuk update atau perbarui aplikasi WhatsApp Anda terlebih dahulu ke versi yang terbaru.
  2. Jika aplikasi WhatsApp sudah yang versi terbaru, silakan buka.
  3. Tap di salah satu kontak. Masuk ke profil atau informasi kontaknya dengan memilih ikon “i” di bagian bawah foto profil.
  4. Setelah itu, di bagian tengah akan muncul pilihan disappearing messages atau pesan sementara. Pilih opsi tersebut.
  5. Berikutnya, Anda tinggal pilih saja “On” atau “Nyala” untuk mengaktifkan fitur pesan sementara WhatsApp.

Baca juga: Cara Hilangkan Status Online WhatsApp Terakhir (Last Seen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *